Powered by Blogger.

H Herman Deru-Kholid Mawardi kampanye terakhir

Monday, 31 May 2010

Kampanye penutup Pilkada OKU Timur, Selasa (1/6) hari ini, pasangan Cabup/Cawabup incumbent H Herman Deru-Kholid Mawardi (HDC), akan menggelar rapat umum atau kampanye terbuka di Lapangan Desa Trimoharjo Belitang.

“Kampanye dengan pengerahan massa kali ini adalah yang terbesar dengan melibatkan tidak kurang 10-an ribu massa pendukung HDC yang berasal dari penjuru OKU Timur,” kata Ketua Timses HDC, Joko Supriyanto, Senin (31/5).

Menurutnya, kampanye penutup ini akan dimeriahkan artis ibu kota, seperti Cici Paramida, Salju Band, dan artis KDI. “Kita minta koordinator pemenangan HDC di tingkat kecamatan dan desa supaya mengerahkan massa sebanyak-banyaknya,” kata Joko.

Sedangkan pasangan calon nomor urut 2, H Marsyal Rustam Wahab-Rustaman (SALMAN), menurut timses Juniah, Salman mengisi hari terakhir kampanye dengan sosialisasi. sripo
Read Post | komentar (1)

Wah, Nenek Turinah Berusia 157 Tahun

Turinah warga Desa Tanjung Mas TR 001/01, Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur mukin satu-satunya manusia tertua di OKU Timur. Nenek ini usianya telah mencapai 1,5 abad atau 157 tahun.

Terungkapnya keberadaan nenek berumur 157 tahun ini berdasarkan hasil pendataan Badan Pusat Statistik (BPS) OKU Timur pertengahan Mei 2010 lalu.

Menurut Kepala BPS OKU Timur Ir Jhoni Sardjono, Senin (31/5) dari hasil sensus penduduk yang dilakukan BPS OKU Timur sejak 20 April 2010 lalu. Terdata adanya nenek berusaha 157 tahun.

“Bisa jadi dia (Turinah) itu bukan saja tertua di OKU Timur namun juga tertua di Sumatera,” tegasnya.

Masih menurut Jhoni, sang nenek yang berusaia 157 tahun ini tetap menjalani hari-harinya dengan normal bersosialisasi dengan warga sekitar termasuk melakukan kegiatan rumah tangga seperti memasak. Merumput pekarangan rumah dan berbelanja di warung terdekat.sumber sripo
Read Post | komentar (7)

Cabup-Cawabup Unjuk Kekuatan

Kampanye akbar pasangan NATO KUAT (Drs HM Nasir Agun MBA-Priyatno Darmadi Ssos Msi) menjadi show force (pamer kekuatan) pasangan Cabup dan Cawabup OKU. Diperkirakan 40 ribu orang hadir mengikuti kampanye akbar yang berlangsung di Gedung Olahraga Baturaja, Minggu (30/5).

Dalam kampanye akbar itu, pasangan ini menjual program sederhana tetapi bisa dilaksanakan. “Program NATO KUAT jelas terarah, terukur dan jelas waktunya,” kata Ketua Tim Kampanye NATO KUAT Malkomar Du’i.

Kampanye akbar pasangan NATO KUAT ini dimeriahkan artis ibukota Vety Vera, Alam “Mbah Dukun”, Rimba Mustika, Ade Londo, Vina Ramanda, Tina Artina, Yona Yolanda, Han Ortega, Wulan KDI, Gita Cabe Rawit serta Laura Dewi Ular dengan iringan Java Dut 2.

Dalam orasi, Malkomar sebagai jurkam NATO dihadapan puluhan ribu massa mengatakan, APBD Kabupaten OKU Tahun 2010 sebesar Rp 586,7 M. Sedangkan tahun 2008 di masa kepemimpinan Bupati H Eddy Yusuf SH, MM, dengan dana APBD yang sama tahun 2010, OKU bisa mengalokasikan Rp 257 M untuk membangun gedung skala nasional dan internasional seperti kolam renang standar olimpiade, Islamic Center, Jembatan Lingkar Kota Baturaja dan sejumlah mega proyek lainnya.

“Tetapi sekarang kita kalah dengan OKU Timur,” kata Malkomar.

Sementara Nasir Agun dalam pidato politiknya berpesan agar calon konstituen agar tidak ragu-ragu bekerja memperjuangkan kemenanganan bagi pasangan tersebut. Sedangkan Cawabup Priyatno Darmadi, mengajak masyarakat OKU menyatukan hati, pikiran hanya untuk memenangkan pasangan tersebut.

Kampanye akbar yang dimulai pukul 14.00 ini baru bubar setelah pukul 16.00. Selama berlangsung kampanye, massa tak beranjak dari lokasi kampanye. Itu didukung cuaca mendung namun tidak hujan.

Acara diselingi pembagian door prize dan undian kupon dengan hadiah TV, lemari es, kipas angin dan hadiah satu unit sepeda motor Honda Revo.

Kampanye di OI Sementara di waktu bersamaan pada tempat terpisah, pasangan Cabup-Cawabup Ogan Ilir, Helmy Yahya-Yulian Gunhar (HG) berkampanye di Lapangan Torpedo, Indralaya. Kampanye akbar pasangan HG dihadiri sekitar 20 ribu lebih warga dari tiga kecamatan, yakni Kecamatan Indralaya, Indralaya Selatan dan Indralaya Utara.

Pada kampanye ini, pasangan HG menampilkan artis Ratna Listi, Mira, Krisna Mukti, Ananta Kusuma dan Rae Sita Supit. Kehadiran para artis ibukota mampu menghibur puluhan ribu massa yang memadati lapangan.

Ditempat lain pasangan Mawaddah (Mawardi Yahya-Daud Hasyim) berkampanye dialogis di Desa Kota Daro Kecamatan Rantau Panjang. Kepada massa yang hadir Mawardi mengimbau agar warga memilih pemimpin yang sudah teruji dan terbukti. Menurutnya lebih baik makan ubi benaran daripada makan roti dalam mimpi,” katanya.

Pada hari yang sama, pasangan HAM (Hardi Sopuan-Amir Hamzah) berkampanye secara road show di Kecamatan Kandis. Sementara itu pasangan Arras (Ahmad Riyadh Ramli-Abdul Gani Subit) melaksanakan kampanye dialogis di Desa Sri Tanjung Kecamatan Payaraman.

Pada hari Minggu kemarin, ratusan massa calon kepala daerah (bupati/wabup) OKU Timur priode 2010-2015, H Marsyal Rustam Wahab-Rustaman (SALMAN) hadir dalam kampanye akbar yang digelar di Lapangan Trimoharjo Kecamatan Semendawai Suku III.

Dari siaran pers yang diterima, pasangan pasangan ini mengajak masyarakat OKU Timur untuk tetap menjaga kondisi OKU Timur yang aman dan kondusif. “Perbedaan dalam pilihan bukan berarti harus mengorbankan rasa aman,” kata Cabup Marsyal.
Read Post | komentar

Utamakan Ekonomi Kerakyatan

Sunday, 30 May 2010

Kampanye akbar pasangan Calon Bupati/Cawabup OKU Timur periode 2010-2015 nomor urut 2, H Marsyal Rustam Wahab- Rustaman (SALMAN) digelar di Lapangan Trimoharjo Kecamatan Semendawai Suku III, Minggu (30/5).

Pasangan Salman dalam rilis yang diterima Sripo, mengajak masyarakat OKU Timur tetap menjaga kondisi yang aman dan kondusif. “Perbedaan dalam pilihan bukan berarti harus mengorbankan rasa aman,” pesan Marsyal.

Dihadapan massa yang menghadiri kampanye itu, Marsyal berjanji akan memerjuangkan kesejahteraan masyarakat OKU Timur melalui program ekonomi kerakyatan. Diusungnya program

ekonomi kerakyatan ini menurut Marsyal karena masalah ekonomi adalah hal yang sangat vital, sebab jika ekonomi keluarga baik maka secara otomatis daerah itu akan maju dengan cepat.

“Kita akan lakukan sejumlah langkah dan terobosan untuk memperbaiki ekonomi rakyat ini, sehingga kesejahteraannya lebih baik dari sekarang,” jelasnya

Marsyal menyebutkan, dia akan berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), menciptakan birokrasi yang bersih dan bertanggungjawab, serta memberikan kualitas pelayanan pada masyarakat. Sementara itu Ir Juniah selaku juru kampanye (Jurkam) pasangan Salman ini

mengajak masyarakat OKU Timur untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada 5 Juni 2010. Politisi dari Partai Gerindra itu menghimbau masyarakat OKU Timur untuk menyalurkan aspirasi politiknya sesuai dengan hati nurani.sripo
Read Post | komentar (2)

Listrik Curah Beri Solusi

MESKI suplai PLN kurang, kondisi berbeda dialami warga Kota Prabumulih. Aliran listrik mencakup 100 persen daerah dari 38 desa/kelurahan sejak Januari 2010 lalu. Kelurahan poling buncit menikmati listrik adalah Payuputat, Kecamatan Prabumulih Barat.

Pemkot Prabumulih melakukan percepatan pembangunan listrik sistem curah di kelurahan itu. Dimulai tahun anggaran 2006 biaya Rp 1 miliar lebih untuk 93 Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang dipasang sebesar 11,6 Kilometer Sirkuit (KMS).

Sempat terhambat masalah ganti rugi tanah tumbuh penduduk, pada tahun anggaran 2007 pembangunan tahap II dilanjutkan dengan biaya Rp 500 juta dengan SUTM 6,387 KMS. Kemudian dilanjutkan TA 2009 APBD induk sebesar Rp 1 miliar untuk SUTM sebesar 5,357 KMS, SUTR 2,843 KMS dan trafo 200 kVA.

Pembangunan lanjutan pada tahun yang sama dilanjutkan dengan mengambil Anggaran Belanja Tambahan (ABT) sebesar Rp 410 juta untuk sambungan rumah di RW 4 Gunung Kemala dan SMA 5/SMP 9. Untuk pembangunan ini SUTR Murni (tiang) sebesar 0,345 KMS dan SUTR tanpa tiang sebesar 3,279 KMS.

Bisa Diangsur Lurah Payuputat, Hazairin mengatakan, uang muka yang ditetapkan sebesar Rp 3,5 juta bisa diangsur untuk pembelian KWH Meter. Pemkot juga minta pihak ketiga memberi kemudahan biaya pasang baru. “Untuk pasang baru, angsuran bisa 24 kali, jadi agak ringan,” katanya.

Hingga akhir tahun 2009 seluruh jaringan telah selesai dipasang. Api listrik pun sudah ada dan sekarang sudah dinikmati warga. Namun dari 700 kepala keluarga, baru 230 KK yang teraliri listrik.

Selebihnya warga masih berharap sistem reguler langsung dari PLN atau menunggu uang lebih untuk menebus KWh meter dari pihak ketiga yang cukup mahal.

Sistem curah dipilih Pemkot Prabumulih agar kelurahan lebih cepat menikmati aliran listrik. Bila menunggu PLN butuh 2-3 tahun lagi agar listrik bisa dialirkan ke rumah-rumah.

Hal ini cukup mengecewakan warga yang mengidamkan listrik sejak tahun 2006. Akhir tahun 2009 lalu, harapan itu tinggal selangkah lagi. Warga tinggal beli KWH Meter dengan harga yang sudah disepakati.

Menurut Hazairin, waktu itu Pemkot Prabumulih pilih menerapkan sistem curah untuk 230 KK yang telah mendaftar. Keputusan diambil karena khawatir jaringan listrik yang sudah ada jadi rusak dan kebutuhan listrik terhalangi.

Seluruh desa/kelurahan di Kota Prabumulih telah teraliri listrik. Kepala Dinas Pertambangan Energi dan Lingkungan Hidup (DPELH) Prabumulih, Ir M Sapuan DJ menyebut, prosentase desa berlistrik 100 persen.

Polindes Martapura Dari Martapura, sampai akhir Mei 2010 tercatat 93 persen desa dan kelurahan dalam 20 Kecamatan di OKU Timur sudah teraliri penerangan listrik.

Sedangkan 7 persen lagi masih dalam tahap upanya pemasangan jaringan melalui program listrik masuk desa (Prolisdes) yang diharapkan tuntas seluruhnya akhir tahun ini juga.

Kepala Dinas Pertambangan dan Inergi (Distamben) OKU Timur, Drs Idhamto Dilp Ing MSi, mengatakan, dari total 293 desa dan kelurahan yang ada di daerah itu tinggal 21 desa belum teraliri listrik.

“Desa yang belum berlistrik itu rata-rata merupakan desa hasil pemekaran. Jika tidak ada program pemekaran desa listrik masuk desa di OKU Timur ini sudah lama mencapai 100 persen,” katanya, Rabu (26/5).

Dijelaskan, Pemkab OKU mengentaskan krisis listrik pedesaan dengan program listrik desa (Prolisdes) yang didanai APBN, juga program swadaya melalui APBD OKU Timur dimulai sejak tahun 2006 lalu.

“Pada tahun 2010 Prolisdes yang telah disetujui PT PLN ada di 9 desa pemekaran, sementara 11 desa lain segera menyusul,” kata Idhamto.

Sembilan desa dapat Prolisdes tahun 2010 di Kecamatan Jayapura meliputi Desa Mendah, Desa Peracak Jaya,dan Desa Kambang. Selanjutnya Desa Babanrejo Kecamatan Madang Suku I. Desa Banding Agung Kecamatan Madang Suku III serta Desa Mekar Jaya Kecamatan Belitang Madang Raya.

Kendala dialami yakni ketersedian KWH Meter. Pemkab usul agar PLN menerapkan sistem curah melalui tegangan menengah TM curah dan sudah MoU dengan PT PLN (persero) WS2JB 28 Juli 2009 lalu.

Menyoal pernyataan Distamben Provinsi Sumsel beberapa watu lalu yang menyebutkan di OKU Timur dari 205 desa baru 161 yang berlistrik, dibantah Idhamto. Pihaknya sudah berulang kali memberikan laporan realisasi listrik masuk desa, tapi yang muncul justru data lama. Desa di OKU Timur tidak lagi berjumlah 205, tapi bertambah jadi 293 desa/kelurahan
Read Post | komentar (1)

Jangan Nodai Hari Tenang Pemilukada

Pemungutan suara Pemilukada Kabupaten OKU Timur akan di gelar 5 Juni 2010 mendatang. Untuk mendukung terciptanya situasi kondusif selama di gelarnya Pemilukada tersebut, Panwas dibantu petugas dari Sat Pol PP setempat akan melakukan penertiban atribut pada masa tenang atau 3 hari sebelum di laksanakannya pencoblosan.

Menurut Ketua Panwas Pemilukada OKU Timur, Hartono, penurunan atribut kampanye Pemilukada akan dilakukan Rabu (2/6) dinihari atau mulai pukul 0.00 bersamaan dengan dimulainya masa tenang Pemilukada.

“Disamping itu kita akan meningkatkan pematauan dan telah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan di tingkat kecamatan hingga desa,” ujarnya.

Lebih lanjut ditegaskan, persiapan minggu tenang Pemilukada OKU Timur diawali dengan langkah koordinasi dengan seluruh jajaran aparat keamanan, masing-masing tim sukses dua pasang Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati H Herman Deru-Kholid Mawardi (HDC) dan Marsyal Rustam Wahab-Rustaman (SALMAN) yang ada disemua tingkatan hingga ke pelosok desa.

“Tim sukses diminta aktif menurunkan atribut dan alat peraga kampanye
sebelum mata hari terbit, Rabu (2/6),” tambahnya.
Read Post | komentar (1)

Siapkan Laporan Dana Kampanye

Friday, 28 May 2010

Dua pasangan calon bupati/wakil bupati (Cabup/Cawabup) OKU Timur periode 2010-2015, diingatkan agar menyerahkan rekening dana kampanye paling lambat satu hari setelah masa kampanye berakhir.

“Laporan dana kampanye itu nantinya akan diaudit, terkait dengan laporan sumber dana kampanye yang diterima masing-masing pasangan calon,” kata Ketua Divisi Kampanye dan Pemilihan KPU OKU Timur, Eko Purniawan, SPd, Jumat (28/5).

Menurutnya, sesuai peraturan KPU, pasangan calon kepala daerah menyerahkan rekening dana kampanye dua kali, sebelum kampanye dan satu hari setelah kampanye berakhir, atau tanggal 2 Juni 2010.

Eko menjelaskan, laporan dana yang dipergunakan calon selama kampanye akan di audit, termasuk menelusuri dari mana asal dana kampanye yang digunakan.

“Kita akan tunjuk tim auditor yang benar-benar mengerti tugas dan fungsinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan dikemudian hari,” paparanya.

Menyinggung kampanye dua pasangan H Herman Deru-HM Kholid Mawardi (HDC), dan Marsyal Rustam Wahab-Rustaman (SALMAN), Eko menegaskan, hingga menjelang masa akhir masa kampanye lima hari ke depan tidak satupun kendala yang terjadi.

“Dari tiga titik lokasi yang ditetapkan sebagai tempat kampanye terbuka, semuanya berjalan dengan lancar. Meskipun ada di antara pasangan itu yang tidak kampanye dengan pengerahan massa,” pungkasnya.sripo
Read Post | komentar (2)

Petani Padi Berburu Tikus

Puluhan hektare sawah pentani di Kecamatan Buaymadang dan Buaymadang Timur, Kabupaten OKU Timur, menjadi sasaran keganasan hama tikus.

Jika tidak ada upaya pengendalian yang serius, tanaman padi garapan petani yang usianya rata-rata empat minggu itu akan rusak, dan petani terancam gagal panen.

Sejumlah cara ditempuh petani untuk mengendalian hama tikus ini, termasuk melakukan gropyokan massal, alias beburu tikus dengan menangkap dan membongkar lubang sarang tikus.

“Meskipun ditangkapi tetap saja ada karena tikus-tikus itu cepat sekali berkembang biak dan selalu berpindah-pindah sarang,” kata Margiono (50), petani padi di Buaymadang, Jumat (28/5).

Kondisi yang sama diungkapkan petani di sejumlah desa dalam Kecamatan Buaymadang Timur. Menurut Sutadi (35), tanaman padi yang menjadi sasaran hama tikus kali ini adalah padi yang baru berusia empat minggu hingga satu bulan.

“Serangan hama tikus ini bukan yang pertama, dulu pernah juga terjadi tapi tidak separah sekarang ini,” urainya.

Ditambahkan, pembasmian dengan cara gropyokan beramai-ramai hasilnya puluhan bahkan ratusan ekor tikus dapat ditangkap dan dibunuh.

Namun kawanan tikus yang selamat langsung berpindah tempat. Sebab lubang persembunyian tikus di sepanjang pematang sawah dan pinggir sungai sudah dirusak petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten OKU Timur, Ir Tubagus Sunarseno MSi ketika dihubungi menegaskan, dia sudah menerima laporan tentang serangan hama tikus itu.

“UPTD telah melakukan upaya pengendalian dengan meminjamkan alat penangkap tikus (perangkap) serta menggerakan patani untuk melakukan pengasapan. Pengendalian hama tikus ini lebig efektif dengan cara gropyokan secara serentak di daerah yang terserang,” pungkasnya. sripo
Read Post | komentar

611 Calhaj Siap Berangkat

Thursday, 27 May 2010

Sebanyak 611 orang jemaah calon haji (Calhaj) asal Kabupateren OKU Timur siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah musim haji Tahun 2010 ini.

“Penambahan kuota untuk tahun ini meningkat dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) OKU Timur, H Harun Usman, SAg, MSi melalui Kasi Penyelenggara Haji, Drs H Turmuzi Basyir MM, Selasa (25/5).

Disebutkan, jumlah jemaah calhaj asal OKU Timur beberapa tahun terakhir rata-rata hanya 350 orang yang diberangkatkan, namun setelah dilakukan penambahan kuota pada musim haji 2010 ini OKU Timur menempati nomor urut dua jemaah calhaj terbanyak di Sumsel setelah Kota Palembang.

“Besarnya kuota yang diberikan kepada OKU Timur itu juga diikuti tingginya minat warga untuk naik haji. Kondisi ini menandakan perekonomian warga OKU Timur semakin baik,” paparanya.

Menyinggung manasik haji, Turmuzi mengaku, belum tahu karena masih harus koordinasi dengan Kanwil. Demikian juga biaya pemondokan jemaah, dia menggambarkan akan terjadi kenaikan dibanding tahun sebelumnya.

“Kenaikan biaya pemodokan itu tidak lain karena lokasinya lebih dekat dengan Masjidil Haram,” pungkasnya.sripo
Read Post | komentar (3)

Aang Jadi Danyon Armed 15/76

Wednesday, 26 May 2010

Komandan Batalyon Arteleri Medan (Danyon Armed) 15/76 di Martapura Kabupaten OKU Timur, Rabu (26/5) diserahterimakan dari pejabat lama, Letkol ARM Dedi Prihatmodjo SIP kepada penggantinya, Letkol ARM Aang Gunawan, SSos.

Serahterima Danyon Armed 15/76 ini dipimpin langsung oleh Kasdam II/Swj, Brigjen TNI Suharsono, SIP mewakili Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Mochammad Sochib, SE, MBA.

“Seluruh prajurit TNI dan PNS agar tetap menjaga netralitas sesuai dengan Surat Edaran Pangdam No.VIII/2008,” pesan Kasdam II/Swj, Brigjen TNI Suharsono, SIP dihadapan prajurit Yon Armed 15/76.

Apalagi, kata Kasdam, ada tiga kabupaten di wilayah itu yang menggelar Pilkada, yakni Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, dan OKU Selatan.

“Netralitas harus dijaga demi suksesnya pelaksanaan Pilkada di tiga kabupaten itu,” urai Kasdam seraya berpesan, ciptakanlah kondisi aman dan kondusif, serta proteksi isu yang tidak benar dan propokatif yang tidak jelas sumbernya.

Dalam upacara serah terima jabatan Danyon Armed 15/76 yang dihadiri unsur muspida dari tiga kabupaten tetangga, Pangdam meminta prajurit Cailendra (Armed) untuk meningkatkan

profesionalisme tugas dan latihan, sebab persenjataan yang lengkap dan canggih tidak ada artinya tanpa ditunjang prajurit yang berdedikasi tinggi dalam tugas.

Sementara itu pejabat lama, Letkol ARM Dedi Prihatmodjo SIP selanjutnya akan menduduki pos baru sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0416/Bungotebo, Provinsi Jambi. Sedangkan Letkol ARM Aang Gunawan SSos sebelumnya Kabag Bingsat Kodiklat TNI AD.

Dikesempatan berbeda dilanjutkan sertijab Ketua Persit Yon Armed 15/76 dari Ny Dedi Prihatmodjo kepada Ny Aang Gunawan. sripo
Read Post | komentar (2)

HDC Optimis Raih 98 Persen Suara

Kampanye akbar pasangan calon bupati/wabup OKU Timur (incumbent) periode 2010-2015, H Herman Deru-Kholid Mawardi (HDC) disambut antusias oleh massa pendukungnya pada kampanye akbar di Lapangan Desa Sidomakmur Kecamatan Belitang II, Rabu (26/6).

Ketua tim sukses pasangan HDC, Joko Supriyanto mengklaim jumlah massa tidak kurang 20-an ribu, datang dari penjuru desa dan kecamatan dalam Kabupaten OKU Timur.

Pasangan cabup/cawabup nomor urut 1 ini menghadirkan juru kampanye (jurkam) dari partai politik pengusung di antaranya Partai Demokrat, PKS, PPP, PAN, Partai Golkar, dan PDI Perjuangan.

Dalam orasinya Saiful Islam pengurus Partai Demokrat Sumsel mengajak masyarakat OKU Timur menyukseskan Pilkada 5 Juni 2010 mendatang, dengan memberikan hak suaranya pada calon nomor urut 1 (HDC).

“Sejak lima tahun terakhir, pasangan HDC telah mampu memacu pembangunan OKU Timur dengan kemajuan pesat, sehingga terkenal dengan segudang perestasi baik tingkat provinsi maupun secara nasional,” kata Saiful.

Dalam orasinya, para jurkam perwakilan papol pengusung HDC menargetkan perolehan suara minimal 98 persen.

“Kecintaan kita pada HDC akan kita buktikan pada 5 Juni 2010 nanti,” ucap Saiful disambut pekikan massa sambil mengacungan telunjuk ke atas.

Dalam kampanye yang menghadirkan Hj Percha Leanpuri dan dimeriahkan artis KDI itu, juga menghadirkan juru kampanye Ustadz Ersa Saladin, Sekretaris DPW PKS Sumsel.

“Masyarakat OKU Timur semestinya bersyukur dipimpin oleh bupati dan wakil bupati yang memiliki ide cemerlang dan dekat dengan rakyat,” katanya.

Dalam kampanye akbar itu, H Herman Deru dan HM Kholid berjanji akan membawa OKU Timur lebih maju dan sejahtera lagi lima tahun mendatang, di antaranya meningkatkan rasa aman dalam kehidupan masyarakat OKU Timur.sripo
Read Post | komentar (2)

Puluhan Ribu Massa Komitmen Menangkan HDC

Kampanye akbar pasangan calon bupati (Cabup) OKU Timur Incumben nomor urut 1 H Herman Deru- Kholid Mawardi (HDC) dilapangan Desa Sido Makmur Kecamatan Belitang II Kabupaten OKUT, Rabu (26/6) dihadiri hampir 20 ribu massa.

Kampanye HDC kali ini merupakan yang terbesar dengan menghadirkan juru kampenye (jurkam) dari partai politik (Parpol) pengusung diantaranya di Partai Demokrat, PKS, PPP,PAN. Partai Golkar dan PDI Perjuangan.
Dalam orasinya Saiful Islam pengurus DPW partai Demokrat Sumsel mengajak masyarakat OKU Timur untuk mensukseskan Pemilukada 5 Juni 2010 mendatang dengan memberikan hak suaranya pada calon nomor urut 1 (HDC). Sebab pasangan ini menurut Saiful tidak ada duanya disamping sudah teruji dan terbukti selama lima tahun terakhir telah mampu menjadikan OKU Timur sebagai daerah yang maju pesat sehingga terkenal dengan segudang perestasinya baik ditingkat Provinsi maupun di tingkat nasional.

“OKU Timur yang dulunya hannya dilirik sebelah mata . Kini OKU Timur sudah dikenal hingga pulau jawa,” paparanya.

Dalam orasinya para Jurkam perwakilan Papol pengusung HDC mentargetkan perolehan suara pasangan HDC pada Pemilukada 5 Juni 2010 mendatang minimal mendapatkan 98 persen suara. Sehingga HDC bukan saja dicatat dalam rekor Indonesia tapi juga rekor dunia.

“Kecintaan kita pada HDC akan kita buktikan pada 5 Juni 2010 nanti,” ucap saiful yang disambut riuh massa dengan tepuk riuh mengacungan telunjuk ke atas.

Dalam kampanye yang menghadirkan Hj Percha Leanpuri dan dimeriahkan artis KDI tersebut juga menghadirkan juru kampanye Ust Ersa Saladin selaku Sekretaris DPW PKS Sumsel.

Di hadapan 20 ribu massa yang memadati lapangan Desa Sido Makmur ini, dia menegaskan, warga OKU
Timur mesti bersyukur memiliki pemimpin yang memiliki ide yang cemerlang dan dekat dengan rakyat.
“Pasangan H Herman Deru dan Kholid Mawardi sudah komitmen untuk meneruskan pembangunan OKU Timur ini lima tahun kedepan,” tambahnya.
Di lain pihak H Herman Deru dan HM Kholid dalam orasinya berjanji akan membawa OKU Timur lebih maju dan sejahtera lagi lima tahun mendatang di antaranya meningkatkan rasa aman di OKU Timur.
Ketua Tim Sukses HDC Joko Supriyanto ketika dibincangi di lokasi kampanye menegaskan kampanye kali ini sengaja digelar di lapangan Desa Sido Makmur sesuai dengan agenda yang telah ditentukan KPUD OKU
Timur.
Read Post | komentar

TNI Jaga Netralitas Jelang Pemilukada


Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di tiga wilayah masing-masing Kabupaten OKU,OKU Timur dan OKU Selatan diminta menjaga netralitas menjelang dan paca Pemilukada yang akan dilaksanakan 5 Juni 2010 mendatang.

Penegasan tersebut diungkapkan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Mochammad Sochib, SE, MBA, diwakili Kasdam II/Swj Brigjen TNI Suharsono, SIp ketika menyampaikan amanat dalam acara serah terima jabatan Komandan Batalyon Armed (Danyon Armed) 15/76 dari Letkol ARM Dedi Prihatmodjo,Sip kepada penggantinya Letkol ARM Aang Gunawan, SSos di Martapura, Rabu (26/5).

“Seluruh prajurit dan PNS agar tetap menjaga azaz netralitas sesuai dengan surat edaran Pangdam Nomor VIII/2008,” ucap Wakil Kasdam II/Swj Brigjen TNI Suharsono, SIp.

Lebih lanjut dia menegaskan, prajurit TNI dan PNS harus menjaga netralitas demi suksesnya pelaksanaan Pemilukada di tiga Kabupaten tersebut.

“Ciptakanlah kondisi aman dan kondusif, proteksi isu yang tidak benar dan propokatif yang tidak jelas sumbernya,” paparnya.

Dalam upacara serah terima jabatan Komandan Yon Armed 15/76 yang dihadiri unsure muspida dari tiga kabupaten bertetangga tersebut. Pangdam meminta prajurit Cailendra (Aremed) untuk meningkatkan profesionalise dalam tugas dan latihan sebab persenjataan yang lengkap dan canggil tidak ada artinya tanpa ditunjang prajurit yang berdedikasi tinggi dalam tugas.

Sementara itu Danyon Armed 15/76 yang lama Letkol ARM Dedi Prihatmodjo,Sip selanjutnya menduduki pas baru sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0416/Bungo Tebo Korem 042/Garuda Putih Jambi.

Sedangkan penggantinya Letkol ARM Aang Gunawan, SSos sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kabag Bingsat Kodiklat TNI AD. Seusai sertijab ini dilanjutkan dengan sertijab Ketua Persit Yon Armed 15/76 dari Ny Dedi Prihatmodjo kepada Ny Aang Gunawan.
Read Post | komentar

Panwas Waspadai Black Campaign

Tuesday, 25 May 2010

Meskipun Panitia Pengawas (Panwas) Pemilukada Kabupaten OKU Timur sejauh ini belum menemukan adanya indikasi pelanggaran yang terjadi selama masa kampanye cabup tetapi Panwas setempat tetap mewanti-wanti agar masing-masing timses calon tidak melakukan kampanye hitam (black campaign).

Ketua Panwaslu Kabupaten OKUT Hartono S, Spd, Selasa, (25/5) menegaskan memasuki hari ke-7 tidak ada satupun temuan yang mengindikasi menjurus merugikan salah satu pasangan calon.

“Kita tetap berharap sisa tujuh hari ke depan kondisi aman dan kondusif itu tetap terjadi seperti ini,” paparanya.

Lebih lanjut Hertono mengingatkan pengawasan terhadap jalannya pesta demokrasi di OKU Timur yang akan berlangsung 5 Juni 2010 mendatang itu diatur dalam UU Pemilu yang dikuatkan dengan UU 32/2004 Tentang Pemerintah Daerah.

“Sekali lagi ditegaskan selama kampanye cabup di OKU Timur masih berjalan sesuai dengan koridor yang berlaku. Namun jika ada temuan atau laporan yang masuk disertai dengan bukti yang kuat akan kita proses sesuai peraturan yang ada,” katanya.
Read Post | komentar

CJH Oku Timur Terdata 611

Sebanyak 611 orang calon jemaah haji (Calhaj) Kabupaten OKU Timur dipastikan akan berangkat ke tanah suci mekah pada musim haji 2010-2011 mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakemenag) OKU Timur, H Harun Usman SAg, MSi melalui Kasi Penyelenggara Haji Drs H Turmuzi Basyir MM, Selasa (25/5) menegaskan pada musim haji kali ini OKU Timur mendapatkan kuOta tertinggi jika dibanding kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

“Penambahan kouta itu meningkat dua kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya,” paparnya.

Disebutkan, Jumlah jemaah haji asal OKU Timur beberapa tahun terakhir rata-rata hanya 350 orang yang diberangkatkan. Namun setelah dilakukan penambahan pada musim haji 2010 ini OKUT menempatkan nomor dua jemaah haji terbanyak setelah kota Palembang.

“Besarnya kuota yang diberikan ke OKU Timur itu juga diikuti tingginya minat warga untuk menunaikan haji. Kondisi ini menandakan perekonomian warga OKUT sudah sangat baik,” paparannya.

Ketika disinggung waktu pelaksanaan manasik haji, Turmuzi mengaku belum tahu karena masih harus berkoordinasi dengan Kanwil.

Demikian juga ketika disinggung masalah biaya pemondokan jemaah, dia memastikan akan naik jika dibandingtahun sebelumnya.

“Kenaikan biaya pemodokan itu tidak lain karena lokasi pemondokan lebih dekat dengan masjidil haram,” pungkasnya.
Read Post | komentar

Petani Percepat Musim Tanam

Sunday, 23 May 2010

Petani sawah irigasi teknis di Kabupaten OKU Timur diminta mempercepat musim tanam tahap ke dua, menyusul akan dilakukannya pengeringan kembali irigasi saluran Belitang per 1 Juni 2010.

Sebelumnya, renovasi saluran tahap pertama dilakukan pengeringan saluran 1 November 2009 hingga akhir Maret 2010. Setelah itu saluran dibuka awal April lalu hingga akhir Mei 2010 ini.

“Pengerjaan renovasi saluran akan kembali dilanjutkan tahap ke dua, dengan pengeringan saluran irigasi akan dilakukan kembali per 1 Juni hingga akhir Juli 2010,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabuaten OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno, MSi, Sabtu (22/5).

Saluran irigasi ini, kata Tubagus, akan dibuka kembali per 1 Agustus hingga akhir September 2010.

“Pengeringan saluran irigasi dalam rangka perbaikan ini, akan terus berlanjut. Irigasi Belitang misalnya, akan kembali ditutup November 2010 hingga Maret 2011,” jelas Tubagus seraya meminta petani mempercepat musim tanam, mumpung ketersediaan air irigasi masih melimpah.

Tubagus menambahkan, pada saat irigasi ditutup, petani diminta memanfaatkan keberadaan air hujan yang sekarang ini masih kerap turun.

“Petani tidak perlu khawatir kekurangan air meski irigasi ditutup, sebab potensi akan turunnya hujan masih cukup menjanjikan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala BBWSS VIII, Sukoco didampingi Feri Syahrial ST MT selaku Pejabat Pembuat Kometmen (PPK) Irigasi III menegaskan, renovasi saluran irigasi Upper Komering yang dimulai 1 November 2009 lalu dilakukan dalam tiga tahap, pembersihan saluran, perbaikan, dan pengecoran.

“Proyek ini dikerjakan oleh dua kontraktor, PT Waskita Karya merenovasi saluran sepanjang 11 KM antara BK0 hingga BK3, sedangkan PT Barantas Adi Praya melakukan pengerjaan renovasi antara BK3 hingga BK10 sepanjang 15 KM. Diteruskan dengan pengerjaan renovasi saluran antara BK10 hingga BK28 sepanjang 33 kilometer.sripo
Read Post | komentar

Kawal Pilkada Damai

Suasana aman dan kondusif di Kabupaten OKU Timur menjelang Pilkada 5 Juni 2010 mendatang, menjadi harapan semua pihak. Karena itu, jajaran Polres OKU Timur tanpa henti mengajak peran serta masyarakat untuk mewujudkan Pilkada damai.

“Kami terus mengimbau masyarakat daerah ini untuk ikut serta menjaga kondisi aman selama proses Pilkada berlangsung,” kata Kapolres OKU Timur, AKBP John Mangundap, Minggu (23/5).

Guna menciptakan rasa aman selama proses Pilkada berlangsung, Polres OKU Timur mengerahkan 506 personil gabungan terdiri dari anggota Polri, TNI, Linmas, Dishub, dan Pol PP.

“Pengamanan dilakukan secara langsung melibatkan 320 personil, 150 personil pengamanan tidak langsung, dan 140 disiagakan di Polres,” tandasnya.sripo
Read Post | komentar

36 Lembar Surat Suara Rusak

Logistik Pilkada Kabupaten OKU Timur berupa lembar surat suara, segera didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) tersebar di 20 kecamatan, menyusul telah tuntasnya proses pelipatan oleh Sekretariat KPU OKU Timur.

“Sesuai jadwal dan tahapan Pilkada OKU Timur, surat suara yang selesai dilipat dilakukan pengepakan (packing) menurut jumlah mata pilih di masing-masing PPK,” kata anggota KPU OKU Timur Divisi Logistik, Rialdi SSos, Minggu (23/5).

Jumlah surat suara yang dilipat itu sama dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 439.257 ditambah dengan 2,5 persen untuk antisipasi adanya kerusakan.

“Pendistribusiannya dilaksanakan serentak dengan logistik lainnya berupa kartu pilih, formulir model C, buku panduan, dan bantalan coblos,” jelasnya.

Menyinggung tingkat kerusakan yang terjadi pada surat suara ketika proses pelipatan dan penyortiran, Rialdi menegaskan, ada sekitar 36 lembar surat suara yang tidak laik pakai karena cacat dan gambar calon tidak kontras atau kabur.

“Surat suara yang cacat itu sudah dipisah dan ada berita acara kerusakannya,” tandasnya. Jumlah DPT Pilkada OKU Timur Tahun 2010 tercatat 439.257 pemilih, terdiri pemilih lelaki 223.672 orang, dan pemilih perempuan 215.585 orang, dengan jumlah TPS 1.363.sripo
Read Post | komentar

HDC Bidik Pemilih Pemula

Pemilih pemula menjadi bidikan Tim Pemenangan pasangan H Herman Deru-HM Kholid Mawardi (HDC), Cabup/Cawabup OKU Timur (incumbent) periode 2010-2015.

Timses HDC menarik simpati pemilih pemula dengan menggelar Festival Band, Minggu (23/5) di hari ke-5 kampanye Pilkada OKU Timur.

“Festival band ini sekaligus ajang pencarian bakat bagi remaja di OKU Timur dalam menyalurkan bakat seninya,” kata Joko Supriyanto, Ketua Tim Sukses (Timses) pasangan HDC.

Kegiatan yang dipusatkan di halaman Sekretariat HDC BK 7 Belitang itu diikuti 40 grup band lokal yang rata-rata digawangi anak muda berusia 17 tahun ke atas.

Joko yang dihubungi melalui telepon menyebutkan, kampanye di hari ke-5 ini pihaknya belum melakukan kampanye dengan pengerahan massa, melainkan kampanye simpatik, yang salah satunya melalui kegiatan lomba band bagi pemilih pemula.

“Selain untuk menyalurkan bakat, melalui ajang ini kita berharap agar pemilih pemula tidak salah dalam menyalurkan aspirasinya pada tanggal 5 Juni nanti,” tegas Joko seraya menyebutka, timses HDC juga bergerak aktif melakukan sosialisasi hingga ke pedesaan.

Sementara itu pasangan cabup nomor urut 2, Marsyal Rustam Wahab-Rustaman (SALMAN) tetap memanfaatan masa kampanye dengan turun langsung ke masyarakat secara door to door.

“Pasangan SALMAN baru akan kampanye terbuka di Lapangan Trimo Harjo Belitang, Minggu (30/5) nanti,” terang Cabup Marsyal. sripo
Read Post | komentar

Ainun Habibie Dimakamkan di Taman Makam Kalibata

"Pak Habibie saat itu dampingi ibu hingga di saat terakhir, jadi di akhir kepulangan ibunda Pak Habibie selalu berada di sana (samping Ainun)," ujar Direktur Habibie Center Ahmad Watik Pratiknya dalam jumpa pers di kediaman Habibie, Jl Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Sabtu (22/5/2010).

Sejak berada di Jerman, tidak sekalipun Habibie tinggal di rumahnya. Habibie justru terus berada di RS menempati istri tercinta.

"Mungkin beliau sudah merasakannya (memprediksi)," lanjutnya lagi.

Istri BJ Habibie ini meninggal dalam usia 72 tahun. Ainun meninggal sekitar pukul 17.00 waktu setempat di Rumah Sakit Ludwig-Maximilians-Universitat, Klinikum Gro`hadern, Munich, Jerman.

"Sudah diketahui letaknya nanti di Taman Makam Kalibata," ujar Direktur Habibie Center Ahmad Watik Pratiknya dalam jumpa pers di kediaman Habibie, Jl Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Sabtu (22/5/2010).

Keputusan ini berdasarkan pertemuan antara pihak keluarga dengan pemerintah yang diwakili oleh Wapres Boediono dan Mensos.

Jenazah Ainun sendiri hingga saat ini masih berada di RS Munich, Jerman. Menurut Pratikno, ada beberapa proses yang harus dilalui sebelum jenazah diperbolehkan dibawa pulang.

Sekitar dua hingga empat jam, jenazah Ainun akan didiamkan terlebih dahulu di sebuah tempat khusus. Setelah itu, jenazah Ainun akan dimandikan. "Kemudian akan disalatkan di Masjid," tandasnya.

Read Post | komentar

Kerahkan Massa Besar-besaran

Friday, 21 May 2010

Memasuki hari ketiga jadwal kampanye pasangan Cabup/Cawabup OKU Timur, Jumat (21/5), tidak satupun pasangan calon yang melakukan kampanye secara terbuka.

Cabup nomor urut 2, H Marsyal Rustam Wahab ketika dihubungi melalui telepon mengaku, dari 14 hari massa kampanye yang telah ditetapkan, pihaknya akan memanfaatkan satu hari saja untuk mengerahkan massa.

“Hari ini (Jumat kemarin) kita tidak kampanye di lapangan. Namun tim melakukan kampanye door to door ke rumah warga,” ungkapnya.

Menurutnya, kampanye secara langsung dengan melibatkan tim sukses turun langsung ke masyarakat jauh lebih efektif.

“Dari dulu juga kita sudah melakukan itu,” imbuh Marsyal seraya menyebutkan, dia bersama Cawabup (Rustaman) baru akan melakukan kampanye secara terbuka melibatkan massa di Lapangan Sido Makmur pada 30 Mei nanti.

Sementara itu Ketua Tim Sukses calon incumbent HDC, Joko Supriyanto mengatakan, dari 14 hari masa kampanye yang telah dijadwalkan KPU, HDC hanya akan kampanye di lapangan terbuka selama tiga hari saja, 20 Mei, 26 Mei, dan 1 Juni.

“Pada 26 Mei dan 1 Juni nanti HDC akan memobilisasi massa pendukungnya secara besar-besan, berbeda dengan kampanye pada Kamis (20/5) kemarin,” paparanya.

Ketua KPU OKU Timur, Leo Budi Rachmadi ketika dikonfirmasi menegaskan, pihaknya hanya memberikan jadwal kampanye sesuai tahapan yang telah disusun.

“Apakah calon akan memanfaatkan waktu kampanye yang dijadwalkan itu, kami (KPU) tidak dapat memaksakan. Hanya saja calon tidak diperkenankan kampanye di luar daerah yang telah ditentukan,” tandasnya. sripo
Read Post | komentar

HDC-SALMAN Perang Program Lewat Radio

Dua pasang kandidat Calon Bupati (Cabup) OKU Timur masing-masing calon incumbent H Herman Deru, SH,MM dan rivalnya H Marsyal Rustam Wahab, SH, MM terus melakukan penggalangan massa melalui pemaparan program kerja jika terpilih menjadi sebagai bupati OKU Timur lima tahun ke depan.

Paparan progam kerja kedua calon Bupati OKU Timur itu dilakukan dalam acara debat yang disiarkan langsung salah satu stasiun radio di Martapura, Kamis (20/5) malam.
Dalam debat melalui udara itu H Herman Deru lebih banyak membahas kondisi pendidikan dan sosial ekonomi dan budaya yang ada di Kabupaten OKUT yang telah dirinya menjabat sebagai Bupati OKU Timur 2005-2010.

“Di bidang pendidikan dulu nyaris semua inprastruktur bangunan sarana pendidikan didaerah ini dalam kondisi. Namun dengan tekad dan kemauan yang kita miliki bersama dalam jangka watu lima tahun kini hampir tidak ada lagi bangunan sekolah yang tidak laik pakai,” paparanya.

Menurut Herman Deru, masalah pendidikan sangat penting sebab melalui pendidikanlah akan muncul paradikma baru generasi yang handal mampu bersaing dengan pesatnya kemajuan dunia secara global.

“Ke depan kita akan tingkatkan mutu pendidikan yang ada sekarang ini melalui pemerataan tenaga pendidik yang diikuti peningkatan kesejahteraan tenaga pengajar,” imbuhnya.

Sementara itu cabup H Marsyal Rustam Wahab dalam debat politik yang direlay sejumlah radio swasta di OKU Timur itu menyoroti masalah ketersediaan lapangan kerja “Jika masyarakat percaya. Kita akan buatkan lembaga pendidikan keterampilan seperti bengkel, menjahit, keterampilan elektronik disamping akan terus kita tumbuhkan semangat jiwa kewirausahaan,” ucap Marsyal.

Ketua KPUD OKU Timur Leo Budi Rachmadi ketika ditemui di sela-sela debat ini mengaskan. Program debat politik cabup melalui siaran langsung radio itu merupakan salah satu cara yang dinilai efektif dalam penyampainya visi dan misi keduanya pada masyarakat.

“Melalui debat ini. Kita harapkan calon pemilih akan pahan program yang ditawarkan calon bupati ,” pungkasnya.
Read Post | komentar

Pelanggaran Kampanye Masih Nihil

Memasuki hari ke tiga masa kampanye calon bupati/calon wakil bupati (Cawabup) OKU Timur, Jumat (21/5) kondisi politik OKU Timur tetap stabil. Begitu juga dengan laporan yang masuk
ke Panwaslu terkait pelanggaran kampanye sama sekali belum ada.

Ketua Panwaslu OKU Timur, Hartono, SPd ketika dikonfirmasi menegaskan, pada hari ketiga kampanye. Pihaknya belum mendapatkan adanya temuan atau laporan adanya pelanggaran kampanye yang dilakukan dua pasang kandidat baik calon incumbent H Herman Deru-Kholid Mawardi (HDC) maupun pasangan nomor urut-2 H Marsyal Rustam Wahab-Rustaman (SALMAN).

“Panwas tetap memonitor jalannya kampanye dua pasang calon itu. Hasilnya sampai hari ini,Jumat (21/5) tidak ada kecurangan yang terjadi,” ungkapnya.

Menurut Hartono, dari awal pihaknya sudah mengingatkan tim sukses kedua pasang calon itu untuk tidak melakukan aksi yang dapat menodai proses demokrasi di OKU Timur baik saat kampanye maupun pasca
kampanye.

“Jika ada laporan kecurangan yang masuk ke Panwas tentunya harus dilengkapi dengan bukti yang dapat dipertangungjawabkan,” imbuhnya.

Dikatakan, pada hari kedua kampanye pasangan HDC di lapangan Tebatsari, Kelurahan Dusun Martapura, Kamis (20/5) lalu ada massa yang membawa anak dibawah umur. Kondisi tersebut menurutnya tidak dibenarkan dengan alasan para balita dan anak dibawah umur 17 tahun sama sekali belum memiliki hak pilih.

“Kita sudah ingatkan melalui surat tertulis agar hal tersebut tidak lagi terjadi lagi pada kampanye selanjutnya,” pungkasnya.
Read Post | komentar

Bayar Pajak Kendaraan Mudah

Thursday, 20 May 2010

Tim gabungan Satlantas Polres OKU Timur, Dispenda, dan Jasa Raharja menggelar sosialisasi door to door tentang kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor (PPKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Tim gabungan ini melakukan sosialisasi kepada warga yang bermukim di Desa Negeriratu Baru Kecamatan Bunga Mayang. Dalam sosialisasi ini petugas membagikan helm standar (SNI) secara gratis.

“Kegiatan pelayanan door to door pajak kendaraan dan pembagian helm SNI itu merupakan terobosan memudahkan pelayanan terhadap masyarakat. Tidak ada alasan lagi bagi penunggak

pajak kendaraan, karena mereka sudah diingatkan termasuk prosedurnya,” kata Kapolres OKU Timur, AKBP ML John Mangundap SH SIk melalui Kasat Lantas Iptu Jhoni Eka Putra didampingi Iptu Wawan Andi, Kamis (20/5).

Disebutkan, sosialisasi dengan mendatangi kediaman warga secara langsung itu juga bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk taat pada aturan. “Seluruh desa di OKU Timur ini akan kita sambangi dengan melibatkan perangkat desa setempat,” imbuhnya.

Materi sosialisasi yang disampaikan kepada warga itu di antaranya isi UU No.22 Tahun 2009, di antaranya tentang kewajiban menyalakan lampu bagi pengendara sepeda motor pada siang hari, dan pengendara harus menggunakan helm berstandar SNI.sripo
Read Post | komentar

Satu Lembar Rp 100

Proses pelipatan surat suara untuk Pilkada Kabupaten OKU Timur, dimulai Kamis (20/5) kemarin. Petugas yang dikerahkan melibatkan sekitar 20-an staf Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Keras suara yang telah dilipat dihargai Rp 100 per lembar,” kata anggota KPU OKU Timur selaku Ketua Devisi Logistik, Rialdi.

Dia menyebutkan, alasan ditunjuknya tenaga pelipat surat suara dari lingkungan sekretariat KPU OKU Timur itu, untuk menjaga netralitas, sebab pelipat harus memiliki komitmen untuk netral dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon.

Hal tersebut dibuktikan dengan surat pernyataan dan fotokopi KTP di atas kertas bermaterai. “Selain melipat, petugas juga harus menyortir dan menghitung,” terangnya.

Ditambahkan, kejelian petugas pelipat dibutuhkan saat melakukan penyortiran sebagai antisipasi adanya surat suara yang rusak, di samping juga dihitung kembali agar jumlahnya sama dengan jumlah mata pilih.

“Sesuai jadwal seluruh kerta surat suara itu harus sudah dilipat 25 Mei 2010,” kata Rialdi. Jumlah surat suara yang dilipat itu sama dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yakni 439.257 ditambah dengan 2,5 persen cadangan. sripo
Read Post | komentar

Rapat Umum Hingga Dialogis

Kampanye putaran pertama, Kamis (20/5) kemarin berlangsung di beberapa lokasi, berupa rapat umum dan kampanye dialogis. Seperti yang dilakukan pasangan incumbent

Calon Bupati OKU Timur periode 2010-2015, H Herman Deru-HM Kholid Mawardi (HDC). Pasangan yang telah lima tahun memimpin OKU Timur itu melakukan kampanye rapat umum di Lapangan Tabatsari Martapura, dihadiri ribuan simpatasian.

Massa yang didominasi kalangan ibu rumah tangga itu dengan antusias ingin foto bersama calon bupati/wabup idolanya, HDC. “Pak foto dulu,” pinta ibu-ibu memberi isyarat agar Herman Deru dan HM Kholid Mawardi mau foto bersama mereka.

Kedekatan HDC dengan massa semakin semarak, manakala Herman Deru dengan percaya diri melantunkan nyanyian diiringi organ tunggal. Massa langsung mendekat dan joget bersama HDC.

Pada kampanye ini, tim pemenangan HDC diketuai Joko Supriyanto menurunkan juru kampanye Beni Defitson (Ketua DPD Partai Golkar OKUT), dan H Zabidi Saleh (Ketua DPC PPP).

“HDC adalah calon terbaik. Karena itu pilihlah yang sudah terbukti dan teruji, pasangan calon nomor urut 1, hidup HDC,” pekik Zabidi seraya disambut tepuk riuh simpatisan HDC.
BALIKU dan Bersyukur

Sementara itu pasangan Calon Bupati/Wabup OKU periode 2010-2015, Kombespol (Purn) Drs H Badaruzaman Hidir dan dr HM Ali Indra Hanafiah MARS (BALIKU) melakukan kampanye dialogis di Dusun II Desa Bandarjaya, Kecamatan Lengkiti.

Sedangkan pasangan incumbent, Drs H Yulius Nawawi-Drs H Kuryana Aiziz menggelar kampanye rapat umum di Lapangan Kantor Camat Pengandonan. Kedua pasangan ini memulai kampanye pada siang hari, sekitar pukul 13.00 WIB.

“Kampanye pasangan BALIKU di Desa Bandarjaya ini dilakukan dengan model dialogis, antara pasangan calon bupati dan wakil bupati yang diusung masyarakat,” kata Koordinator

Tim Kampanye Kabupaten pasangan BALIKU, Syarkawi Zahar SH kepada wartawan. Pasangan BALIKU akan mengisi 12 kali putaran kampanye secara sederhana dan tidak menggunakan atribut berlebihan. sripo
Read Post | komentar

Seribu Massa Elukan HDC

Kampanye hari kedua pasangan incumbent H Herman Deru- Cholid Mawardi (HDC) lapangan Tabatsari Martapura, Kamis (20/5) dihadiri sekitar 1000 orang massa.

Massa yang didominasi kalangan ibu rumah tangga itu dengan antusias untuk melihat dari dekat kehadiran calon bupati idola mereka. Bahkan momen kampanye kali ini digunakan massa untuk melakukan sesi berfoto bersama dengan H Herman Deru dan Kholid Mawardi.

“Pak foto dulu pak,” ungkap ibu-ibu memberi isyarat agar Herman Deru mau berfoto dengan mereka.

Kedekatan HDC dengan massa tidak sampai di situ saja. Bahkan ketika calon incumbent itu melantunkan nyanyian diiringi organ tunggal. Massa langsung mendekat dan joget bersama dengan HDC.

Sementara itu juru kampanye HDC di lapangan Tebatsari Kelurahan Dusun Martapura kali ini para jurkam terdiri dari Ketua DPD Partai Golkar, Beni Defitson. Ketua DPC PPP H Zabidi Saleh lebih menekankan keberhasilan yang telah dicapai pasangan incumbent itu selama lima tahun terakhir.

“Kota Martapura yang dulunya terkenal dengan kota yang kotor dan sembrawut, kini sudah berubah menjadi kota yang terbersih dengan predikat Kota Adipura,” ungkap Zabidi Saleh.

Hal yang hampir sama juga disampaikan Beni Defitson, menurut politisi dari Parpol Golkar itu. Masyarakat jangan sampai salah pilih dalam menentukan siapa yang menjadi bupati dan wakil bupati OKU Timur lima tahun kedepan. Sebab menurutnya jika salah dalam memilih pemimpin maka masyarkat OKU Timur akan rugi.

“HDC adalah calon yang terbaik. Karena itu pilihlah yang sudah terbukti dan teruji nomor urut satu,” ucapnya dengan lantang disambut tepuk riuh peserta kampanye.

Kampanye hari kedua pasangan HDC di wilayah Martapura ini waktunya lebih singkat dimulai pukul 10.00 dan berakhir pukul 11.30.

“Kita sengaja mencari waktu disaat warga tengah sibuk melakukan aktifitas. Tujuannya tidak lain kita ingin memberikan pendidikan politik bahwa kepentingan politik jangan mengorbankan aktifitas warga,” tandas Joko Supriyanto selaku ketua tim pemenangan HDC.(hr)
Read Post | komentar

Logistik Diterima Lengkap

Wednesday, 19 May 2010

Sejumlah logistik Pilkada terdiri dari surat suara, kartu pemilih, formulir C, dan alat tulis kantor (ATK) yang akan didistribusikan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Selasa (18/5) tiba di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur.

Ketua Divisi Logistik KPU OKU Timur, Rialdi, Rabu (19/5) mengatakan, logistik tersebut masih tersimpan di gudang KPU OKU Timur selanjutnya akan dilakukan pelipatan dan pengepakan sebelum dikirim ke PPK paling lambat H-10, atau sebelum 25 Mei.

“Katu pemilih dan kertas suara itu akan disortir lebih dulu sebelum distribusikan,” paparanya.
Disebutkan, logistik yang dikirim percetakan ke KPU OKU Timur ini terdiri dari kertas suara 90 dus yang berisi 5.000 lembar kertas suara per dus.

“Jumlah surat suara dicetak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 439.257 yang sudah ditetapkan, ditambah 2,5 persen untuk cadangan kalau ada kerusakan atau cacat,” imbuhnya.

Dijelaskan, logistik yang telah didistribusikan berupa tinta 2.726, bilik suara 2.726 atau dua kali dari jumlah TPS di OKU Timur yang jumlahnya 1.363 TPS. “Untuk kotak suara sama dengan jumlah TPS sebanyak 1.363 kotak suara,” pungkasnya. sripo
Read Post | komentar

HDC dan SALMAN Lebih Santai

Rapat paripurna istimewa DPRD OKU Timur dengan agenda mendengarkan paparan misi visi dua pasangan Cabup/Cawabup OKU Timur periode 2010-2015, Rabu (19/5) terlihat lebih santai. Paripurna yang dimulai pukul 08.00 itu dipimpin Ketua DPRD OKU Timur, Beni Defiton, SIP.

Dua pasangan Cabup/Cawabup OKUT, nomor urut 1 H Herman Deru SH MM-HM Kholid Mawardi SSos (HDC), dan calon nomor urut 2 H Marsyal Rustam Wahab SH MM-Rustaman SIP (SALMAN) sesekali terlihat bersenda gurau.

Dalam paparannya, Cabup incumbent H Herman Deru kembali mengusung konsep ekonomi kerakyatan. Sementara Cabup Marsyal Rustam Wahab dalam visi dan misinya akan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat OKU Timur yang mandiri.
Cabup Musirawas

Semetara itu paparan visi dan misi pasangan Cabup/Cawabup Musirawas yang digelar dalam paripurna istimewa DPRD, Rabu (19/5) berlangsung lancar.

Tampil pertamakali pasangan nomor urut 1, HM Isa Sigit-Agung Yubi Utama, disusul pasangan nomor urut 2 H Ridwan Mukti-H Hendra Gunawan. Dua pasangan calon ini menyampaikan visi dan misinya bergantian dengan wakilnya.

Sedangkan pasangan nomor urut 3 Senen Singadilaga tampil sendirian. Demikian pula pasangan nomor urut 4, Wazanazi Wahid-Untung Suprianto, tampil sendiri tanpa didampingi wakilnya.

Penyampaian visi dan misi ini tanpa dialog atau tanya jawab. Hanya memakan waktu sekitar dua jam, paripurna selesai dan ditutup oleh Ketua DPRD Musirawas, Srie Hernalini Nita Utama. sripo
Read Post | komentar

Deru dan Kholid Cuti 14 Hari

Bupati OKU Timur, H Herman Deru dan Wakil Bupati HM Kholid Mawardi, mengambil cuti selama 14 hari

Keduanya yang juga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati (Cabup/cawabup) incumbent periode 2010-2015 ini, akan berkosentrasi melakukan kampanye Pilkada, sesuai jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur, 19 Mei hingga 1 Juni 2010.

“KPU telah menerima surat tembusan dari Gubernur Sumsel No.273/1183/II/2010 tertanggal 30 April 2010, prihal izin cuti atas nama Herman Deru dan HM Kholid Mawardi di luar tanggungan negara.

Keduanya akan melaksanakan kampanye Pilkada. Surat izin cuti itu diterima KPU hari Selasa (18/5),” kata Ketua KPU Kabupaten OKU Timur, Leo Budi Rachmadi SE kepada wartawan, Rabu kemarin.

Disebutkan, dalam surat tersebut memuat persetujun Gubernur Sumsel atas izin cuti keduanya dengan memperhatikan, dalam melaksanakan kampanye tetap menjamin terwujudnya misi dan kelancaran penyelengaraan pemerintah daerah serta azas penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

“Dalam surat itu juga dilarang keras keduanya menggunakan fasilitas negara selama kampanye berlangsung. Selama calon incumbent itu cuti proses pelaksanaan pemerintahan sehari-hari dilaksanakan oleh Sekda,” tegas Leo.

Sementara itu Herman Deru ketika dikonfirmasi membenarkan dirinya telah mengambil cuti selama masa kampanye berlangsung. “Mulai hari ini (19 Mei kemarin,Red) saya bersama Pak Kholid sudah cuti sampai 1 Juni nanti,” tandasnya.sripo
Read Post | komentar

Harta Herman Deru Rp 17 Miliar

Monday, 17 May 2010

Berdasarkan rekapitulasi harta kekayaan calon bupati dan calon wakil bupati OKU Timur yang dikeluarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) diketahui harta kekayaan Cabup H Herman Deru,SH, MM sebanyak Rp 17.777.310.149 plus dolar Amerika sebanyak 2.118.

Harta kekayaan Cabup OKU Timur incumben Rp 17.777.310.149 itu terdiri harta tidak bergerak (tanah dan bangunan) Rp 16.388.113, harta bergerak (alat transportasi dan mesin lainnya Rp 250.000 dan harga bergerak lainnya
Rp 556.500. Ado juga giro dan setara kas lainnya Rp Rp 582.697.149.

Jika dilihat dari harta kekayaannya pada tahun 2008 lalu Rp 17.437.755,843 maka kekayaan Herman Deru naik sebesar Rp 339.554.302 atau naik 1,95 persen.
Read Post | komentar

KPUD OKUT Kantongi Izin Lokasi Kampanye

Sunday, 16 May 2010

KPUD Ogan Komering Ulu (OKU) Timur telah memastikan tiga lokasi kampanye dialogis yang akan digelar dua pasang calon kepala daerah Cabup/Cawabup OKUT sudah tidak ada masalah.

“Izin penggunaan tiga lapangan yang akan menjadi lokasi
kampanye sudah kita terima dari desa dan kecamatan bersangkutan,” ujar anggota KPUD OKU Timur Eko Purniawan, Minggu (16/5).

Tiga lapangan lokasi yang akan dijadikan tempat kampanye terbuka bagi dua pasangan calon masing-masing adalah, Lapangan bola Tebat Sari Kelurahan Dusun Martapura, lapangan Sido Makmur Belitang dan Lapangan Trimoharjo Semendawai Suku III.

“Khusus di Lapangan Tebat Sari memang milik pemerintah daerah. Sedangkan
dua lapangan lagi milik desa jadi diharusnya ada izin dari warga
setempat,” katanya.
Read Post | komentar

Besok, Kekayaan Cabup/Cawabup OKU Timur Diumumkan

Jika tidak ada kendala KPUD OKU Timur, Senin (17/5), akan membuka hasil verifikasi terhadapa Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) para Cabup dan Cawabup di OKU Timur.

Hal tersebut diungkapkan anggota KPUD OKU Timur, Nardianto SS, Minggu (16/5).

“Surat KPK Nomor B-1013/12/05/2010 tertanggal 4 mei 2010 mengintruksikan LHKPN cabup itu segera diumumkan ke khalayak,” katanya.

Nardianto menjelaskan, dalam surat hasil verifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu disebutkan, untuk ankuntabilitas dan tranparansi publik hasil audit LHKPN pasangan cabup tersebut diumumkan dengan cara di temple di pengumuman secretariat KPUD.

Disamping itu juga harus disampaikan melalui media massa dengan mengajak serta masing-masing pasangan calon kepala daerah.

“Surat pemberitahuan akan diumumkannya LHPN ini telah kita sampaikan kepada calon yang bersangkutan. Tinggal lagi mereka akan hadir atau tidak. Yang jelas LHKPN calon itu akan kita umumkan segera,” katanya.

Menyoal tentang hasil verifikasi KPK yang telah diterima KPUD, Nardianto enggan berkomentar banyak dengan alasan hasil audit KPK itu akan dibuka pada forum resmi yang akan dihadiri langsung para calon.

“Besok saja, semuanya kita buka dan tidak ada yang akan kita tutup-tutupi,” ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya LHKPN kedua pasang calon kepala daerah yang akan bertarung pada Pemilukada 5 Juni 2010 beberapa waktu lalu telah usai diverifikasi KPK mereka masing-masing pasangan incumbent H Herman Deru-Kholid Mawardi (HDC) dan rivalnya pasangan H Marsyal Rustam Wahap-Rustaman (SALMAN).
Read Post | komentar

LKPJ Herman Deru Diterima

Friday, 14 May 2010

Setelah melalui penggodokan yang cukup alot, tujuh fraksi di DPRD OKU Timur menyetujui dan menerima laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) akhir masa

jabatan Bupati OKU Timur periode 2005-2010 yang digelar dalam sidang paripurna ke-1 masa sidang ke-1 DPRD OKU Timur, Jumat (14/5).

Fraksi Partai Golkar dalam pendapat akhir yang disampaikan juru bicaranya, Fenus Antonius mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi perhatian selama kepemimpinan H Herman Deru masa bhkati 2005-2010, salah satunya langkah mengatasi bencana alam yang kerap melanda sejumlah kawasan di sepanjang pesisir sungai.

“Karena itu FPG memberikan catatan ke depan agar Sungai Macak dan Belintang kembali dilakukan reklamasi,” kata Fenus seraya menyatakan FPG menerima LKPJ Akhir Masa Jabatan Bupati OKU Timur periode 2005-2010.

Sikap menerima LKPJ Bupati OKUT ini juga disampaikan oleh juru bicara enam fraksi lainnya, meliputi Fraksi PDI Perjuangan, Demokrat, FBR, FPKB, FPNIR, dan Fraksi Kesatuan.

Sementara itu H Herman Deru ketika dibincangi seusai mengikuti sidang paripurna ini mengaku puas dan bersyukur LKPJ yang disampaikannya diterima, meskipun ada beberapa hal yang menjadi catatan baginya. “Alhamdulilah, semua fraksi menerima LKPJ,” ungkap Herman Deru seraya tersenyum puas. sripo
Read Post | komentar

Gambarnya Harus Dicoblos

Sosialisasi Pilkada yang digelar oleh petugas dari Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur, terus dilakukan. Salah satunya memberikan penjelasan tentang tatacara pencoblosan di dalam bilik suara.

“Banyak dari warga awam terkhusus pemilih pemula yang masih bingung tatacara pemilihan apakah dicontreng atau dicoblos. Masalah ini terus kita sosialisasikan agar tidak terjadi kesalahan ketika mereka nantinya sudah berada di bilik suara,” kata Ketua KPUD OKU Timur, Leo Budi Rachmadi SE, Jumat (14/5).

Sesuai dengan UU No.32 Tahun 2004 tentang tata cara pemungutan suara, kata Leo, maka kertas suara itu docoblos pada bagian gambar calon sesuai dengan pilihan. “Ini artinya pada Pilkada 5 Juni 2010 nanti bukan menggunakan sistem contreng seperti pada Pilpres dan Pemilihan Legislative (Pileg) 2009 lalu,” imbuhnya.

Untuk menekan terjadinya kesalahan di saat pemilih berada di bilik suara, KPUD berupaya semaksimal mungkin melakukan sosialisasi. Termasuk dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPUD telah berupaya mengakomodir seluruh warga OKUT yang telah mempunyai hak pilih agar terdaftar dalam DPT.

“Kita berharap tidak akan terjadi sengketa pemilu di kemudian hari,” pungkasnya.sripo
Read Post | komentar

Tim Pantau Langsung Pencetakan Suara

Untuk menghindari terjadinya kerusakan kertas surat suara, kartu pemilih dan formulir model C sebelum seluruhnya dicetak, tim gabungan yang terdiri dari anggota KPUD, Panwaslu dan sekretariat KPUD melakukan sidak langsung lokasi percetakan.

Menurut Ketua KPUD OKU Timur, Leo Budi Rachmadi, SE didampingi Nardianto, Jumat (14/5) menegaskan, tim gabungan itu sudah berangkat mengecek sudah sejauh mana proses pencetakan kertas suara di salah satu percetakan di Jakarta. Begitu juga dengan kartu pemilih yang dicetak di Palembang dan formulir C dicetak di Lampung.

“Pengawasan dalam proses cetak perlu diawasi karena jangan sampai terjadi kesalahan atau ada komplin dari pasangan calon. Karena ada tanda gambar yang buram atau cacat lainnya,” tambah Leo.

Dia menjelasakan berdasarkan tahapan yang telah disusun paling lambat 20 Mei 2010 seluruh logistik harus sudah tiba di sekretariat KPUD OKU Timur. Selanjutnya akan dilakukan pelipatan secara manual sebelum
didistribusikan ke tingkat PPK Sedangkan pada H-10.

“Adapun jumlah surat suara yang akan dicetak sesuai dengan jumlah DPT 43.925 ditambah 2,5 persen sebagai cadangan,” imbuhnya.

Sementara Kapolres OKU Timur AKBP ML John Mangundap ketika dikonfirmasi mengaku siap melakukan
pengawalan pendistribusian logistic Pemilukada.

“Jika memang diminta untuk dilakukan pengawalan, kita siap tugaskan aparat untuk mengawal hingga ke tingkat TPS,” pungkasnya.
Read Post | komentar

Kelangkaan Pupuk Teratasi

Thursday, 13 May 2010

ika sebelumnya petani di Belitang Kabupaten OKU Timur, dipusingkan dengan tidak terkendalinya harga pupuk, kini masalah tersebut tidak lagi menghantui petani. Pupuk di pasaran sudah kembali normal, begitu pun stoknya sangat mudah didapat oleh petani dengan harga yang wajar.

“Sekarang tidak ada masalah lagi dengan pupuk. Setiap saknya dijual Rp 85 ribu,” ungkap Yanto, petani di Desa Bedilan Belitang, Kamis (13/5).

Menurut beberapa petani di kawasan ini, harga pupuk urea bersubsidi di pasaran sekarang sudah kembali normal, setelah sebelumnya sulit didapat dan harganya sempat mencapai Rp 120 ribu/sak (isi 50 Kg).

“Tidak ada lagi masalah dengan pupuk urea bersubsidi, harganya juga sudah normal Rp 1.600/Kg,” kata Kamso, petani lainnya.

Hal senada juga diungkapkan Suharno, salah satu pemilik kos pupuk di Kota Gumawang Belitang. Menurutnya, persediaan pupuk di tokonya masih banyak dan mencukupi kebutuhan petani yang tengah melakukan musim tanam tahap kedua.

“Pengiriman distributor dari gudang PT Kurungan Nyawa sudah lancar, selain itu datangnya tepat waktu,” ucapnya.

Dijelaskan, pupuk di kiosnya merupakan jatah bagi petani sekitar yang tergabung dengan kelompok di mana pupuk jang dijatah sesuai dengan peruntukan atau sama dengan kebutuhan, merujuk Rencana Defenitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Mengenai harga unutuk urea bersubsidi Rp 85 ribu/sak. Sedangkan SP36 dijual Rp 120 ribu/sak, Phonska Rp 125 ribu/sak,” jelasnya.

Kondisi ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno, MSi. “Jika ada distributor yang menjual pupuk diluar ketentuan tentu akan ditindak melalui komisi pengawasan pupuk dan pestisida (Kompes),” kata Tubagus seraya

menyebutkan, Harga Eceran Tertinggi (HET) pupuk bersubsidi sejak Jumat (9/4) berubah sesuai SE Menteri Pertanian No.32/Permentan/SR.130/4/2010 tanggal 8 April 2010. sripo
Read Post | komentar

Siap Menang Siap Kalah

Wednesday, 12 May 2010

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur, Rabu (12/5) menggelar deklarasi Pilkada Damai “Siap Menang Siap Kalah”. Deklarasi yang dihadiri oleh dua pasang calon bupati/calon wakil bupati OKU Timur periode 2010-2015 itu dipusatkan di Aula SMA Negeri I Belitang.

Pasangan cabup/cawabup (incumbent), H Herman Deru-HM Kholid Mawardi (HDC) diusung papol besar yakni Partai Golkar, Partai Demokrat (PD), PDI Perjuangan, PKS, Partai Hanura, PAN, PKB, PPP. Sedangkan pasangan Marsyal Rustam Wahab-Rustaman (SALMAN) diusung 9 parpol yakni PKPB, Gerindra, PKNU, PNBK Indonesia, PBB, PPI, PKPI, PPRN, dan PIS.

“Kita berharap melalui deklarasi ini akan tumbuh pandangan yang sama, bahwa proses demokrasi di OKU Timur berjalan dengan lancar tanpa ada permasalahan yang terjadi di kemudian hari,” kata Ketua KPUD OKU Timur, Leo Budirachmadi kepada wartawan.

Selain dihadiri kedua pasangan calon dan pengurus papol pengusung, deklarasi itu juga dihadiri para tim sukses dan simpatisan kedua pasangan, yang berasal dari penjuru kabupaten OKU Timur. Deklarasi ini juga dihadiri Ketua Divisi Hukum KPUD Provinsi Sumsel, Candra Puspa Mirza.

“Kita bertekad menjadikan Pilkada di OKU Timur sebagai daerah penyelenggara terbaik tingkat nasional yang ditandai dengan tingginya tingkat partisipasi pemilih. Terciptanya keamanan dan stabilitas di OKU Timur, serta minimnya residu pasca Pilkada,” harap Herman Deru.

Sedangkan Cabup H Marsyal Rustam Wahab mengaku, sudah menyiapkan mental menerima hasil Pilkada. sripo
Read Post | komentar

Oktober Eksplorasi Gas Methane

Hasil survey seismik yang dilakukan PT Ogan Intereor Gas menemukan di wilayah Kabupaten OKU Timur terdapat potensi sumber daya Coal Bed Methane (CBM) sebesar 3,5 Triliun Cubic Feet (TCF).

“Dari 453 TCF di Indonesia, 40 persennya terdapat di Sumatera. termasuk di OKU Timur sebesar 3,5 TCF,” kata Kepala Operasi BP Migas Sumsel, Gunawan Budi Priyono ketika melakukan audiensi dengan Bupati OKU Timur, Selasa (11/5). Kandungan gas methane di OKU Timur itu terdapat di Desa Tanjung Kukuh Kecamatan Semendawai Barat.

Gunawan menambahkan, dengan ditemukannya hasil survey seismik oleh PT Ogan Interior Gas di Desa Tanjung Kukuh itu, maka tidak menutup kemungkinan masyarakat di daerah sekitar akan mendapatkan manfaatnya, terutama bagi Pemkab OKUT melalui dana bagi hasil (DBH) migas.

Sementara itu Kepala Geologi PT Ogan Intrior Gas mengungkapkan, pihaknya segera melakukan eksplorasi di dua titik di Desa Tanjung Kukuh. “Paling lambat Oktober 2010 ini proses ekplorasi dilakukan,” imbuhnya.

Sedangkan Bupati OKU Timur, H Herman Deru, SH, MM berharap pihak investor yang melakukan ekplorasi di daerah ini bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan warga setempat.sripo
Read Post | komentar

Kembangkan Padi Organik

Tuesday, 11 May 2010

Tanaman padi organik menjadi salah satu program yang akan dikembangkan di Kabupaten OKU Timur. Tahap awal ini ada dua kelompok tani (KT) di Belitang yakni, KT Sidomaju I dan KT Sidomaju II yang dilibatkan secara langsung dalam melakukan perluasan lahan tanaman padi organik.

“Masing-masing kelompok ini beranggota 23 petani dengan luas areal lahan yang akan digarap dan ditanami benih padi organik sekitar 8 hektare,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinas TPH) Kabupaten OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno MSi kepada wartawan di Martapura, Selasa (11/5).

Tubagus mengakui, pengembangan luas lahan tanaman padi organik ini, sebagai upaya mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk anorganik, terlebih di saat musim puncak tanam, kerap terjadi kelangkaan pupuk, kalaupun pupuk tersedia di pasaran namun harganya tidak terjangkau oleh petani.

“Padi organik sama sekali tidak menggunakan pupuk urea dan jenis pupuk anorganik lainnya. Tanaman padi organik ini hanya memakai pupuk yang berasal dari tanaman itu sendiri,” katanya.

Tubagus menjelaskan, keinginan Pemkab menggarap lahan padi organik karena adanya kecendrungan konsumen beras di pasaran mulai melirik beras organik. “Harga beras organik jauh lebih baik, bahkan ada yang mencapai Rp 12.000/Kg, sehingga petani akan diuntungkan ditambah biaya produksi reltaif lebih murah,” urainya.

Sebagai gambaran, di OKU Timur sendiri sejauh ini sudah ada produsen beras organik, seperti yang dikembangan CV Alumni Gontor Pengembang Usaha Rakyat (Algopur) di BK 9 Kecamatan Belitang. Beras organik Algopur ini konon mengandung obat, sehingga aman dikonsumsi para penderita diabetes, diare, ginjal, dan jantung. sripo
Read Post | komentar (1)

Umumkan Kekayaan Calon

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang telah disampaikan pasangan calon bupati/wabup (Cabup/wabup) OKU Timur periode 2010-2015 kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu, kini sudah diterima kembali oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten OKU Timur.

“LHKPN dua pasangan Cabup/Cawabup atas nama H Herman Deru-HM Kholid Mawardi (HDC) dan H Marsyal Rustam Wahap-Rustaman (SALMAN) ini selanjutnya akan diumumkan ke publik,” kata anggota KPUD OKU Timur, Nardianto SS kepada wartawan, Selasa (11/5).

Nardianto menjelaskan, pihaknya masih akan membahas kapan hasil audit KPK tentang laporan harta kekayaan dua pasangan cabup/cawabup OKUT itu dibuka dan diumumkan ke publik. “Kita di KPU tentu akan rapat dulu,” katanya.

Menurut Nardianto, berdasarkan UU No.32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, setiap calon kepala daerah wajib menyampaikan laporan kekayaan kepada KPK secara langsung atau melalui KPUD saat pencalonan.

Sementara calon bupati incumbent, H Herman Deru ketika dikonfirmasi terkait dengan hasil penelitian KPK terhadap LHKPN ini mengaku, sejak awal dia bersama HM Kholid sudah pernah melaporkan LHKPN tersebut ke KPK.

“Tidak ada masalah untuk pelaporan harta kekayaan itu, mengingat pada Pilkada 2005 lalu kami juga telah melakukan hal yang sama,” tandasnya. sripo
Read Post | komentar

OKUT Perluas Lahan Padi Organik

Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) setempat terus melakukan upaya perluasan lahan bagi tanaman padi organik.
Sebagai bentuk keseriusan pemerintah daerah pada tahap awal akan mengembangkan tanaman padi organik dengan melibatkan dua kelompok tani binaan pemerintah yang berada di kawasan Belitang yakni kelompok
Tani Sido Maju satu dan kelompok Tani Sido Maju dua.

“Masing-masing kelompok tani ini beranggotakan 23 orang petani dengan luas areal lahan yang akan digarap dan ditanami benih padi organik sekitar 8 hektar,” ungkap Kepala Dinas TPH OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno MSi, Selasa (11/5) di Martapura.

Upaya pengembangan luas lahan tanaman padi organik ini menurut Tubagus sebagai upaya mengurangi ketergantungan petani terhadap pupuk anorganik terlebih di saat musim puncak tanam dan petani kerap sulit mendapatkan pupuk anorganik

“Padi organik sama sekali tidak menggunakan pupuk urea dan sejenis pupuk anorganik lainnya. Melainkan menggunakan pupuk yang berasal dari tanaman itu sendiri,” paparannya.
Dijelaskannya di samping itu. Keinginan pemda menggarap lahan padi organik dikarenakan adanya kecendrungan para konsumen beras di pasaran sekarang ini sudah mulai melirik beras organik.

“Harga beras organik jauh lebih baik bahkan ada yang mencapai Rp 12 ribu per kg. sehingga petani akan lebih diuntungkan ditambah dengan biaya produksinya tidak begitu besar,” pungkasnya.

Untuk diketahi di OKU Timur sendiri sejauh ini sudah ada produsen beras organik seperti yang dikembangan CV.Alumni Gontor Pengembang Usaha Rakyat (Algopur) yang beralamat di BK 9 Kecamatan Belitang.
Beras organik Algopur ini konon mengandung obat sehingga aman dikonsumsi para penderita diabetes, diare, ginjal dan jantung.
Read Post | komentar

5 Jenis sakit kepala dan cara menatasinya

Monday, 10 May 2010

5 Jenis Sakit Kepala

  • Vaskular
Rasa sakitnya disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah di dalam kepala. Tipe paling populer dari sakit kepala vaskular adalah migrain, yang menurut American Headache Society dialami sekitar 28 juta orang di Amerika. Migrain bisa kambuh, dan jika sedang muncul baru akan sembuh setelah 4-72 jam. Rasa sakitnya antara sedang sampai parah, dengan rasa berdenyut-denyut yang timbul pada satu atau dua sisi kepala. Gejala lain dari migrain adalah mual, muntah, dan sensitif terhadap cahaya atau suara. Sebanyak 3 dari 4 penderita migrain adalah perempuan. Artinya, lebih banyak perempuan yang mengalami migrain daripada pria.

  • Cluster

Sakit kepala jenis ini adalah tipe lain dari sakit kepala vaskular. Namun kebalikan dari migrain, penyakit ini lebih banyak mendera kaum pria. Rasionya enam banding satu, demikian menurut Cluster Headache Support Group. Rasa sakit yang begitu menyiksa, bisa berlangsung selama 15-180 menit. Biasanya terjadi pada satu sisi kepala, di belakang mata, atau pada daerah pelipis. Sakit kepala biasa terjadi pada waktu-waktu tertentu, seringkali saat jam-jam tidur, selama 4-8 minggu.

  • Myogenik
Saat bekerja, Anda pasti sering merasa leher dan pundak Anda kaku. Kadang-kadang diikuti dengan sakit kepala. Sakit kepala jenis ini memang sering dianggap sebagai ketegangan akibat otot-otot yang menegang di leher, pundak, kulit kepala, atau rahang. Pemicunya bukan sekadar cara duduk yang salah, tetapi juga stres, gelisah, atau depresi. Tidak heran bila sakit kepala ini termasuk yang paling umum, dengan intensitas ringan hingga sedang. Pada sebagian orang, rasa sakit juga diikuti dengan menurunnya nafsu makan.

  • Peradangan
Inilah urutan kedua sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan yang menghasilkan peradangan di dalam kepala. Tipe sakit kepala akibat peradangan yang paling umum adalah sakit kepala akibat sinus, yang disebabkan oleh peradangan pada sinus dan diperparah dengan reaksi alergik. Penyebab lain dari sakit kepala jenis ini adalah meningitis, dimana terjadi peradangan dari membran yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang.

  • Traction
Biasanya disebabkan oleh lesi yang menekan struktur dan pembuluh darah di kepala. Tumor metastatik (tumor maligna yang menyebar ke bagian tubuh lain), abses, atau hematoma (pembengkakan lokal yang terisi darah), bisa menyebabkan sakit kepala jenis ini. Rasa sakitnya akan lebih parah pada pagi hari, dan menjadi lebih parah saat pengidapnya batuk, buang air kecil, atau mengejan

Cara mengatasinya

  • Botox
Obat satu ini mungkin terkenal sebagai penghilang kerut, namun ternyata toksin ajaib tersebut juga manjur untuk meredakan sakit kepala. “Botox bisa membuat otot yang sedang berkontraksi akibat sakit kepala menjadi rileks,” ujar Traci Purath, MD, selaku pimpinan medis di Comprehensive Headache Care, di Wheaton Franciscan Medical Group yang berlokasi di Franklin, Wisconsin. “Obat ini memblokir saraf sensorik yang mengirimkan pesan rasa sakit ke otak, dan dapat meredakan tegangan di dahi serta leher belakang,” tambah Traci. Sekitar 8 suntikan, yang rasanya hanya seperti cocokan peniti, cukup untuk meredakan rasa sakit di kepala. Efeknya memang baru terasa sekitar 8-10 hari setelah penyuntikan. Perawatan ini memang direkomendasikan, namun tidak boleh lebih dari 3 bulan.
  • Akupuntur
Teknik tusuk jarum ini diakui bisa meredakan sakit kepala. Jarum-jarumnya ditusukkan pada bagian yang sakit, biasanya seperti leher, dahi, dan pipi. Bagi Anda yang takut jarum tidak perlu khawatir karena jarumnya sangat kecil sehingga kemungkinan tak bakal bisa dirasakan. Perawatan ini bisa membuat penderita merasakan rileks. Biasanya hasil maksimalnya bisa dirasakan selama beberapa bulan hingga setahun.

  • Air
Ini satu lagi alasan mengapa Anda dianjurkan minum 8 gelas sehari. Dehidrasi merupakan salah satu penyebab terbesar timbulnya sakit kepala. “Saat tubuh tidak mendapat cukup air, maka tubuh mulai menyimpan cairan yang sudah ada dan memberi sinyal ‘kehausan’, di antaranya lewat sakit kepala atau migrain,” ujar Tracy. Berita baiknya adalah dengan minum, Anda bisa merasa sedikit lebih baik. Jadi, agar kondisi tubuh tetap seimbang dan terjaga, maka minumlah 8-10 gelas air setiap harinya. Namun, jangan berlebihan juga, karena cairan berlebih dalam tubuh bisa mengurangi kadar elektrolit dan sodium dalam tubuh.

  • Makanan ringan
Anda baru pulang dari kantor, dan kepala Anda terasa seperti habis ditinju. Anda baru sadar bahwa sudah berjam-jam lamanya Anda tidak mengisi perut hari itu. Saat tubuh tidak mendapat masukan makanan, tingkat gula darah menjadi labil, sehingga menyebabkan timbulnya sakit kepala. Ini merupakan cara tubuh untuk mengatakan, “Beri aku makan. Aku kelaparan!” Ambillah makanan kecil seperti apel, misalnya, untuk meredakan sakit kepala dan membawa tingkat gula darah Anda kembali normal. Tolak godaan untuk mencomot permen, karena kandungan gulanya bisa mengagetkan dan malah mengacaukan kadar gula Anda.

  • Kafein

Selain bisa membuat mata ngantuk agar tetap melek, ternyata kopi memiliki keuntungan lain, yaitu kandungan kafeinnya bisa mengontrol rasa sakit kepala. Selain itu, kafein juga bisa mempermudah penyerapan obat migrain. Tak hanya itu, kafein juga mampu mengekang serangan sakit kepala dengan menarik/ mengerutkan pembuluh darah. Namun, meski begitu, bagi beberapa orang, kafein justru malah bisa menimbulkan sakit kepala. Jadi konsumsi dengan hati-hati

  • Tidur
Menyempatkan diri untuk tidur selama 8 jam mungkin kedengaran langka, apalagi bila Anda tergolong sibuk. Bagaimana pun juga, tidur terlalu banyak atau sedikit bisa menimbulkan sakit kepala. Tubuh manusia memerlukan waktu setidaknya 7 jam untuk mengisi ulang hingga kembali segar, dan sakit kepala pun bisa hilang karenanya. Cobalah untuk tidur dan bangun pada jam yang sama tiap hari.

  • Menulis
Anda bisa menuangkan segala beban pikiran melalui tulisan. Terlalu banyak berpikir bisa membuat kepala menjadi sakit, sehingga dengan menuangkan beban tersebut dalam sebuah kertas dipercaya dapat membuat beban di kepala menjadi enteng.




Read Post | komentar

Jalan Protokol Steril Atibut Kampanye

Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) OKU Timur akhirnya memutuskan tiga lokasi yang dilarang pemasangan alat peraga atau atribut kampanye calon bupati dan wakil bupati OKU Timur yang akan berlangsung 5 Juni 2010 mendatang.

Ketika dibincangi wartawan disela-sela Rapat Koordinasi (Rakor) tentang pemasangan alat peraga kampanye, yang dihadiri anggota KPUD, Timses kedua pasangan calon HDC dan SALMAN, Kesbanglinmas dan Sat Pol PP OKUT, Senin (10/5).

Ketua Panwaslu OKU Timur Hartono menyebutkan, hasil rakor kali ini memutuskan tiga kesepakatan larangan dipasang alat peraga kampanye yakni taman Kota Martapura, sepanjang Jalan Merdeka, sekitar lingungan tempat ibadah dan di sekitar lingkungan gedung pendidikan atau sekolah dan gedung pasilitas milik pemerintah lainnya.

“Jika ada tanda gambar yang terpasang di titik yang telah dilarang itu, petugas Sat Pol PP siap menurunkannya,” ungkap Hartono.

Lebih lanjut dia mengharapkan kedua tim sukses pasangan calon untuk mengindahkan larangan tersebut. Dengan tujuan untuk menjadikan pelaksanaan Pemilukada di OKU Timur yang lebih bermartabat.

“Pasanglah alat peraga itu dengan cara tertib sehingga tidak merusak keindahan kota,” harapnya.

Dia menyebutkan jika memasang alat peraga digedung milik swasta harus ada izin dari pemilik gedung itu sesuai dengan UU Nomor 32 Tahun 2004 Pasal 77 ayat 7 yakni memasang alat peraga di lokasi gedung milik swasta harus seizin pemilik gedung.

Sementara itu menurut anggota KPUD OKUT, Eko Purniawan, SPd yang juga sebagai ketua Pokja Kampanye menegaskan, sesuai dengan tahapan Pemilukada yang telah disusun. Jadwal masa kampanye akan dilakukan
tanggal 19 Mei sampai dengan 1 Juni 2010.

”Lokasi kampanye terbuka telah ditetapkan tiga lokasi yakni lapangan bola Tebat Sari Kelurahan Dusun Martapura, lapangan Sido Makmur dan lapangan Trimoharjo,” katanya.
Read Post | komentar

Petani Karet Terancam Merugi

Para petani keret di sejumlah wilayah di Kabupaten OKU Timur dalam sepekan terakhir menderita kerugian yang cukup besar. Pasalnya harga jual getah karet didaerah ini turun secara drastis jika dibanding dua pekan sebelumnya.

Menurut Nudin (41) warga Desa Jaya Mulya Kecamatan Semendawai Suku III ketika dibincangi, Senin (10/5) menyebutkan pada umumnya harga jual getah karet di OKU Timur mengalami penurunan hingga 25 persen lebih jika sebelumnya Rp 12 ribu/kg kini hannya dihargai Rp 9 ribu/kg.

“Jika kondisi harga tetap seperti ini, jelas kami akan mengalami kerugian yang besar, karena biaya perawatan dan biaya pupuk mahal,” ungkapnya.

Nudin menambahkan jika harga normal Rp 12 ribu per kg beberapa waktu lalu dirinya mendapatkan penghasilan mencapai Rp 4 juta per hektar. Tapi kalau harga yang berlaku seperti sekarang ini tetap bertahan dibawah angka Rp 10 ribu dirinya khawatir penghasilan seperti itu tidak ditemuinya lagi.

“Mudah-mudahan saja harga akan segera membaik lagi,” harapnya.

Sementara itu, Toyo (34) warga Desa Jaya Bakti Kecamatan Madang Suku mengungkapkan, warga sekitar menganggap penyebab anjloknya harga getah karet sekarang ini akibat dari adanya wacana mundurnya Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Dulu harga karet turun karena krisis global. Sekarang ini kemungkinan karena mundurnya Sri Mulyano,” ucapnya singkat.

Asisten II Setda Pemkab OKU Timur Rivai Raila ketika dikonfirmasi mengaharapkan para petani karet di OKU Timur untuk tidak terlalu risau dan panik menghadapi kondisi ini. Sebab menurutnya harga komoditi hasil perkebunan kerap berpluktuasi.

”Kita berharap harga karet ini akan kembali membaik, karena itu petani diminta untuk tetap beraktifitas seperti biasa,” pungkasnya.
Read Post | komentar

Batas Enam Desa Belum Jelas

Permasalahan batas desa yang tidak jelas kerapkali menjadi konflik antar warga. Karena itu anggota DPRD OKU Timur yang tergabung dalam panitia khusus (Pansus) II meminta pihak eksekutitf segera memperjelas batas wilayah desa itu.

Hal ini terungkap dalam Paripurna DPRD OKU Timur dalam rangka membahas Laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan Bupati OKUT Priode 2005-2010. Di gedung DPRD OKU Timur, Senin (10/5).

“Setidaknya enam desa yang perbatasannya hingga kini belum jelas, yang jika dibiarkan berlarut-larut dikhawatirkan akan menjadi konflik antara desa yang bertetangga itu,” ungkap Fenus Antonius, selaku juru bicara Pansus dua yang menyampaikan hasil kerja pansus dua.

Dikatakan, enam desa bertetangga yang perlu segera dituntaskan masalah batas desanya itu meliputi Desa Sriguna, Kecamatan Belitang Mulya dengan Desa Karang Sari Kecamatan Belitang III. Menyusul batas Desa Pengandonan dan Desa Tekorejo Kecamatan Buay Madang Timur.

Batas Desa Muncak Kabau, Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja dengan Desa Negeri Pakuan Kecamatan Buay Pemuka Peliung.

Perbatasan Desa Nusamaju dan Desa Karyamaju Kecamatan Belitang III. Desa Tumijaya, Kecamatan Jayapura dengan Desa Pracak Kecamatan Bunga Mayang dan batas Desa Tumijaya Kecamatan Jayapura dengan Desa Kota Baru Selatan, Kecamatan Martapura.

“Selain masalah batas desa yang perlu diperjelas juga masih adanya temuan di kalangan aparat desa banyak yang belum paham dengan keberadaan Perda yang mengatur tentang desa-desa pemekaran itu,” imbuhnya.

Pansus dua ini menilai program pelaksanaan alokasi dana desa (ADD) diupayakan pelaksanaannya dapat dipertangungjawabkan.
Read Post | komentar

Jalan Amblas Tambah Melebar

Sunday, 9 May 2010

Badan jalan provinsi melalui jalur Komering semakin mengkhawatiran. Pada titik tertentu, jalan amblas hingga memakan sebagian badan jalan. Seperti yang terjadi di kawasan Desa Mendayun Kecamatan Madang Suku I, Kabupaten OKU Timur. Poros jalan di sana mengecil akibat amblas tergerus Sungai Komering.

Pantauan di lapangan, Minggu (9/5), sebagian badan jalan provinsi tersebut sudah tidak terlihat utuh lagi, karena hampir 10 meter memanjang badan jalan itu sudah amblas ke dasar sungai

dengan kedalaman mencapai lima meter lebih. Sedangkan bagian badan jalan yang masih tersisa terlihat mulai retak, dan berpotensi amblas hingga memutuskan jalan provinsi melalui jalur Komering itu.

Sebagai tanda peringatan bagi pengendara yang akan melintas, warga di sekitar dengan sukarela memasang rambu berupa tulisan yang mengingatkan agar pengedara kendaraan berhati-hati.

“Jika tidak segera dibangun bronjong atau penahan gerusan sungai, jalan provinsi ini bukan tidak mungkin akan terputus akibat dihantam derasnya arus Sungai Komering,” ucap Lekat, pengemudi angkutan umum yang melintas di lokasi jalan amblas itu.

Hal senada diungkapkan Ratih, warga sekitar. Menurutnya tanda-tanda kerusakan jalan ini terjadi sejak musim hujan lalu. Namun karena tidak ada langkah antisipasi dari pihak terkait, akhirnya terjadi kerusakan yang parah seperti ini.

“Pemkab OKU Timur hanya menyampaikan laporan saja. Sedangkan perbaikan jalan atau pemasangan talud dan sejenisnya itu adalah wewenang Pemprov Sumsel,” kata Asisten II Pemkab OKU Timur, Drs Rivai Raila.sripo
Read Post | komentar

H-1 Semua Logistik Harus Suda Tiba Di TPS

Friday, 7 May 2010

Semua logistik Pemilukada Kabupaten OKU Timur harus sudah sampai di tempat pemunguntan suara (TPS) pada H -1 atau 4 Juni 2010.

Demikian diungkapkan Rialdi selaku anggota KPUD OKUT sebagai Divisi Logistik Pemilukada OKU Timur 2010.

“Logistik berupa kartu pilih, surat suara, formulir, bilik, kota suara dan tinta sidik jari itu harus sudah tiba di TPS sehari sebelum hari pencoblosan,” ungkapnya di Martapura Jumat, (7/5).

Menurutnya berdasarkan jadwal tahapan Pemilukada OKU Timur yang telah disusun seluruh logistik pada 15 Mei 2010 harus sudah tiba di secretariat KPUD karena untuk logistic berupa kertas suara masih harus dilakukan pelipatan dan penyortiran dan dihitung sesuai dengan jumlah mata pilih per TPS sebelum didistrubusikan.

“Jumlah kertas suara itu sama dengan jumlah DPT ditambah dengan 2,5 persen sebagai cadangan,” terangnya.

Dia menyebutkan untu kotak suara dan bilik suara ditargetkan sudah tiba di masing-masing kecamatan (PPK) pada tanggal yang sama yakni 15 Mei 2010.

“Agar losistik itu sampai sesuai dengan jadwal, maka akan dilakukan pengawalan penuh dengan berkoordinasi dengan pihak kepolisian," terangnya.

Ketika disinggung mengenai kendala yang dihadapi ketika menyiapkan logistic Pemilukada. Rialdi mengaku sama sekali belum mendapatan kendala berarti sebab pencetakan kertas suara telah dipercayakan pada pihak ketiga untuk mencetaknya di | Jakarta, sedangkan kartu pilih dilakukan pencetakan

di Palembang. Sementara khusus formulir dicetak di Lampung.

“Tinta sidik jari sebagian sudah tiba di KPUD OKU TImur yang jumlahnya jumlahnya sama dengan jumlah TPS yakni 1.363 dikali dua,” imbuhnya.
Read Post | komentar

Penyerapan Dana Pilkada Rp 4,6 Miliar

Thursday, 6 May 2010

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur merilis hingga minggu pertama bulan Mei 2010 ini anggaran yang diperuntukan sebagai dana Pemilukada baru terserap Rp 4,6 miliar dari total anggaran Rp 17,5 miliar.

Menurut Sekretaris KPUD OKUT, Ir Agus Darwa pada wartawan,Kamis (6/5) secara umum, pengurusan mapun ketersediaan anggaran tidak menjadi masalah. Namun ada beberapa item tertentu yang harus melalui administrasi di Pemkab OKUT mengingat penggunaan dana tersebut sifatnya talangan.

“Item penggunaan anggaran yang sifatnya harus kontrak dengan pihak ketiga maka prosesnya administrasi pembayarannya dikembalikan ke Pemkab,” terangnya.

Dia menyebutkan dari Rp 17,5 miliar dana yang dianggarkan untuk pembiayaan proses Pemilukada di OKU Timur sebanyak Rp 12,4 miliar diperuntukan sebagai biaya belanja pegawai. Sedangkan siasanya biaya operasional pengadaan kelengkapan Pemilukada.

“Belum maksimlanya penggunaan anggaran di KPUD OKU Timur itu dilatar belakangi oleh kondisi tahapan Pemilukada yang belum mencapai tahap akhir,” ucapnya.

Lebih lanjut Agus menyebutkan kalaupun ada proses pembayaran yang belum dibayarkan hingga memakan waktu lebih lama. Dikarenakan masalah tertib administrasi jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.
Read Post | komentar

Perlu Perda Penangkapan Ikan

Keberadaan sungai Komering bukan saja sebagai sumber pengairan bagi ribuan sawah irigasi di Kabupaten OKU Timur. Melainkan, sungai Komering juga memberikan manfaat lain bagi warga di daerah ini salah satunya memiliki habitat beragam jenis ikan.

Dua minggu terakhir merupakan masa panen ikan bagi warga yang tinggal di sekitar aliran sungai terbesar di OKU Timur tersebut. Masa panen ikan sungai ini disebut warga sekitar dengan istilah ikan mudik.

Namun berdasarkan pengakuan sejumlah warga, Kamis (6/5) masa panen ikan di sungai Komering dalam dua tahun terakhir tidak semarak beberapa tahun sebelumnya. Hal ini salah satunya diakibatkan sudah berkurangnya jumlah ikan di sungai Komering akibat tidak ada upaya pelestarian dari pihak terkait.

Dilain pihak sepanjang tahun ikan disungai Komering tersebut selalu ditangkapi warga baik dengan cara dipancing, dijaring, dipanah bahkan ada segelintir oknum yang melakukan tindakan terlarang yakni menebar racun terutama saat kondisi debit air sungai sedang turun yakni di musim kemarau.

“Kalau dulu ikan yang hidup disungi Komering ini ada yang besarnya mencapai 50 kg satu ekor, sekarang mungkin tidak ada lagi,” ungkap seorang warga Desa Perjaya Kecamatan Martapura.

Penuturan yang serupa juga diungkapkan, Yadi warga lainnya.

“Dulu banyak jenis ikan yang berhasil ditangkap ada seluang, baung, dalom, patin dan banyak masih banyak lagi,” paparanya.

Yadi berharap agar pemerintah daerah memberikan perhatian khusus agar kelangsungan habitat ikan di sungai komering dapat lestari.

Sementara itu Camat Cempaka Eduar Basir ketika dihubungi menegaskan, sebagai daerah paling hilir dari sungai Komering mengharapkan agar ada payung hukum berupa pertaturan daerah (Perda) tersendiri yang mengatur tentang larangan menangkap ikan di sungai dengan menggunakan alat berupa setrum,putas atau bahan peledak. Jika perlu menurutnya para pelakunya diganjar dengan hukuman penjara.

“Hingga saat ini masih ada ikan patin yang beratnya mencapai 30 Kg di sungai Komering Desa Cempaka ini, karena itu kita mengharapkan adanya upaya pelestarian ikan di sungai Komering agar tetap lestari, ” pungkasnya.
Read Post | komentar

288 Pengawas Lapangan Dikerahkan

Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) OKU Timur mengerahkan sebanyak 288 orang pengawas pemilu lapangan (PPL) guna mengawasi kalau ada terjadinya pelanggaran menjelang pelaksanaan Pemilukada 5 Juni 2010 mendatang.

Menurut Hartono,Spd selaku Ketua Panwaslu Kabupaten OKUT, Kamis (6/5), sebagai lembaga pengawas sudah seharusnya Panwas melakukan fungsinya agar proses demokrasi yang akan berjalan menjelang hari H pencoblosan 5 Juni 2010 nanti dapat berjalan dengan lancar.

“Petugas yang akan kita terjunkan untuk memantau jalannya proses demokrasi di OKU Timur kali ini sebanyak 288 orang PPL serta 60 orang petugas dari Panwas kecamatan dengan masa tugas selama 2 bulan” tegasnya.

Hartono mengharapkan, tugas dan fungsi PPL di lapangan nantinya akan benar-benar mampu mengawal proses demokrasi di OKU Timur secara adil, bijaksana dan tegas untuk terciptanya Pemilukada yang berkualiatas dan bermartabat.

“Pengawas pemilu lapangan (PPL) akan dilantik oleh panwas dimasing-masing kecamatan sesuai dengan undang-undang No 22 tahun 2007 tentang penyelenggara pemilu pasal 96,” paparnya.

Dia menanbahkan, sukes tidaknya pelaksanaan Pemilukada di OKU Timur tidak terlepas dari peran mayarakat karena itu. Dirinya mengharapkan semua elemen untuk merapatkan barisan menjaga etika dan norma menjelang dan pasca hari pemilihan 5 Juni 2010 nanti.
Read Post | komentar

Setelah Dilantik KPPS Ikuti Bimtek

Wednesday, 5 May 2010

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) OKU Timur mulai mellantik anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan dilakukan secara maraton di 20 kecamatan. Setelah dilantik KPPS tersebut diberikam bimbingan teknis (Bimtek) mengenai prosedur pencomblosan di TP.

“Para anggota KPPS yang dilantik itu merupakan hasil rekrutmen PPK dan PPS yang jumlahnya sesuai dengan jumlah TPS dimasing-masing desa,” ungkap Anggota KPUD OKU Timur, Nardianto, SS, Rabu (5/5).

Menurut Nardinato, jumlah KPPS yang telah dibentuk di Kabupaten OKU Timur untuk mensukseskan jalannya pelaksanaan Pemilukada 5 Juni 2010 yang akan datang itu sama dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang di OKU Timur yakni 1.363 KPPS.

“Dalam bimtek nanti kita akan jelaskan cara pelaksanaan proses pencoblosan di tingkat TPS mulai dari alat yang harus disiapkan hingga proses penghitungan,” tambahnya.

Nardianto yakin pelaksanaan Pemilukada di OKU Timur akan berjalan dengan lancar mengingat mereka yang duduk di KPPS tersebut biasanya orang yang selama ini sudah bepengalaman dan terlibat langsung pada waktu Pilpres, Pileg dan Pilgub tahun 2009 lalu.
Read Post | komentar

Bantuan Hukum Gratis

Tuesday, 4 May 2010

BAGI warga masyarakat Kabupaten OKU Timur yang membutuhkan bantuan perlindungan hukum, tidak perlu pusing lagi. Pasalnya Pemkab OKU Timur menyediakan bantuan hukum gratis. “Pemkab bekerjasama dengan Advokat Edison Dahlan SH dan rekan, dan telah menandatangani MoU,” kata Edison Dahlan SH, Selasa (4/5).

Menurutnya, kerjasama bantuan hukum gratis yang digagas Bupati OKU Timur, H Herman Deru itu, tidak lain untuk memberikan kepastian hukum bagi warga yang tersandung dengan perkara hukum.

“Bagi masyarakat ekonomi lemah yang membutuhkan bantuan hukum dapat menghubungi nomor ponsel 08153886616 atau datang ke Bagian Hukum Pemkab OKU Timur dengan membawa kelengkapan berkas yang diperlukan,” katanya.

Sementara itu Bupati OKU Timur, H Herman Deru, SH, MM ketika dihubungi menjelaskan, bantuan hukum bagi warga kurang mampu itu sudah menjadi program kerjanya, dengan tujuan untuk memberikan perlindungan khusus bagi warga yang tersandung masalah hukum baik dalam perkara pidana, perdata, dan tata usaha negara.

“Warga tidak perlu lagi menyewa pengacara jika ada kasus yang harus diselesaikan di tingkat pengadilan. Karena Pemkab OKUT sudah menyediakan, dengan catatan yang bersangkutan benar-benar warga OKU Timur yang dibuktikan dengan kartu identitas diri, dan berasal dari keluarga kurang mampu,” ucap Herman Deru. sripo
Read Post | komentar

Cawabup Wajib Sampaikan Misi Visi

Hari pertama masa kampanye terbuka 19 Mei 2010 mendatang, dua pasangan calon kepala daerah bupati dan wakil bupati OKU Timur wajib menyampaikan misi visi di hadapan anggota DPRD dalam rapat paripurnya.
Menurut anggota KPUD OKUT, Eko Purniawan, SPd yang juga Ketua Pokja Kampanye,Selasa (4/5) sesuai tahapan pemilukada yang telah disusun jadwal masa kampanye akan dilakukan tanggal 19 Mei sampai dengan 1 Juni 2010.

"Pada 19 Mei pasangan calon menyampaikan misi visi di hadapan paripurna," ujarnya di sela-sela rapat koordinasi dengan kedua timses pasangan calon di sekretariat KPUD OKUT.

Selanjutnya 20 Mei hingga tanggal 1Juni dilakukan kampanye terbuka dengan tiga lokasi yang telah ditentukan yakni lapangan bola Tebat Sari, Kelurahan Dusun Martapura, lapangan Sido Makmur dan lapangan Trimoharjo.

"Di masing-masing lapangan tersebut kedua kandidat pasangan calon mendapat giliran empat kali pertemuan," imbuhnya.

Masih menurut Eko, pada tanggal 2-4 Juni 2010 merupakan masa tenang.

"Pada masa tenang itu semua timses pasangan calon tidak lagi diperkenankan melakukan kegiatan yang berisikan kampanye, begitupun semua atribut kampanye juga harus dibersihkan," paparnya.

Sementara itu Ir Juniah selaku Ketua Tim Pemenangan pasangan Marsyal Rustam Wahab-Rustaman (SALMAN), mengaku akan memanfaatkan masa kampanye itu sebaik mungkin guna mencari simpati dari masyarakat OKUT.

Hal yang sama juga diungkapkan perwakilan parpol pengusung pasangan H Herman Deru- Kholid Mawardi (HDC) mengaku akan mesinerjikan kekuatan parpol pengusung untuk kemenangan calon incumbent HDC untuk kembali memimpin OKUT lima tahun mendatang.
Read Post | komentar

PEMBANGUNAN TRANSMIGRASI PERCEPAT PEMBANGUNAN DAERAH

Monday, 3 May 2010

Belitang, OKU Timur, Sumsel, 3/5/2010 (Kominfo-Newsroom) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar mengatakan, pemerintah terus menerus berusaha agar pembangunan transmigrasi sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk mempercepat proses pembangunan di daerah yang bisa dilaksanakan dengan baik dan cepat.

“Pemerintah, dalam hal ini Kemnakertrans RI berkomitmen untuk terus menumbuhkan kembali dan berusaha agar pembangunan transmigrasi dapat mempercepat proses pembangunan daerah dan dilaksanakan dengan secepat-cepatnya dan sebaik-baiknya,” kata Muhaimin saat melakukan kunjungan kerja ke KTM Belitang, OKU Timur, Sumsel, Senin (3/5).
Menurutnya, pembangunan dan pengembangan permukiman transmigrasi kota terpadu mandiri (KTM) ke depannya harus berbasis kawasan.
“Sehingga pemberdayaan masyarakat transmigrasi tidak lagi bersifat eksklusif bagi transmigran, melainkan inklusif, dengan melibatkan penduduk setempat dan sekitarnya yang juga sebagai penerima manfaat keberadaan KTM ini,” ujarnya.
Oleh karena itu, katanya, penanganan KTM akan melibatkan berbagai sektor, misalnya sektor kehutanan, pertanian, pekerjaan umum, kesehatan, pendidikan, perindustrian, koperasi dan usaha kecil menengah, pertanahan dan sebagainya sebagainya, dalam suatu program terpadu secara bersama-sama.
Menurutnya, satu kesatuan terpadu dan model pembangunan transmigrasi merupakan upaya kita semua dalam lintas-sektoral dan lintas-struktural yang menyatu dalam koordinasi yang produktif,” katanya.
Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi dengan skema KTM-nya menjadi alat untuk mempercepat pembangunan daerah yang sebelumnya berorientasi perdesaan untuk kemudian terintegrasi dengan terwujudnya pusat pertumbuhan baru.
“Dengan tumbuhnya pusat-pusat pertumbuhan baru di KTM ini, dipastikan akan menggerakkan ekonomi lokal dan daerah,” katanya.
Melalui proses pembangunan dan pengembangan serta penataan kembali kawasan-kawasan transmigrasi yang relatif belum berkembang melalui skema KTM, katanya, diyakini dapat menjadi daya tarik bagi masyarakat luas, termasuk dunia usaha, untuk bermukim, berusaha dan menanamkan modalnya di kawasan transmigrasi.
“Program transmigrasi yang dikemas dengan skema KTM di kawasan transmigrasi akan mengintegrasikan semua entitas kehidupan dalam kawasan KTM secara hirarkis dengan memosisikan sebagai Kawasan Perkotaan Baru (KPB) yang terletak di Satuan Permukiman (SP) Utama dalam Satuan Kawasan Pengembangan (SKP) Utama,” katanya.

Pusat KTM

Dikemukakan bahwa pusat KTM dilengkapi berbagai fungsi perkotaan, yang secara sekaligus diarahkan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang tidak jauh berbeda dengan masyarakat perkotaan, misalnya kebutuhan dasar pendidikan, kesehatan, mental spiritual maupun pengembangan usaha ekonomi.
Dalam kunjungan kerjanya ke KTM Belitang, OKU Timur, Muhaimin berkesempatan meninjau perkebunan tebu dan pabrik gula milik PT Laju Perdana Indah (LPI) serta melakukan pemotongan tebu, kemudian menanam bibit karet di lahan usaha warga transmigrasi lokal.
Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin menjelaskan bahwa di Sumsel ada 15 kabupaten/kota, termasuk Kabupaten OKU Timur.
Dari ke-15 kabupaten/kota yang ada, Kabupaten OKU Timur mengalami kemajuan yang pesat karena partisipasi rakyatnya sangat kuat dalam membangun daerah.
“Sejak dulu partisipasi masyarakat untuk membangun daerah luar biasa. OKU Timur maju pesat dan sekarang menjadi penghasil beras nomor dua di Sumsel,” katanya.
Sementara itu di tempat sama Bupati OKU Timur Herman Deru mengatakan, persemian itu diharapkan memberikan dampak positif pada perubahan mendasar dari sikap masyarakat maupun laju pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di segala sektor oleh seluruh lapisan masyarakat kabupaten itu.
“Dengan diresmikannya Gedung Badan Pengelola Gedung Pusat Bisnis Taman dan Tugu serta sarana pendidikan di Pusat Kota Terpadu Mandiri (KTM) Belitang Kabupaten OKU Timur, diharapkan kesejahteraan masyarakat lebih cepat tercapai,” katanya.
Menurutnya, tujuan pembangunan KTM Belitang adalah mempercepat pembangunan berbagai sektor, yaitu industri, perdagangan barang dan jasa, pendidikan dan kesehatan serta menciptakan sentra-sentra bisnis dan argo industri.
“Sehingga mampu menarik investor swasta untuk menumbuhkembangkan kegiatan ekonomi transmigran dan penduduk sekitar. Dengan mengembangkan potensi dan membuka peluang usaha, kesempatan kerja akan meningkat sehingga KTM Belitang akan menjadi embrio kota masa depan dengan sarana dan prasarana memadai,” katanya.
KTM Belitang Kabupaten OKU Timur dicanangkan pada 17 Januari 2007 dengan wilayah seluas 120 hektare yang tersebar di sembilan kecamatan, 142 desa, dengan luas wilayah 117.140,9 ha.
Pada kunjungan kerja di KTM Belitang, Menakertrans menyerahkan bantuan satu paket medical kit, dua unit power tresher, dua paket buku perpustakaan, delapan set peralatan pembuat kue, 20 unit mesin jahit, dan dua set peralatan olahraga, serta bibit karet untuk lahan usaha bagi 25 KK transmigransi lokal.
Read Post | komentar (1)
 
© Copyright OKU Timur News 2011 - 2012 Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by OKU TIMUR NEWS | Published by Education Templates and 4all