Powered by Blogger.

Parpol Berebut Dukung Incumbent

Sunday, 28 February 2010

Meski tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKUTimur sudah dimulai,namun suhu politik di Bumi Sebiduk Sehaluan ini tetap tenang.Kondisi demikian sangat dipengaruhi minimnya calon.

Sejak awal, bakal calon yang menyatakan akan maju dalam pilkada hanya incumbent H Herman Deru dan pasangannya H Kholid Mawardi (HDC).Pasanganinibahkanmerebut dukungan hampir semua partai politik( parpol) yangdudukdiparlemen. Sedangkan lawannya, sempat tersiar kabar ada calon yang maju melalui jalur perseorangan (independen), yaitu Marsyal Rustam Wahab dan Rustaman (Salman).

Namun, hingga batas akhir penyerahan dukungan untuk calon independen, pasangan ini tak muncul ke KPUD. Namun, keduanya terlihat mengambil formulir pendaftaran calon bupati dan wakil bupati di KPUD OKU Timur.Kepada wartawan, Marsyal Rustam Wahab mengklaim dirinya didukung sejumlah parpol, namun dia belum mau menyebutkan parpol dimaksud.

Calon incumbent H Herman Deru kepada Seputar Indonesiamenyatakan, di OKU Timur, justru kesadaran demokrasi cukup tinggi. Setiap orang punya hak ikut ajang demokrasi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah. Minimnya calon yang akan maju, diperkirakan karena pelaku politik yang akan maju telah membaca peluang kemungkinan mereka akan berhasil sangat kecil, dan hanya akan membuang-buang uang, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak maju.

Selain itu,kata dia,mungkin calon yang akan maju juga telah membaca jika incumbent sangat dekat dengan masyarakat, serta tingkat popularitasnya sangat tinggi. Bahkan, berdasarkan hasil survei lembaga independen,popularitas incumbent mencapai 99,5%. “Faktor-faktor ini tentu membuat orang memilih lebih baik tidak maju,” ujar Deru jumawa.

Ketika ditanya visi dan misi, dia bermaksud melanjutkan visi dan misi 2005-2010, yaitu menciptakan OKU Timur aman,dan masyarakat desa merasa hidup di kota. Menurut Deru,berdasarkan hasil survei, zona kantong suara terbesar berada di 20 kecamatan.Tidak ada daerah minoritas, sehingga semua daerah merupakan kantong suara.“Ya,terus terang saja,di OKU Timur, demokrasi itu tidak mati,”ujar dia.

Karena itu,dia membantah jika nanti akan ada calon boneka yang maju pada Pilkada OKU Timur.Sebab, semua yang maju merupakan calon yang diusung parpol, sehingga tentunya pasangan calon yang lain akan berkerja keras untuk bisa memenangkan pilkada. Tentunya, mereka juga sudah mempersiapkan program-program yang menarik simpati masyarakat.

Mengenai dana yang dipergunakan dalam pilkada, Deru berujar, dirinya ingin mencetak rekor nasional dengan menggunakan dana sekecil-kecilnya. Sementara itu, bakal calon bupati Marsyal Rustam Wahab didampingi pasangannya Rustaman kepada Seputar Indonesia belum lama ini,menyatakan,mereka optimistis bisa memenangkan Pilkada OKU Timur yang akan digelar 5 Juni 2010.

“Kita selalu optimis berdasarkan. Perkiraan kita, akan mampu meraup suara sebesar 50% lebih. Pertimbangannya, karena sekarang sudah banyak dukungan yang datang dari berbagai elemen masyarakat,” ungkapnya. Saat ini, sudah ada sekitar empatparpol yangsiapmengusungdan mendukung mereka agar bisa maju dan bertarung pada pesta demokrasi nanti.Dengan dukungan yang datang dari berbagai elemen,tentu menggambarkan jika mereka akan bisa meraih suara terbanyak.

Marsyal mengklaim,basis massa pendukung mereka merata di setiap kecamatan hingga desa. Sehingga tidak ada kategori daerah kantong suara.Pendukung terbesar tentunya hadir dari pelaku dan anggota koperasi,pedagang dan petani. “Sesuai dengan perkerjaan saya selama ini,saya lama berkecimpung dalam bidang koperasi, sehingga otomatis mereka akan mendukung saya,” imbaunya seraya memberikan ilustrasi, jumlah pengurus dan anggota koperasi di OKU Timur mencapai 13.600 orang.

Sedangkan pengusaha industri kecil menengah sebanyak 1.500 orang.“Dari jumlah ini, saya yakin sebagian besar akan memilih, mengingat selama ini, saya sangat dekat sama kelompok ini,”tegasnya. Selain itu, dukungan juga mengalir dari sejumlah organisasi kepemudaan (OKP), organisasi kemasyarakatan (ormas) dan pondok pesantren (ponpes) yang selama ini telah dibina.

Sementara itu, Ketua KPUD OKU Timur Leo Budi Rachmadi menerangkan, berdasarkan surat edaran KPU dan UU No 23/2004 serta revisi UU No 12/2006 tentang Pemerintah Daerah serta Peraturan KPU No 68/2009 tentang Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,dijelaskan,jika tidak memenuhi syarat minimal dua pasang calon, pilkada ditunda maksimal 60 hari, dan selama 30 hari dibuka kembali pendaftaran baru, baik balon dari jalur independen (perorangan) maupun dari parpol.

Namun jika pada pendaftaran kedua hanya ada satu calon,KPUD OKU Timur akan menunggu petunjuk dari KPUD Sumatera Selatan (Sumsel) dan KPU Pusat. Setelah ada petunjuk dari lembaga tersebut, pihaknya baru akan mengambil langkah-langkah kongkrit selanjutnya.

Menurut Leo,jika benar terjadi dua kali penundaan, dikhawatirkan hal itu akan berdampak pada roda pemerintahan, karena pada kondisi itu, jabatan bupati akan diserahkan kepada careteker. Hal ini tentu sangat tidak diinginkan. KPUD sebagai lembaga penyelenggara pilkada sebaiknya mencari langkah-langkah antisipasi dan merevisi tahapan.Sindo


Read Post | komentar

Jalan ke SMU Unggulan Darurat

Poros jalan menuju gedung SMU Negeri 3 Unggulan Martapura, Kabupaten OKU Timur, yang sempat terputus akibat banjir beberapa waktu lalu, kini sudah bisa dilewati kendaraan roda dua dan pejalan kaki. Sedangkan kendaraan roda empat (mobil) belum dizinkan melintas, karena timbunan yang baru itu sifatnya masih darurat.

Murid yang hendak pulang dan pergi sekolah tidak lagi melintasi jalan memuatar,” ungkap Darmin, penjaga SMU 3 Unggulan, Sabtu (27/2).

Hal senada diungkapkan Arief, salah satu siswa di sekolah unggulan itu. Menurutnya, meskipun perbaikan gorong-gorong tidak menyeluruh namun tidak lagi menjadi penghambat siswa untuk pergi sekolah. Sebelum ditimbun secara darurat, kedalaman gorong-gorong itu mencapai enam meter. Untuk melintas siswa terpaksa turun dulu ke bawah.

Kepala Dinas PU Bina Marga OKU Timur, Ir Agus Sunaryo ketika dikonfirmasi mengatakan, putusanya jalan menuju SMU 3 Unggulan karena terjangan air itu sudah diperbaiki. “Itu bukan jalan umum, hanya jalan untuk ke sekolah. Jadi perbaikannya akan dilakukan bertahap, yang penting sekarang lalu lintas murid dan guru tidak terganggu lagi,” tandasnya.sripo




Read Post | komentar

Patung Budha Ditemukan di Sumur

KAYUAGUNG - Khodijah (65) warga Dusun 1 Desa Celikah Kecamatan Kota Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), mendapatkan lima jenis barang antik dari sumur.

Barang antik yang terbuat dari kuningan tersebut, yakni teko air yang diatasnya patung Budha, keris, cambuk, telur naga, dan gelang, kini disimpan Khodijah di dalam lemari kaca
Khodijah didampingi anaknya Eddy Irawan alias Bontet (35) menuturkan, penemuan barang pusaka ini sebetulnya sejak Sabtu (2/1) lalu.

Namun, sebenarnya ia telah mendapatkan petunjuk tersebut melalui mimpi 15 tahun lalu. Ia pun diingatkan agar senantiasi mengikuti ajaran Rasullah.

Sudah lama petunjuk itu. Tapi saya masih takut kalau nanti petunjuk tersebut meminta korban sehingga sedikitpun tidak saya ikuti,” cerita Khodijah yang mengenakan jilbab hijau dan maju lengan panjang kekuningan itu. Kendati demikian, petunjuk tersebut tidak diturutinya, Khodijah

selalu mendapatkan bisikan yang mengatakan agar dirinya mengambil barang-barang pusaka yang di dalam sumur tua tidak jauh dari persawahan yang kerap digarap untuk menanam padi.
Merasa petunjuk yang diterimanya sudah sangat jelas akhirnya Khadijah dibantu oleh anaknya dan

dua orang warga menuju ke areal persawahan yang setiap tahun digarapnya untuk menanam padi. Masih kata Khodijah, pengambilan barang antik tadi, dilakukan sore hari bersama anak dan warga. Kemudian saat berada di lokasi

berdasarkan petunjuk, jemari tangan Khodijah mengaiskan ke dalam air lalu memegang seluruh barang tersebut kecuali keris.

Saya rabakan jemari tangan ke arah sumur yang tidak begitu dalam dan telapak tangan dan jari tersentuh pusaka ini dan saya ambil ternyata memang benar petunjuk tersebut,” akuinya.

Menurut bisikan yang saya terima, barang tersebut tidak boleh dibawa keluar rumah selama tujuh bulan sejak ditemukan, saya tidak tahu mengapa begitu namun menurut pemberi pesan itu masih ada barang lainnya yang harus saya ambil lagi setelah tujuh bulan, ada satu barang yaitu telur naga diminta untuk diletakkan di makam Rasullulah,” tutur Khodijah.

Mengobati Orang Sakit
Diketahuinya, kalau pusaka ini bisa mengobati orang sakit itu, sekitar sebulan dirinya mendapat petunjuk agar melaksanakan pengobatan dengan menggunakan barang antik berupa telur naga yang pada bagian dalamnya berlubang tempat masuk air rendaman bunga.

Saat ini sudah banyak yang datang berobat umumnya mereka berasal dari Kayuagung dan sekitarnya, saya mengobati menggunakan air yang ada di dalam telur naga yang direndam dengan air bunga, air itu diminumkan atau usapkan ke pada pasien,” ujarnya saat ditemui di rumah.

Khadijah mengatakan warga yang datang berobat kemudian kembali ketempatnya, menyatakan penyakit yang dideritanya sudah sembuh. Hal tersebut diakui mantan Kepala Desa Celikah Amin (50), setiap Kamis banyak masyarakat yang berobat ataupun ingin melihat pusaka ditemukan

Khodijah itu dari dekat. “Banyak yang datang untuk berobat mudah-mudahan ini akan menjadikan rizki bagi keluarga Khodijah,” tandas Amin sripo




Read Post | komentar

Jadwalkan Pemeriksaan Kesehatan

Friday, 26 February 2010

Kandidat pasangan bakal calon bupati/wakil bupati (Balonbup/wabup) OKU Timur yang akan bertarung pada Pilkada 5 Juni 2010 mendatang, harus lulus medical check up (tes kesehatan). Pemeriksaan kesehatan ini paling lambat harus sudah selesai dilakukan 13 Maret, karena hasil tes kesehatan ini harus diumumkan 15 Maret.

Jika tidak lulus tes kesehatan, maka calon bersangkutan bisa dinyatakan gugur,” kata anggota KPUD OKU Timur, Nardianto SS, Jumat (26/2).

Menurutnya, sesuai hasil rapat koordinasi lima KPUD kabupaten/kota yang dilaksanakan di KPU Sumsel beberapa waktu lalu, disepakati untuk menunjuk Rumah Sakit Muhammad Hoesin (RSMH) Pelambang sebagai tempat dilakukannya medical check up calon kepala daerah di Sumsel yang akan mengadakan Pilkada 5 Juni 2010.

RSMH Palembang memenuhi syarat untuk menggelar tes kesehatan tersebut,” ucapnya.

Nardianto menambahkan, seluruh biaya tes kesehatan tersebut gratis karena dianggarkan oleh KPUD OKU Timur. Di mana besaran tes kesehatan ini disepakati untuk bakal calon dari pria Rp 4,7 juta, sedangkan wanita Rp 4,9 juta. Pemeriksaan kesehatan ini baru dapat digelar setelah pasangan calon bupati dan wakil bupati menyerahkan berkas pencalonannya ke KPUD OKU Timur.

Jadwal tahapan penyerahan berkas tersebut akan dibuka 7 Maret,” katanya. sripo




Read Post | komentar

Kaum Muslim Diminta tidak Sombong

KH Zainuddin MZ mengajak umat Islam untuk bersikap tidak sombong. "Mari kita belajar tasawuf dari hidup tukang parkir," katanyA pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri ratusan jemaah di Masjid Attaqwa Balai Kota Bogor, Jumat (26/2).

Ia mengatakan, tukang parkir memiliki mobil banyak, namun tidak sombong, sehingga jika mobil tidak ada, juga tidak pernah sedih dan pusing. "Tukang parkir tidak pernah merasa memiliki, tapi mereka merasa dititipi. Sikap inilah yang harus kita contoh," katanya.

Ditegaskannya bahwa barang siapa yang merasa memiliki, maka harus siap dengan kehilangan, tapi kalau merasa dititipi, hendaknya bisa meneladadi hidup seperti tukang parkir. "Semua yang ada pada kita adalah titipan, jadi janganlah sombong. Justru titipan itu harus dijaga dengan baik, sebab kalau tidak, yang menitip akan marah," katanya.

Zainuddin menambahkan, saat ini manusia hidup di abad pencitraan, dimana banyak orang yang bersikap santun namun perbuatannya seperti Firaun. Menurut dia, saat ini sekurangnya ada tiga penyakit yang diderita bangsa Indonesia. Tiga penyakit tersebut adalah kudis, kurap dan kutil, yang sumber penyakitnya berasal dari kuman.

"Kudis adalah kurang disiplin, kurap ialah kurang rapi dan kutil adalah kurang teliti," jelasnya. Sedangkan sumber penyakit kuman, lanjut Zainuddin adalah kurangnya iman.MI


Read Post | komentar

Konsumsi Ikan warga Sumsel Diatas Rata-Rata Nasional

Angka konsumsi ikan masyarakat Sulawesi Selatan (Sulsel) mencapai 44 kilogram (kg)/kapita pertahun atau lebih tinggi dari rata-rata angka konsumsi ikan nasional yang hanya 23-24 kg.

"Tingginya tingkat konsumsi ikan di Sulsel dari nasional didukung oleh produksi ikan tangkap daerah yang mencapai 300 ribu ton pertahun," kata Kepala Dinas Perikanan Sulsel Iskandar di Makassar, Jumat (26/2).

Menurut dia meski rata-rata konsumsi ikan di daerah ini sudah di atas konsumsi ikan secara nasional, diakui untuk daerah pedalaman atau pegunungan tingkat konsumsi ikannya masih dibawah 44 kg/kapita per tahun. Hal itu disebabkan keterbatasan mendapat ikan tangkap karena faktor jarak dan sedikitnya perairan umum seperti sungai atau danau.

Kondisi itu berbeda dengan masyarakat yang berada di wilayah pesisir atau daerah yang mudah memperoleh produksi perikanan laut atau tambak. Misalnya Kota Makassar yang memiliki tingkat konsumsi ikan di atas konsumsi ikan nasional.

Berkaitan dengan itu, kata Iskandar, pada 2010 pemerintah provinsi melalui Dinas Perikanan Sulsel bekerja sama dengan instansi terkait di kabupaten/kota akan mendorong masyarakat meningkat bubidaya perikanan pada 19 kabupaten/kota dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Belasan kabupaten/kota yang menjadi sasaran budidaya perikanan itu di antaranya Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Maros, Pangkep, Luwu Timur dan Gowa. "Ini sesuai dengan penjabaran visi kelautan yang menargetkan Indonesia sebagai produsen ikan utama pada 2015," katanya.

Ia mengatakan kegiatan budidaya perikanan di daerah ini harus dapat mendukung target peningkatan produksi ikan nasional sebanyak 355 persen, dan ikan tangkap enam persen pada periode tersebut.MI


Read Post | komentar

10 cerita cinta paling terkenal di dunia

Thursday, 25 February 2010

1. Shah Jahan dan Arjumand Bann Begum

Shah Jahan dan Arjumand Begum Bann, abad ke17, India. karena kesedihan akibat istri tercintanya meninggal dunia pada umur 39 saat melahirkan anak 14 mereka,ia menugaskan para bawahannya untuk membangun taj mahal agar sang istri dapat selalu dikenangnya. Putranya kemudian memenjarakannya dan dia menghabiskan sisa hidupnya menatap ke luar jendela kamarnya di Taj, sambil merindukan Arjumand.

2. Tristan dan Isolde

Tristan dan Isolde, 12th Century, Inggris, Perancis, Jerman. Cerita ini mengisahkan lika-liku percintaan segitiga antara Tristan-Isolde-King Marke. Kisah yang diangkat dari jaman Medieval ini ternyata merupakan sebuah legenda yang ditulis ama seseorang bernama Thomas pada tahun 1165. cerita tentang seorang ksatria yang melepaskan cinta sejatinya untuk sang raja telah diceritakan dalam banyak bentuk. Meskipun mereka sudah berbeda, mereka tetap setia dan cinta kepada satu sama lain, dan bersatu kembali dalam kematian.

3. Guinevere and Lancelot

cerita perselingkuhan tentang king arthur ,guinevere dan lancelot.cerita ini telah berulang kali difilmkan dan merupakan cerita yang tragis yang berakhir pada kematian lancelot.

nah kira2 agan2 semua suka cerita yang mana?

ato yang dari indonesia ini?

4. Kermit dan Miss Piggy

Kermit dan Miss Piggy, abad ke20, Amerika. miss piggy adalah pusat perhatian semua mahluk di sesame street.Miss piggy cinta berat sama kermit yang sangat kontradiksi sama dirinya… kecil,lemah dan sangat sederhana.Saking sayangnya Miss Piggy sama kermit sampai sering tidak sadar akibat perwujudan rasa sayangnya… dia justru malah menyiksa kermit.

5. Peter Abelard dan Heloise


Petrus Abelard dan Heloise, abad ke12, Perancis. Teolog dan dosen Abelard berusia masih 17 tahun dan merupakan guru dari Heloise . Diam-diam mereka menikah, tapi paman heloise mengetahui dan menyuruhnya dikebiri. namun Terlambat dan mereka sudah punya anak. mereka Dipisahkan oleh keluarga dan gereja, ia masuk biara, ia menjadi seorang biarawan, dan surat-surat cinta mereka masih ada. Mereka dikubur bersama-sama di Paris.

6. Rhett Butler dan Scarlett O’Hara


Cerita klasik karya Margaret Mitchell ini merupakan salah satu cerita paling romantis sepanjang masa. Kisah cinta antara Rhett Butler dan Scarlett O'Hara yang begitu menyentuh, tak lekang waktu, dan tetap melekat di hati setiap penggemarnya.cerita ini begitu rumit tentang cinta segitiga antara rhett,scarlet dan ashley.

7. Cinderella dan Prince Charming


Cinderella dan Pangeran Tampan, 17th Century, Perancis. Berdasarkan legenda Eropa Timur, pola dasar dari cinta romantis adalah untuk mengirim pesan kepada para wanita bahwa jika mata Anda tetap terbuka, suatu hari nanti pangeran yang anda idam2kan Anda akan datang.

8. Robert dan Elizabeth Barrett Browning


Robert dan Elizabeth Barrett Browning, Abad 19, Inggris. Elizabeth Barrett merupakan pujangga pada era Pergerakan Romantis, ia lahir pada tahun 1806 di Coxhoe Hall, Durham, Inggris. Browning dan Barrett, yang enam tahun lebih tua dari Browning, Kisah cinta mereka yang pahit karena tidak mendapat restu dari ayah Barrrett .selain tidak mendapat restu orangtua, meraka juga diuji dengan keadaan Barrett yang menderita kelainan paru-paru akut. Untuk mengurangi rasa sakit yang ia derita, ia harus mengkonsumsi morfin sepanjang hidupnya. Karya Barrett "Sonnets from the portuguesse", ia dedikasikan untuk suaminya dan ditulis secara diam-diam sebelum ia menikah dan diterbitkan pada tahun 1850,merupakan karya yang dibilang bisa menyandingi karya shakespeare.

9. romeo dan juliet


Romeo and Juliet adalah sebuah tragedi karya William Shakespeare,yang berada pada abad ke16. Tragedi ini mengisahkan sepasang mempelai muda yang saling jatuh cinta namun terhalang karena kedua keluarga mereka saling bermusuhan.yang berakhir pada kematian kedua sepasang kekasih yang saling mencintai.kisah cinta ini mungkin paling terkenal di dunia sampai sekarang.

10. Dante Alighieri dan Beatrice


Dante menemukan cinta sejatinya ketika ia baru berumur 9 taon, dan ce pujaannya, Beatrice, baru berumur 8 taon. Cinta Dante pada Beatrice adalah love at first sight. Walaupun demikian, ia dan Beatrice lalu berpisah selama 9 taon, dan bahkan Beatrice akhirnya kimpoi dgn pria lain dalam usia muda, dan Dante juga kimpoi dgn orang laen dlm usia muda.

Itu semua bukan problem bagi Dante. Dante bahkan memberi nama Beatrice utk anak gadisnya. Ketika Beatrice, wanita yg dikaguminya meninggal, Dante sangat terpukul dan memutuskan utk berhenti menulis.

Tetapi Beatrice kemudian muncul dalam mimpinya. Dalam mimpi itu, Beatrice berkata bahwa cinta sejati adalah abadi, tidak bisa diputuskan oleh maut. Dante, dipengaruhi oleh arwah Beatrice, akhirnya sadar bahwa ia punya tugas utk mengajarkan pada orang lain bahwa cinta sejati ala Dante & Beatrice adalah inti kehidupan dunia ini.




Read Post | komentar

Kami Langsung Berkemas

Ratusan kepala keluarga (KK) yang bermukim di Kampung Sawah Kelurahan Pakusengkunyit Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur, Kamis (25/2) terlihat panik. Pasalnya, debit air kembali naik menggenangi rumah mereka.

Pantauan di lapangan, sejak pagi hingga siang kemarin debit air terus masuk ke permukiman warga. Kondisi ini terjadi karena debit air Sungai Komering bertambah diduga akibat adanya hujan deras di bagian hulu atau Kabupaten OKU Selatan.

Mengetahui luapan air kembali masuk ke permukiman, sebagian warga langsung mengemasi barang agar tidak terendam, setelah pada Jumat (19/2) lalu kawasan itu terendam dua hari dengan ketinggian air mencapai 2 meter. “Kami langsung berkemas, jangan sampai seperti banjir kemarin, ketika rumah sudah tergenang baru berkemas,” ungkap Indra, warga Kampung Sawah.

Kondisi serupa juga dilakukan warga di lingkungan Tanjung Aman Kelurahan Pasar Martapura, dan warga Desa Tanjung Kemala. Menurut warga, luapan air masuk ke permukiman warga sekitar pukul 08.00, Kamis (25/2) pagi dan siang harinya ketinggian air sudah sebatas lutut orang dewasa.

Informasinya di Muaradua (OKU Selatan) sudah banjir lagi semalam. Artinya air banjir itu akan sampai juga ke OKU Timur ini,” kata Padil, warga Tanjung Kemala.

Mengantisipasi kemungkinan banjir akan meluas, Pemkab OKU Timur langsung menggelar rapat mendadak di Aula Bina Praja dipimpim Wakil Bupati, HM Cholid Mawardi. sripo




Read Post | komentar

5.000 Ha Sawah Puso

Banjir bandang yang merendam sejumlah wilayah di Kabupaten OKU Timur, sejak Jumat (19/2) lalu sedikitnya menengelamkan 8.359,75 hektare tanaman padi sawah garapan petani dari total areal tanam mencapai 23.380 Ha. Di antaranya 4.909 hektare dipastikan rusak berat dan gagal panen alias puso.

Data dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten OKU Timur, Rabu (24/2), luapan air hingga kini masih merendam ribuan hektare padi di 15 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di OKU Timur. Banjir terparah melanda Kecamatan Madang Suku I dengan merendam sekitar 2.405 hektare padi di 9 desa, di mana 1.530 hektare di antaranya dipastikan puso.

Sedangkan daerah yang paling sedikit tanaman padinya rusak akibat bajir di Kecamatan Belitang III hanya 24,5 hektare dan masih bisa diselamatkan,” kata Kepala Dinas TPH OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno, MSi.

Tubagus berjanji, jika areal yang terendam itu seluruhnya sudah surut akan dilakukan pendataan ulang. Hal ini penting untuk mencari data yang valid seberapa kerugian petani akibat banjir tahunan itu.

Sementara itu Kadis PU Pengairan OKUT, Ir H Aulia Akbar mengatakan, banjir yang melanda sejumlah kawasan di OKU Timur baru lalu merupakan banjir kiriman dari OKU Selatan.

Kita segera mengkaji lebih dalam untuk mencari solusi agar banjir ke depan tidak menimbulan masalah besar bagi warga dan petani daerah ini,” kata Aulia seraya menyebutkan, normalisasi sejumlah anak sungai segera dilaksanakan Tahun 2010 ini. sripo




Read Post | komentar

Tujuh Kecamatan Belum Tebus Raskin

Tujuh kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten OKU Timur hingga akhir Februari 2010 ini yang belum juga melakukan penebusan beras untuk rakyat miskin (Raskin)

Menurut Plh Kasubbag Kesos Setda OKU Timur, Sonpiani,SE, MM di Martapura, Kamis (25/2) menyebutkan tidak mengetahui secara pasti penyebab ketujuh kecamatan ini belum juga melakukan penebusan raskin untuk jatah Januari dan Februari 2010.

“Lambannya penebusan raskin ini dimungkinkan karena penerima raskin di wilayah bersangkutan belum memiliki uang untuk penebusan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia menyebutkan, ke tujuh kecamatan yang belum mebus raskin itu meliputi Kecamatan Bunga Mayang dengan jatah raskin selama 10 bulan mendatang sebannyak 18.615 kg. Selanjutnya Buay Madang Timur jatah raskin sebesar 34. 245 kg. Kecamatan BP Peliung 54. 495 kg, Madang Suku III 14.775 kg, Belitang III 10.800 kg, Belitang Mulya 8.565 kg dan Kecamatan Semendawai Suku III dijatah sebannyak 18.090 kg.

“Kita mengharapkan bagi tujuh kecamatan itu segera melakukan penebusan,” tambahnya.

Dia menyebutkan untuk 13 Kecamatan lainnya sudah melakukan penebusan dan telah disalurkan melalui tim raskin kecamatan masing-masing dengan harga Rp 1.600 /kg dititik distribusi. Sedangkan untuk harga ditiap desa akan berbeda antara desa yang satu dengan yang lainnya disesuaikan jarak tempuh dan ongkos angkut yang dikeluarkan.

“Untuk harga di tingkat desa diputuskan dalam musyawarah desa masing-masing desa,” paparnya.

Lebih lanjut Sonpiani mengatakan pada 2010 ini Kabupaten OKU Timur dijatah raskin sebanyak 5.558280 kilogram yang diperuntukan bagi 35.630 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Jumlah RTS kali ini mengalami penurunan sebesar 12 persen atau terjadi penurunan sebanyak 4.944 RTS jika dibanding dengan RTS tahun 2009 lalu.Sripo


Read Post | komentar

Masih Pakai Gorong-gorong Darurat

Kondisi arus lalu lintas di ruas Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatera pasca amblesnya gorong-gorong di Km 4,5 Desa Kota Baru Kecamatan Martapura Kabupaten OKU Timur, Rabu (10/2) lalu berangsur normal. Tidak ada terlihat kemacetan di lokasi.

Berdasarkan pantauan di sekitar lokasi, Kamis (25/2) terlihat arus lalu lintas dua arah antara Lampung menuju kota Martapura dan sebaliknya berjalan dengan normal. Begitupun dengan kondisi gorong-gorong meskipun sifatnya terpasang dengan kondisi darurat namun terlihat kokoh manpu menahan beban angkutan berang dengan kapasitas muatan mencapai puluhan ton lebih.

Sejumlah awak angkutan yang melintas disekitar tempat itu ketika dimintai tanggapannya mengaku tidak ada masalah dengan perjalanan mereka.

“Sepertinya gorong-gorong itu sudah kuat. Namun alangkah baiknya jika di bangun gorong-gorong permanen,” ungkap Yadi warga Lampung.


Hal yang senada juga diungkapkan warga sekitar yang menjebutkan hampir tidak terlihat lagi antrian kendaran disekitar lokasi.

“Semuanya lancar mas. Tidak ada lagi antrian kendaraan yang melintas di sekitar situ,” ucapnya sambil berlalu.

Sementara itu Kepala Dinas PU Bina Marga OKU Timur Ir Agus Sunaryo ketika dihubungi menegaskan tanggung jawab perbaikan gorong-gorong yang rusak tersebut sepenuhnya tanggung jawab PU Pusat.

“Yang jelas jika ada masalah dengan kondisi jalan negara itu, tugas kita menyampaikan laporan. Selanjutnya masalah perbaikan dan sebagainya menjadi tanggung jawab PU Pusat,” pungkasnya.Sripo


Read Post | komentar

Warga Serahkan Senpi Rakitan

Wednesday, 24 February 2010

Sebanyak tiga pucuk senjata api (enpi) jenis rakitan yang selama ini digaduhi masyarakat diserahkan secara sukarela pada petugas jajaran Polres OKU Timur. Penyerahan senpi rakitan itu dilakukan dalam rangka Operasi Senpi Musi 2010.

Sejauh ini setidaknya sudah ada tiga pucuk senpi rakitan yang telah diserahkan warga pada Polisi melalui para Kepala Desa (kades),” ungkap Kapolres OKU Timur AKBP ML John Mangundap, SH, SIk, melalui Kabag Ops Kompol Gendi Marzanto SH, Rabu (24/2).

Disebutkannya, tiga pucuk senpi yang diserahkan warga itu berupa
jenis laras pendek jenis revolver yang diserahkan warga ke Polsek Buay Madang dan Polsek Madang Suku I. sripo




Read Post | komentar

Partai Golkar Dukung Calon Incumbent

Para calon kepala daerah yang berstatus incumbent (masih menjabat), ternyata mendapat dukungan dari Partai Golkar di Sumsel. Hal tersebut telah diputuskan Partai Golkar terkait masalah dukungan kepada para kepala daerah yang akan bertarung pada Pemilukada 2010.

Wakil Ketua DPD Partai Golkar Sumsel, Wasista Bambang Utoyo mengungkapkan hal tersebut, Rabu (24/2). Menurutnya dukungan itu berdasarkan hasil survei tim independen yang dilakukan oleh partai.

"Kemarin saya mewakili Ketua DPD Golkar Sumsel, sudah bicara dengan Ketua Umum DPP Partai Golkar di Jakarta terkait cabup-cawabup yang kita usung," ujar Wasista.

DPP Partai Golkar kata Wasista, sudah merestui calon incumbent untuk diusung oleh partai berlambang pohon beringin tersebut untuk perebutkan kursi bupatei di lima kabuapten di Provinsi Sumsel.

Untuk di Kabupaten OKU, Golkar jelas Wasista akan mendukung pasangan Julius Nawawi-Kuryana Aziz. Sedangkan untuk OKU Timur pasangan Herman Deru-Cholid Mawardi yang akan diusung.

"Untuk di Ogan Ilir kita usung Mawardi Yahya sebagai cabup. Sedangkan untuk cawabup-nya, ada tiga nama, namun yang terkuat adalah Daud Hasyim. Sementara di OKU Selatan kita mengusung pasangan Muhtadin Serai-dr Herawati Syahrial," jelasnya.

Untuk di Kabupaten Mura, Cabup yang dipastikan akan diusung adalah Ridwan Mukti. Untuk wakilnya, sama seperti OI belum diputuskan oleh DPP Partai Golkar. Namun yang terkuat adalah Hendra Gunawan.

"Kemungkinan besar SK dari DPP, besok (Kamis) baru turun," kata Wasista yang juga kerap disapa Toni.

Menurut Wasista, ada alasan Partai Golkar mendukung calon incumbent. Selain para calon itu mendaftar di Partai Golkar, ternyata hasil survei menunjukan incumbent masih banyak diingini oleh masyarakat untuk memimpin daerah masing-masing.

"Kita tentu ingin menang, hasil survey yang dilakukan lembaga independen menunjukkan calon incumbent mempunyai peluang besar untuk kembali menang," imbuhnya.sripo


Read Post | komentar

5.000 Ha Sawah Puso

Banjir bandang yang merendam sejumlah wilayah di Kabupaten OKU Timur, sejak Jumat (19/2) lalu sedikitnya menengelamkan 8.359,75 hektare tanaman padi sawah garapan petani dari total areal tanam mencapai 23.380 Ha. Di antaranya 4.909 hektare dipastikan rusak berat dan gagal panen alias puso.

Data dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten OKU Timur, Rabu (24/2), luapan air hingga kini masih merendam ribuan hektare padi di 15 kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di OKU Timur. Banjir terparah melanda Kecamatan Madang Suku I dengan merendam sekitar 2.405 hektare padi di 9 desa, di mana 1.530 hektare di antaranya dipastikan puso.

Sedangkan daerah yang paling sedikit tanaman padinya rusak akibat bajir di Kecamatan Belitang III hanya 24,5 hektare dan masih bisa diselamatkan,” kata Kepala Dinas TPH OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno, MSi.

Tubagus berjanji, jika areal yang terendam itu seluruhnya sudah surut akan dilakukan pendataan ulang. Hal ini penting untuk mencari data yang valid seberapa kerugian petani akibat banjir tahunan itu.

Sementara itu Kadis PU Pengairan OKUT, Ir H Aulia Akbar mengatakan, banjir yang melanda sejumlah kawasan di OKU Timur baru lalu merupakan banjir kiriman dari OKU Selatan.

Kita segera mengkaji lebih dalam untuk mencari solusi agar banjir ke depan tidak menimbulan masalah besar bagi warga dan petani daerah ini,” kata Aulia seraya menyebutkan, normalisasi sejumlah anak sungai segera dilaksanakan Tahun 2010 ini.sripo




Read Post | komentar

DPT OKUT Dimutakhirkan

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten OKU Timur menargetkan 3 April 2010 penetapan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada OKUT.

Menurut anggota KPUD OKUT Divisi Sosialisasi dan Matapilih, Zainal Abidin SAg, Rabu (24/2), DPS Pilkada OKUT sebanyak 434.687 pemilih yang telah diplenokan PPS dan PPK beberapa waktu lalu. Selanjutnya akan dilakukan pemutahiran untuk mengetahui adanya DPS tambahan dan pengurangan.

Menurutnya, berdasarkan tahapan Pilkada yang sudah disusun, perbaikan daftar pemilih sementara (DPS) berdasarkan informasi dan masukan masyarakat harus sudah masuk 6 Maret 2010 yang dilaksanakan oleh PPS dan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP).

Selanjutnya penyampaian DPS, Daftar Pemilih Perbaikan, dan DPT ke KPU Kabupaten melalui PPK, dikirim secara elektronik dengan tembusan ke KPU Provinsi dan Pusat. “Sebelum pleno penetapan DPT, warga dapat melihat DPS tertempel di kantor desa atau kelurahan masing-masing,” tandasnya. sripo




Read Post | komentar

Lindungi Pasar Tradisional

Keberadaan pasar modren sejenis Indomaret dan sebagainya akan diperketat perizinannya oleh Pemkab OKU Timur, terutama yang akan didirikan di sekitar pasar tradisional. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kelangsungan pasar tradisional yang sudah ada sejak lama.

Selama pendirian pasar modren itu tidak dekat dengan pasar tradisional, akan kita keluarkan izinnya. Namun jika ada pedagang yang keberatan jelas tidak kita berikan izin,” ucap Bupati OKU Timur, H Herman Deru, SH, MM ketika meninjau 208 lapak los pasar tradisional Martapura, Rabu (24/2).

Sebanyak 208 lapak los pasar tradisional Martapura ini dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) Tahun 2009 dengan alokasi dana Rp 715 juta di atas lahan seluas 4.180 M2.

Herman Deru menyebutkan, keberadaan pasar tradisional tidak bisa dilepaskan dari kehidupan perekonomian masyarakat, mengingat di pasar ini terjadinya interaksi antara pedagang dan pembeli yang ramai dikunjungi semua lapisan masyarakat. “Bagaimana pun juga keberadaan pasar tradisional merupakan bagian dari gerak perekonomian masyarakat,” paparanya.

Deru meminta pedagang untuk bersaing secara sehat, sebab jika tidak pasar tradisional bukan tidak mungkin akan lenyap beralih menjadi pasar modren. “Kita tidak bisa melarang tumbuhnya pasar modren, namun pasar tradisional juga harus dipertahankan,” katanya.

Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) OKU Timur, Ir H Thabroni Noer menyebutkan sejauh ini baru empat pasar modren yang mengantongi izin usaha dari Pemkab.

Yang sudah ada izinnya itu Indomaret tiga unit di Martapura dan satu lagi di Belitang, sedangkan yang lain belum mengajukan perizinan,” tandasnya. sripo




Read Post | komentar

3 April Penetapan DPT

Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur menargetkan 3 April 2010 mendatang sudah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada OKU Timur.
Menurut anggota KPU OKUT, Divisi Sosialisasi dan Matapilih, Zainal Abidin, SAg, Rabu (24/2) DPS Pilkada OKUT sebanyak 434.687 pemilih. Data ini telah diplenokan PPS dan PPK dan dilakukan pemutahiran untuk mengetahui adanya DPS tambahan dan pengurangan. Sesuai tahapan Pilkada diharapkan data daftar pemilih sementara (DPS) harus sudah masuk pada 6 Maret 2010 yang dilaksanakan PPS dan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP).
Selanjutnya penyampaian DPS,Daftar Pemilih Perbaikan, dan DPT disampaikan ke KPU Kabupaten melalui PPK, dikirim secara elektronik dengan tembusan kepada KPU Provinsi dan KPU Pusat.
"Mudah-mudahan sebelum 3 April itu DPT sudah bisa kita tetapkan melalui pleno. Sebelum pleno Penetapan DPT warga dapat melihat DPS yang tertempel di kantor desa atau kelurahan masing-masing," pungkasnya.Sripo


Read Post | komentar

Pemkab Pertetat Izin Pasar Modern

Keberadaan pasar modern sejenis Indomaret dan sebagainya akan diperketat perizinannya oleh Pemerintah Kabupaten OKU Timur. Hal ini di maksudkan untuk menjaga kelangsungan pasar tradisional yang sudah ada sejak lama.

"Selama pendirian pasar modern itu tidak dekat dengan pasar tradisional akan tetap kita keluarkan izinnya.Namun jika ada pedagang yang keberatan jelas tidak akan kita berikan izin," ucap Bupati OKU Timur H Herman Deru, SH,MM ketika meninjau langsung 208 lapak lospasar tradisional Martapura,Rabu (24/2).

Herman Deru menyebutkan, keberadaan pasar tradisional tidak bisa dilepaskan dari kehidupan perekonomian masyarakat mengingat di pasar ini terjadinya interaksi antara pedagang dan pembeli yang ramai dikunjungi semua lapisan masyarakat.

“Bagaimanapun juga keberadaan pasar tradisional merupakan bagian dari gerak perekonomian masyarakat,” paparanya.

Lebih lanjut dia tetap meminta para pedagang untuk bersaing secara sehat sebab jika tidak pasar tradisional bukan tidak mungkin akan lenyap beralih menjadi pasar modren.

“Kita juga tidak bisa juga melarang tumbuhnya pasar modren. Selagi itu dianggap tidak akan mematikan pasar tradisional dan letaknya laik, tetap akan kita dukung,” terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindutrian dan Perdagangan (Kadisprindag) OKU Timur Ir H Thabroni Noer ketika dikonfirmasi menyebutkan dari sekian banyaknya pasar modren yang tumbuh di OKU Timur baru empat diantaranya yang sudah mengantongi izin usaha dari Pemerintah Daerah sedangkan sisanya belum berizin.

“Yang sudah ada izin itu Indomaret sebanyak tiga di Martapura dan satu lagi di Belitang, sedangkan yang lain belum ada izin,” imbuhnya.

Peresmian 208 lapak lospasar tradisional Martapura yang dibangun menggunakan dana alokasi khusus (DAK) tahun 2009 sebesar Rp 715 juta terletak diatas lahan 4.180 meter persegi.Sripo


Read Post | komentar

SALMAN Siap Melawan HDC

Setelah batal mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan (independen), kandidat pasangan bakal calon bupati/wabup OKU Timur 2010-2015, H Marsyal Rustam Wahab, SH dan Rustaman (SALMAN) akhirnya mengambil formulir pendaftaran di KPUD OKU Timur. Duet Salman ini

datang ke KPUD mengendarai Toyota Vios BG 1120 MT, Selasa (23/2) sekitar pukul 10.30. Keduanya diterima Ketua KPUD OKUT, Leo Budirachmadi, SE dan empat anggotanya.

Tentu saja kita optimis, makannya kita hari ini mengambil formulir pendaftaran,” ucap Marsyal yang sebelumnya sebagai salah satu staf ahli Bupati OKU Timur. Hanya saja Marsyal belum memastikan parpol pendukungnya, namun dia secara tersirat menyebutkan ada empat parpol yang telah dilobi.

Berselang dua setengah jam kemudian, tepatnya sekitar pukul 14.00 perwakilan Tim Sukses (Timses) pasangan incumben H Herman Deru-HM Cholid (HDC) yang mengambil formulir pendaftaran. HDC mengutus Nazir Fahrozi mengambil formulir di KPUD.

Pada hari pertama pengambilan formulir, sudah dua kandidat balonbup/wabup yang datang ke KPUD mengambil formulir,” kata Ketua KPUD OKU Timur, Leo Budirachmadi. sripo




Read Post | komentar

Pasangan Incumbent Ambil Formulir

Setelah pasangan H Marsyal Rustam Wahab dan Rustaman (Salman) mengambil formulir cabub-cawabub di Sekretariat KPU OKU Timur sekitar pukul 10.30, Selasa (23/2) siang harinya pukul 14.00 pada hari yang sama perwakilan Tim Sukses (Timses) pasangan incumbent H Herman Deru-HM Cholid (HDC) itu juga mengamil formulir.

Menurut Nazir Fahrozi yang menjadi perwakilan pengambilan formulir pencalonan HDC ini sebagai Bupati dan Wabup OKU Timur yang akan maju kembali pada Pilkada 5 Juni 2010 ketika dihubungi menegaskan dirinya datang ke sekretariat KPU OKU Timur untuk mengambil formulir pencalonan HDC.

“Karena Pak Herman Deru dan Pak Cholid sedang ada tugas dinas maka untuk mengambil formulir di KPU ditugaskan pada saya,” ujarnya.

Sementara itu Ketua KPU OKU Timur , Leo Budirachmadi menjelaskan sesuai dengan tahapan Pilkada yang sudah disusun KPU OKU Timur jadwal pengambilan formulir bagi pasangan bakal calon (Balon) yang akan maju pada Pilkada OKUT sudah dibuka mulai hari ini, Selasa (23/2) dan akan ditutup 13 Maret 2010.

“Mudah-mudahan sebelum 13 Maret 2010 pasangan balon yang telah mengambil formulir itu sudah mengembalikan ke KPU,” imbuhnya.

Lebih lanjut Leo mengakui pada hari pertama pengambilan formulir dibuka sudah ada dua pasangan balon yang memastikan akan maju pada Pilkada OKU Timur. Yakni pasangan H Marsyal Rustam Wahab dan Rustaman. Sedangkan pasangan HDC baru saja mengambil formulir disekretariat melalui tim suksesnya,” demikian Leo Budirachmadi.Sripo


Read Post | komentar

Pasangan Ini Nekat Mesum meski Ada Orangtua

Tuesday, 23 February 2010

Jambi - Seorang pelajar di Kota Jambi berinisial Ha (16) ditangkap polisi karena diduga telah berbuat cabul berdasarkan laporan orangtua korban.

Kepala Polsekta Jambi Timur AKP Romy Agusriansyah melalui Kepala Unit Reskrim Ipda Herdianto, Selasa (23/2/2010), mengatakan bahwa tersangka ditangkap polisi setelah adanya laporan dari Taswin Sodikin selaku orangtua korban, Ris (15), beberapa hari lalu.

Dalam laporannya, orangtua korban membawa hasil visum rumah sakit dan melaporkan kasus ini ke polisi setelah anaknya mengakui bahwa pelaku telah mencabulinya layaknya suami-istri.

Berkat laporan itu, polisi langsung menangkap pelaku di rumahnya di kawasan Kelurahan Selincah, Kecamatan Jambi Timur. Tersangka kini diperiksa polisi.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka yang masih menjalani pemeriksaan ditahan di Polsekta Jambi Timur untuk pemberkasan perkara.

Berdasarkan hasil dari pemeriksaan polisi, kejadian berawal saat keduanya sedang berpacaran di rumah korban. Keduanya rupanya tak mampu mengendalikan diri.

Ha dan Ris pun melakukan hubungan badan, meskipun saat itu orangtua Ris ada di rumah. Perbuatan mereka pun akhirnya diketahui orangtua korban.

Orangtua korban lalu melakukan visum terhadap anaknya untuk membuktikan hal tersebut. Hasil visum menunjukkan bahwa korban telah melakukan hubungan badan.

"Merasa tidak senang dengan hasil tersebut, orangtua korban pun kemudian melapor ke pihak kepolisian," kata Kepala Polsekta Romy.

Tersangka dijerat Pasal 81 dan Pasal 82 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Sementara itu, tersangka dalam pemeriksaan polisi mengaku melakukan hal tersebut dengan dasar suka sama suka.Kompas


Read Post | komentar

Enam Kecamatan Gelap Gulita

Ribuan pelanggan PT PLN (persero) Ranting Martapura di enam kecamatan dalam Kabupaten OKU Timur sejak, Senin (22/2) kemarin harus menerima pil pahit. Pasalnya aliran listrik ke kawasan itu mengalami pemadaman secara total selama satu minggu hingga 27 Februari 2010 mendatang.

Dari data yang berhasil dihimpun di lapangan menyebutkan keenam kecamatan mengalami gelap gulita selama satu pekan itu meliputi Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Buay Madang, Buay Madang Timur, Madang Suku II, Madang Suku II dan Semendawai Suku II.

“Entah mengapa sejak kemarin, Senin (22/2) listrik ke daerah kami mati, hingga hari ini, Selasa (23/2) belum juga menyala,” ungkap Joni Warga Bantan Kecamatan Buay Pemuka Peliung.

Menurutnya akibat dari tidak menyalanya listrik yang dialirkan PT PLN (persero) Ranting Martapura membuat warga harus kembali menggunakan lampu teplok atau petromak sebagai alat penerangan. Selain itu sejumlah alat elektronik sama sekali tidak bisa di gunakan.

“Yang kita khawatirkan kalau malam hari, karena gelap takut terjadi hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan warga lainnya. Menurut Rahmad warga Buay Madang dirinya terpaksa mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli bensin guna bahan bakar mesin genset.

“Pemadaman ini kalau bisa jangan terlalu lama. Sebab jika terus-terusan warga juga yang akan dirugikan,” imbuhnya.

Sementara itu Manager PT PLN (Persero) Cabang Lahat Ranting Martapura, Hormat Lumban Raja ketika dikonfirmasi mengakui telah terjadi ganggungan pada Saluran Kabel Tanah (SKTM) penyulang Baiduri yang lokasinya diperkirakan di ruas Jalan Lintas Sumatera. Sehingga berdampak pada terjadinya pemadaman secara total di enam kecamatan tersebut.

“Titik lokasi gangguan sekarang ini masih dicari. Dan secepatnya akan diperbaiki.Namun, karena perbaikan agak rumit kita meminta maaf pada pelanggan pemadaman terpaksa dilakukan hingga tanggal 27 Februari mendatang,” pungkasnya.Sripo


Read Post | komentar

"Salman" Optimis Raih Suara Mayoritas

Setelah batal mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan atau independent pasangan bakal calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur 2010-2015. Akhirnya H Marsyal Rustam Wahab,SH dan Rustaman ( Salman) mendatangi sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) OKU Timur guna mengambil formulir pencalonan diri mereka melalui jalur Partai Politik (Parpol).

Kedatangan pasangan Salman ini ke secretariat KPU dengan mengendarai mobil jenis Toyota Vios BG 1120 MT, sekitar pukul 10.30, Selasa (23/2) yang disambut langsung Ketua KPU OKUT Leo Budirachmadi, SE serta empat anggota KPU lainnya.

Disela-sela kedatanggannya ke secretariat KPU ini, pasangan ini mengaku optimis akan mendapatkan dukungan suara mayoritas dari masyarakat OKU Timur pada pelaksanaan Pilkada tanggal 5 Juni 2010 mendatang.

“Tentu saja kita optimis makannya kita hari ini mengambil formulir. Ini menunjukan bukti bahwa kita serius dan tidak ingin hanya ikut-ikutan,” ucap Marsyal yang sebelumnya tercatat sebagai staf ahli bidang hukum dan perundang-undangan Bupati OKU Timur H Herman Deru,SH,MM ini.

Lebih lanjut Marsyal menepis anggapan kalau dirinya dan Rustaman adalah boneka politik dari calon incumbent H Herman Deru, SH MM- HM Cholid Mawardi,S.Sos (HDC).

“Silakan saja kalau ada yang beranggapan demikian. Hari ini kita buktikan dengan mengambil formulir di KPU,” imbuhnya.

Ketika disingung Parpol mana saja yang akan menjadi perahu pencalonan mereka, pasangan ini mengungkapkan hasil pendekatan dengan sejumlah Parpol di OKU Timur mereka optimis akan mendapatkan perahu.

“Yang jelas ada empat parpol yang sudah kita dekati. Mudah-mudahan ketika penyerahan formulir nanti ketua partai itu akan ikut serta ke KPU,” pungkasnya tanpa mau merinci parpol yang dimaksud.Sripo


Read Post | komentar

Banjir di OKU Timur Diduga Murni Ulah Manusia

Banjir yang terjadi di kabupaten OKU Timur, mengakibat lebih kurang 2000 Hektar sawah masyarakat terendam banjir, menghanyutkan dua jembatan dan putusnya jalan lintas tengah serta 714 kepala keluarga terpaksa mengungsi.

“Kuat dugaan masalah itu dikarenakan ulah manusia,”kata Edyson warga Martapura pada Buana Sumsel, Senin (22/02/10).

“Mengapa kita perediksi demikian karena debit air yang datang dari hulu prekuensinya meningkat tajam. Sementara Bendungan Irigasi Komering ditutup karena dalam perbaikan, Sehingga air yang datang dari hulu tidak mampu ditampung oleh Sungai Komering, Akibatnya menimbulkan banjir di sepanjang sungai tersebut,” jelas Edyson.

Menurut Edyson semestinya banjir tidak terjadi jika pihak terkait bisa berkordinasi dan tidak mementingkan dirinya masing masing. “Apapun kekeliruan yang terjadi, kita tidak perlu mencari siapa yang salah, yang jelas kini terdapat ribuan warga dipengungsian akibat banjir,” ujarnya.

Ditegaskan Edyson siapa yang paling bertanggung jawab terhadap kerugian yang diakibatkan banjir dan langkah apa yang harus dilakukan terhadap mereka yang mengalami kerugian akibat banjir.

Terpisah Warno salah seorang warga dipengungsian menegaskan “jika ada pihak yang mengatakan ini karena alam, merupakan suatu ucapan yang menyakitkan dan orang tersebut mencerminkan orang yang munafik dan ego.”

Sementara itu Agung yang mengaku dirinya dari pihak kontraktor mengatakan mereka tidak dapat di persalahkan pada musibah banjir ini karena merupakan tanggung jawab dari pihak tekhnis.

“Mereka bertanggung jawab hanya dengan proyek dan ketepatan waktu pengerjaanya. jika pihak pemerintah atau tim tekhnis meminta kami untuk setop dulu bekerja itu tidak masalah dan kami bisa minta perpanjangan waktu pengerjaan,”tegas Agung.

Pihak institusi terkait saat dikonfirmasi Buana Sumsel tidak berada di tempat, ketika di hubungi ponselnya tidak aktif .

Sampai berita ini diturunkan keadaan desa di OKU Timur seperti desa Rasuan, Menanga terlihat banjir dan ketinggian air mencapai 1,5 meter, hingga sebagian jalan yang melalui desa tersebut terendam air.Kabar Indonesia


Read Post | komentar

Pemandu Wisata Digigit Komodo

Marselinus Subanghadir, pemandu wisata di Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2) diterbangkan ke Rumah Sakit Sanglah, Denpasar, karena digigit komodo.

Marselinus digigit komodo saat bertugas di Loh Buaya, Pulau Rinca, kawasan Taman Nasional Komodo, pada Senin (22/2) sekitar pukul 16.30 Wita.

Kepala Taman Nasional Komodo Tamen Sitorus mengatakan binatang itu menggigit kaki kanan Marselinus saat korban saat turun dari tangga di pos jaga. "Ia tidak menyadari di bawah tangga, ada komodo," katanya.

Namun, tambah Tamen, Marselinus berhasil melepaskan diri dan berlari meminta pertolongan kepada rekan-rekannya yang berada di dalam ruang jaga. Akibat gigitan tersebut, Marselinus menderita luka robek sepanjang lima sentimeter (cm).

Luka tersebut memang tidak membahayakan keselamatan jiwa korban. Namun, menurut Tamen, air liur komodo yang masuk ke tubuh manusia mengandung racun berbahaya.

Terkait musibah tersebut, seluruh pemandu wisata dan wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut diminta waspada. Pasalnya, meski komodo terlihat jinak, tetapi hewan itu liar dan berbahaya.

Imbauan itu menurut Dia harus dituruti semua orang yang berkunjung ke komodo guna menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia juga mengungkapkan, dari 19 kasus gigitan komodo terhadap pengunjung dan pemandu wisata selama lima tahun terakhir, lima orang di antara korban tersebut meninggal.MI


Read Post | komentar

Air PDAM Way Komering Berlumpur

Dampak bencana banjir di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur terus dirasakan warga. Air PDAM Way Komering Martapura akhir-akhir ini berlumpur hingga warga kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

Wakil Direktur PDAM Way Komering Martapura OKU Timur Yuzarni mengungkapkan,banjir yang melanda OKU Timur mengakibatkan air yang masuk ke bak penampungan PDAM Way Komering bercampur lumpur, sehingga air menjadi kotor dan lengket.Untuk membersihkannya, dibutuhkan obat lebih banyak. ”Kita terpaksa mengeluarkan biaya operasional lebih besar lagi karena kondisi air selain berlumpur juga lengket, untuk membersihkannya butuh obat,” ujarnya kemarin. Air yang di distribusikan ke pelanggan sudah dalam keadaan bersih karena sudah diberi obat dan tidak ada keluhan dari pelanggan saat didistribusikan.

Sekarang air yang masuk ke bak penampungan masih berlumpur.Tetapi, nanti setelah tidak banjir lagi air bisa bersih kembali dan biaya pengolahan bisa stabil kembali seperti semula. Masyarakat diharapkan untuk bisa memahami kondisi ini karena dalam beberapa hari, pendistribusian air dari PDAM Way Komering sering terlambat. ”Karena waktu untuk membersihkan air bercampur lumpur sedikit lebih lama sehingga pendistribusian air bisa terhambat,” ungkapnya.

Amison, salah seorang warga yang berdomisili di Desa Tanjung Kemala, Martapura, menjelaskan, beberapa hari terakhir, terlebih sejak banjir melanda, air PDAM yang mengalir ke rumah mereka kondisinya keruh dan lengket. ”Benar air PDAM yang mengalir ke rumah kita kondisinya keruh dan lengket sehingga kurang baik untuk dipakai, jadi kita terpaksa membeli air isi ulang untuk keperluan sehari - hari,”katanya. Enam kecamatan dalam wilayah Ogan Komering Ulu (OKU) Timur terancam gelap gulita hingga Sabtu (27/2).Pasalnya, terjadinya gangguan saluran kabel tanah (SKT) Penyulang Baiduri di Jalan Lintas Sumatera.

Berdasarkan data dari pihak PT PLN (Persero) Wilayah S2JB cabang Lahat ranting Martapura,keenam kecamatan yang terkena pemadaman selama satu pekan tersebut yakni Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Kecamatan Buay Madang,Kecamatan Buay Madang Timur, Madang Suku I, Madang Suku II, dan Kecamatan Semendawai Suku II. Usman, salah seorang warga Desa Riang Bandung Ilir,Kecamatan Madang Suku II, mengatakan, sudah sejak beberapa hari terakhir listrik di desanya kerap mati. Akibatnya, situasi desa menjadi gelap gulita.”Yapak listrik di tempat kita padam akibatnya aktivitas kita terganggu,”ujarnya kemarin.

Karena tidak ada pasokan listrik, masyarakat terpaksa menggunakan lampu petromaks sebagai alat penerangan. Bahkan, akibat seringnya pemadaman alat-alat elektronik milik warga rusak. ”Yang menjadi kekhawatiran masyarakat jika pada malam hari listrik padam suasana gelap dan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya. Manjer PT PLN (Persero) cabang Lahat ranting Martapura Hormat Lumban Raja mengungkapkan, terjadi gangguan pada SKT Penyulang Baiduri yang lokasinya diperkirakan di ruas Jalan Lintas Sumatera berakibat pada terjadinya pemadaman secara total di enam kecamatan itu.

”Kini petugas masih mencari titik lokasi gangguan secepatnya akan diperbaiki, tapi karena perbaikan agak rumit kita meminta maaf pada pelanggan pemadaman terpaksa dilakukan hingga 27 Februari 2010,”imbuhnya.Sindo


Read Post | komentar

Pertemuan KPU dan Bawaslu Deadlock

JAKARTA(SI) – Perseteruan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) soal pembentukan Panitia Pengawas (Panwas) Pilkada tidak berhasil diselesaikan kemarin.

Pertemuan kedua lembaga yang difasilitasi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi tersebut berakhir deadlock. “Masih ada sedikit masalah yang mengganjal. Ada 29 daerah yang masih mengganjal antara keduanya. Belum ada jalan keluarnya. Kita minta diselesaikan dalam dua hari. Saya capai juga berunding,” kata Mendagri seusai rapat dengan Bawaslu,KPU,dan Kabareskrim di Gedung Kemendagri, Jakarta, kemarin. Gamawan memaparkan, 29 daerah masih menjadi persoalan karena menurut KPU dari segi waktu masih bisa dilakukan proses seleksi panwas sesuai UU Penyelenggara Pemilu.

Yang menjadi masalah adalah Bawaslu sudah mengeluarkan SK Panwas sementara KPU tetap ngotot meminta SK tersebut dibatalkan. “Bawaslu bersikukuh untuk tidak ditinjau lagi. Bawaslu minta SK itu tak dibatalkan sementara KPU melihat itu tidak sesuai dengan UU karena masih ada waktu,”ungkapnya. Jika hingga dua hari ini tidak terjadi titik temu, pintu terakhirnya adalah menggunakan fatwa Mahkamah Agung (MA). Bahkan, jika tetap tidak ada kesepakatan dalam waktu yang telah disepakati, panwas pilkada akan dipilih DPRD.“Tapi,mudah-mudahan kita tak menggunakan itu,” ujarnya. Seusai pertemuan tersebut,Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary tidak mau memberikan komentar. “Tanyakan sama Mendagri.

Jangan saya yang jawab. Mendagri yang jadi fasilitator,”ujarnya. Sebelumnya,Hafiz sudah mengisyaratkan bahwa pertemuan tersebut bisa deadlock. Hafiz pun mengeluhkanpolemiktersebutkarena tidak kunjung selesai.“Kita harus akui bahwa energi kita banyak terkuras oleh polemik ini,” katanya sebelum pertemuan. Sementara Ketua Bawaslu Nur Hidayat Sardini juga mengeluhkan sikap KPU yang tetap bersikeras dengan sikapnya. Dia bahkan tidak menyangka pertemuan itu berakhir deadlock. Sebab, kata dia, sebenarnya Bawaslu sudah banyak mengalah dengan harapan KPU bisa menerima keputusan Bawaslu yang sudah mengeluarkan 29 SK pengangkatan panwas pilkada.

“Tiba-tiba kokKPU mengajukan angka 29 daerah itu. Kita inginnya tanda tangan, sesuai undangan Mendagri,”katanya. Sebelumnya,KPU dan Bawaslu sudah kompromi soal pembentukan panwas pilkada. Dalam kompromi itu Bawaslu setuju panwas yang diangkat sebelumnya dibatalkan dan akan diangkat menjadi tenaga profesional. Adapun SK pengangkatan panwas pilkada di beberapa daerah yang jabatan kepala daerahnya berakhir setelah 9 Agustus 2010 akan dibatalkan. Melalui keputusan ini, sedikitnya ada 46 daerah yang belum memiliki panwas.

Mendagri Gamawan Fauzi mengatakan,panwas pilkada yang SK pelantikannya dibatalkan oleh Bawaslu akan diangkat menjadi tenaga profesional dalam pilkada di daerah yang bersangkutan.Pembentukan tenaga profesional tersebut dimungkinkan dalam Undang-Undang Pilkada.“Ini merupakan solusi yang tepat menyelesaikan polemik antara Bawaslu dan KPU soal penetapan panwas di daerah,” kata Mendagri dalam sebuah kesempatan di Padang, Sumatra Barat,kemarin.

Pengangkatan panwas yang dibatalkan menjadi tenaga profesional telah disepakati kedua belah pihak karena menjadi alternatif tepat untuk menyelesaikan polemik antara KPU dan Bawaslu.Sindo


Read Post | komentar

Zainudin Gantikan Gumari

Monday, 22 February 2010

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat secara resmi mencopot Gumari dari jabatannya sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten OKU Timur. DPP menunjuk Plt Ketua DPC Partai Demokrat OKU Timur, Zainudin ST terhitung sejak 31 Januari 2010.
Plt Ketua DPC PD OKU Timur, Zainudin ST yang dihubungi wartawan, Senin (22/2) mengatakan, meski Gumari tidak lagi menjabat sebagai ketua DPC namun masih tercatat sebagai kader Partai Demokrat, yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD OKU Timur.

Kecuali jika nantinya proses hukum terkait dengan SPPD fiktif atas nama Gumari terbukti bersalah dan telah memiliki kekuatan hukum tetap. Secara otomatis kita akan melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) atas Gumari sebagai anggota DPRD OKUT,” ucap Zainudin yang juga anggota DPRD Sumsel Dapil V ini.

Zainudin menyebutkan, saat ini dia tengah melakukan konsolidasi kepengurusan Partai Demokrat OKUT mulai dari tingkat PAC hingga DPC. “Dalam surat keputusan DPP ini menginstruksikan agar Plt Ketua DPC PD OKUT segera merevisi struktur kepengurusan PAC dan DPC,” kata Zainuddin seraya menyebutkan, priodesasi kepengurusan PAC dan DPS saat ini akan berakhir Agustus 2010. sripo




Read Post | komentar

Banjir di OKU Timur, Palembang Belum Surut

Jakarta - Banjir di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan akibat luapan air sungai Komering dan hujan belum juga surut. Bahkan banjir telah meluas ke sejumlah desa dalam Kecamatan Madang Suku II.

Meskipun banjir tidak menggenangi rumah, seperti Martapura, namun banjir yang berlangsung sejak Jumat (19/02/2010) kemarin di Madang Suku II ini ketinggiannya mencapai batas lutut orang dewasa.

Banjir ini tentu saja mengganggu mereka yang ingin berangkat kerja dan sekolah. Hampir semua pelajar membuka sepatu, dan baru sampai di sekolah mereka baru akan memakainya.

"Ini banjir yang terparah selama ini," kata Saleh, warga Madang Suku II, Senin (22/02/2010).

Sementara pemerintah Kabupaten OKU Timur menanggapi bencana banjir di daerahnya, akan mendatangkan konsultan khusus penanganan banjir. "Dinas PU Pengairan secepatnya mendatangkan konsultan khusus guna merancang sistem pengendalian banjir di OKU Timur ini," kata Bupati OKU Timur Herman Deru, ketika
menyambangi korban banjir di kampung sawah Kelurahan Pakusengkunyit Kecamatan Martapura OKUT, Minggu (21/02/2010) malam.

Lebih lanjut orang nomor satu di OKU Timur ini berjanji akan memberikan perhatian lebih bagi warga yang rumahnya tenggelam akibat banjir. Bupati menugaskan dinas instansi terkiat untuk terus melakukan pemantauan terhadap kondisi banjir yang saat ini tengah melanda sejumlah wilayah OKU Timur dalam beberapa hari terakhir.

"Posko penanggulangan pengungsi tetap disiagakan demikian juga dengan dapur umum harus selalu siap dengan stok makanan dan minuman bagi yang membutuhkan," paparnya.Detik


Read Post | komentar

Daerah Kebanjiran, DPRD OKU Timur Outbond ke Bandung


Di tengah susahnya masyarakat ditimpa bencana banjir justru puluhan wakil rakyat atau anggota DPRD OKU Timur ramai-ramai pergi luar kota dengan alasan hendak menghadiri kegiatan workshop sekaligus outbond ke Bandung, Jawa Barat yang sudah berangkat, Minggu (21/2) kemarin. Ironinsnya kepergian anggota dewan tersebut dengan mengikut sertakan para istri.

Kepastian berangkatnya para wakil rakyat ini ke Bandung tersebut diakui salah satu anggota DPRD OKU Timur yang enggan disebutkan namanya.

“Dari awal sebenarnya saya sudah tidak setuju, masak di tengah warga dilanda kesusahan. Kita anggota DPRD pergi keluar kota, tolong masalah ini dikonfirmasikan langasung dengan ketua,” ungkap anggota dewan yang meminta namanya tidak disebutkan saat dihubungi via telepon.

Sementara itu anggota DPRD lainnya yang dihubungi membenarkan jika mereka tengah berada di Bandung untuk mengukuti workshop terkait dengan aktivitas anggota legeslatif.

“Direncakanan workshopnya akan berakhir hari Kamis, (25/2) mendatang,” imbuhnya.

Kepergian para anggota DPRD OKU Timur ini mendapatkan kecaman keras dari Amrizal Aroni selaku ketua LSM Indoman, Menurut setidak sepantasnya para wakil rakyat tersebut pegi keluar daerah di saat masyarakat OKU Timur dilanda bencana banjir.

“Para anggota dewan itu sudah seharusnya tanggap dengan kondisi ini warga, janganlah pergi keluar daerah dengan alasan workshop atau apalah yang nantinya hasil yang didapat belum tentu berguna bagi masyarakat banyak,” imbuhnya.

Dia juga mengaku prihatin karena tersiar kabar para anggota DPRD OKU Timur ini pegi ke Bandung dengan mengukutsertakan para istri.

“Jika kepergian mereka membawa serta keluarga jelas hampir dari 50 persen dana dan waktu yang mereka gunakan habis untuk keluarga karena ada yang ingin jalan-jalan dan sebaginya,” imbuhnya.

Menurut Amrizal jika satu anggota dewan mendapatkan SPJ sebesar Rp 4,5 juta sementara jumlah anggota DPRD OKU Timur sebanyak 45 orang sudah Rp 200 juta lebih uang Negara yang dihabiskan dengan hasil yang belum tentu akan dirasakan masyarakat banyak.

“Alangkah baiknya uang tersebut disalurakan bagi korban banjir untuk membeli makanan, minuman atau obat-obatan, lagian kalau memang harus ada penataran bisa datangkan sendiri pematerinya. Saya kira jika hal itu dilakukan akan lebih bermanfaat dan lebih efektif,” pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris DPRD OKU Timur, Mahfus Abbas ketika dikonfirmasi pertelepon yang bersangkutan tidak diangkat.

Ketua DPRD OKU Timurm Beni Defitson,Sip,MM menegaskan, pihaknya tidak pernah menutup mata dengan kesusahan warga OKU Timur yang tertimpa bencana banjir.

“Dari jauh hari kita bersama dengan eksekutif sudah melakukan sejumlah upaya untuk mengatasi banjir ini termasuk nanti penanganan pasca banjir,” pungkasnya sembari mengharapkan agar keberangkatan legeslatif ke Bandung tersebut jangan dibesar-besarkan.Sripo


Read Post | komentar

Banjir Madang Suku II Nyaris Rendam Gedung Sekolah

Banjir di Kabupaten OKU Timur juga dirasakan warga yang bermukim di sejumlah desa dalam Kecamatan Madang Suku II. Meskipun banjir di kawasan ini tidak sempat mengenangi rumah warga seperti yang terjadi di Kota Martapura tetapi ketinggian air mencapai batas lutut orang dewasa itu sempat membuat aktivitas warga menjadi terganggu.

“Banjir ini terjadi sejak hari Jumat (19/2) lalu. Dikarenakan luapan air sungai komering,” ungkap Sahir, Warga Desa Riang Bandung Kecamatan Madang Suku II, Senin (22/2).

Menurutnya banjir yang terjadi kali ini merupakan banjir yang terparah. Sebab dalam lima tahun terakhir banjir tidak pernah mencapai pemukiman warga.

“Luapan banjir kali ini sempat mencapai ketinggian 30 centimeter, untungnya rumah tempat tinggal kebanyakan rumah panggung jadi ridak ada yang mengungsi,” terangnya.

Sementara itu akibat banjir ini membuat repot siswa yang hendak berangkat ke sekolah. Untuk mengatasi agar sepatu tidak basah banyak yang sengaja tidak mengenakan sepatu ketika meninggalkan rumah menuju gedung sekolah terdekat.

“Daripada basah lebih baik sepatu tidak dipakai, nanti sajalah memakainya kalau sudah sampai di sekolah,” ungkap Ratna siswa salah satu SMP Negeri terdekat.

Kondisi yang sama juga dirakan ratusan murid sekolah dasar (SD) Negeri 2 Desa Riang Bandung. Menurut kepala sekolah (kepsek) SD tersebut, Meli Yusmawati, luapan sungai komering nyaris merendam raungan sekolah. Meskipun demikian pihaknya tidak meliburkan siswa yang jumlahnya 128 siswa orang itu.

“Banjir ini sudah mulai surut tinggal yang tergenang bagian halaman sekolah saja. Beberapa hari lalu air sempat masuk ke dalam kelas tapi tidak begitu tinggi sehingga proses belajar mengajar tetap dapat dilaksanakan,” terangnya.Sripo


Read Post | komentar

OKU Timur Datangkan Konsultan Banjir

Banjir tahunan yang kerap melanda wilayah Kabupaten OKU Timur menjadi perhatian khusus pemerintah setempat. Bahkan untuk mengatasi banjir ini dalam waktu dekat akan didatangkan konsultan khusus penanganan banjir.

“Dinas PU Pengairan secepatnya mendatangkan konsultan khusus guna merancang system pengendalian banjir di OKU Timur ini,” ungkap Bupati OKU Timur H Herman Deru, SH,MM ketika menyambangi korban banjir di kampung sawah Kelurahan Pakusengkunyit Kecamatan Martapura OKUT, Minggu (21/2) malam.

Lebih lanjut orang nomor satu di OKU Timur ini berjanji akan memberikan perhatian lebih bagi warga yang rumahnya tenggelam akibat banjir. Bupati menugaskan dinas instansi terkiat untuk terus melakukan pemantauan terhadap kondisi banjir yang saat ini tengah melanda sejumlah wilayah OKU Timur dalam beberapa hari terakhir.

“Posko penanggulangan pengungsi tetap disiagakan demikian juga dengan dapur umum harus selalu siap dengan stok makanan dan minuman bagi yang membutuhkan,” paparnya.

Sementara itu Camat Martapura Ali Sutrisno SH MM mengatakan, saat ini dirinya selalu berkoordinasi dengan Camat Muaradua Kabupaten OKU Selatan terkait keadaan situasi debit air sungai sebab banjir yang melanda OKU Timur merupakan banjir kiriman dari OKU Selatan.

Di lain pihak Kepala Kepala Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkesoss) Yasir, SIP mengaku, posko pelayanan bencana OKU Timur dibuka selama 24 jam yang tugasnya memberikan menyaluran bantuan termasuk pengadaan stok pangan bagi korban banjir.

“Stok beras bantuan bagi korban banjir sekarang ini masih ada sekitar 6 ton lebih yang diperedisksi mencukupi kebutuhan beberapa hari mendantang,” pungkasnya.Sripo


Read Post | komentar

10 Arsitektur 'Menakjubkan' di Dubai

  • The Emirates Towers
Komplek Emirates Towers terdiri dari Emirates Office Tower dan Jumeirah Emirates Towers Hotel. Kedua menara, masing-masing setinggi 355 meter (1,163 ft) dan (1,014 ft), berdiri sebagai bangunan tertinggi di dunia ke-12 dan ke-29. Dua menara dihubungkan oleh komplek pertokoan dua tingkat seluas 9,000 m² (96,875 ft²) yang diberi nama "The Boulevard". Komplek Emirates Towers terletak di Sheikh Zayed Road di Dubai, Uni Emirat Arab, dan simbol dari kota Dubai. Keunikan desainnya adalah bahwa menara ini memiliki jumlah tingkat yang sama, menara perkantoran yang tinggi memiliki 54 tingkat, sementara menara hotel memiliki 56 tingkat. Ini dikarenakan tinggi tingkat menara perkantoran lebih besar daripada hotel. Komplek Emirates Towers terdiri dari hampir 570,000 m² (42 ekar) kebun, dengan danau, air terjun dan bangku taman. Terdapat lapangan parkir untuk 1.800 mobil.

  • The Dubai Marina

Dubai Marina merupakan sebuah distrik di daerah yang belakangan ini disebut sebagai 'Dubai baru', di Dubai, Uni Emirat Arab. Proyek ini terletak pada Interchange 5 antara Pelabuhan Jebel Ali dan area yang mengelola Dubai Internet City, Dubai Media City dan Universitas Amerika di Dubai. Fase pertama proyek ini telah selesai. Marina ini semuanya buatan manusia dan telah dibangun oleh firma pembangunan real estat Emaar Properties dari Uni Emirat Arab. Marina ini akan berisi 200 bangunan bertingkat dan beberapa pencakar langit super tinggi, Dubai Marina Towers, The Torch Dubai Marina, Infinity Tower, The Princess Tower, Number One Dubai Marina, Marina Terrace, Le Reve dan Horizon Tower merupakan nama dari beberpa bangunan, dan mencakup area seluas 4.9 juta m² (50 juta ft²), yang terdiri dari 40 apartemen dan hotel di Jumeirah Beach Residence. Apabila konstruksinya selesai, marina ini diklaim menjadi marina terbesar buatan manusia di dunia. Sementara ini, marina buatan manusia terbesar di dunia adalah Marina del Rey di Los Angeles County, California, Amerika Serikat.

  • Business Bay

Business Bay merupakan sebuah distrik sentral bisnis yang sedang dalam konstruksi di Downtown Dubai, Uni Emirat Arab. Proyek ini berisi beberapa pencakar langit yang didirikan di area dimana Dubai Creek telah dikeruk dan diperluas. Business Bay akan terdiri dari 230 banguna, mempengaruhi pembangunan residensial dan komersial. Business Bay merupakan pembangunan oleh Dubai Properties. Business Bay membentang dari Ras Al Khor hingga Sheikh Zayed Road. Proyek ini digagaskan untuk perdagangan internasional sebagai suatu ujung dari pembangunan di Sheikh Zayed Road dengan menara perkantorannya yang merumahkan firma-firma internasional dan institusi finansial dari Dubai International Financial Center. Hotel internasional seperti Emirates Towers dan Shangri-La juga didirikan di Sheikh Zayed Road. Di sisi Creek, Business Bay terletak di sebelah Dubai Festival Center dan dekat dengan Bandar Udara Internasional Dubai. Bangunan pertama diselesaikan pada 2007 dengan bangunan terakhir pada 2010.

  • Mall of Arabia

Mall of Arabia akan menjadi pusat perbelanjaan raksasa yang dibangun sebagai bagian dari City of Arabia di taman wisata Dubailand di Dubai. Telah diumumkan oleh Ilyas and Mustafa Galadari Group dan mall ini akan berisi fasilitas kenyaman dan hiburan, sebuah teater, dan memiliki fitur eksterior Timur Tengah kuno. Fase pertamanya memiliki sebuah Gross Leasable Area seluas 4 juta ft², bagaimanapun, apabila semua fase telah selesai, hasilnya adalah Gross Leasable Area seluas 10 juta ft², menjadi mall terbesar di dunia. Bangunan ini memiliki pertokoan retail dan hiburan bertingkat dua, hotel dan beberapa fasilitas kenyamanan. Akan terdapat lapangan parkir untuk 10,400 mobil pada fase pertamanya. Pada Agustus 2005, Starbucks Coffee Co. di Seattle, Washington mengumumkan bahwa kafe Starbucks terbesar di dunia akan dibangun di bagian tengah mall, menandakan sejarah panjang Timur Tengah dengan kopi dan kerjasama bisnis antara Starbucks dan pasar Dubai yang sedang berkembang. Mall ini akan bersaing dengan Dubai Mall, yang diperkirakan akan menjadi pusat perbelanjaan terbesar di dunia apabila selesai sebelum Mall of Arabia.

  • Burj al-Arab

Burj al-Arab adalah sebuah hotel mewah yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab. Bangunan Burj al-Arab, didesain oleh Tom Wright, mencapai ketinggian 321 meter dan adalah bangunan tertinggi yang sepenuhnya digunakan sebagai hotel. Bangunan ini berdiri di sebuah pulau buatan yang berada 280 m lepas pantai di Teluk Persia. Burj al-Arab dimiliki oleh Jumeirah. Hotel ini sering disebut sebagai hotel bintang tujuh. Hal ini dianggap sebuah hiperbola oleh orang-orang di bidang pariwisata. Hal ini juga dilihat sebagai cara untuk "mengalahkan" hotel-hotel lain yang menyebut hotelnya bintang enam. Sayangnya, hampir seluruh sistem peringkat hotel di dunia memiliki batas bintang lima. Menurut situs resmi Burj al-Arab, hotel ini adakah sebuah "hotel deluks bintang lima".

  • Hydropolis

Hydropolis Underwater Hotel and Resort merupakan sebuah hotel terencana yang akan menjadi resor mewah bawah laut pertama di dunia. Terletak 66 kaki di bawah permukaan Teluk Persia, lepas pantai Jumeira di Dubai. Dilengkapi dengan beton dan besi, dinding Plexiglas dan atap melengkungnya akan membolehkan tamu melihat ikan dan makhluk laut lainnya. Terbagi menjadi tiga bagian: stasiun darat, dimana tamu disambut; terowongan penghubung, yang akan mengangkut tamu menggunakan kereta menuju wilayah utama hotel; dan 220 suite di komplek bawah laut itu. Luasnya akan mencapai 260 hektar, seluas Hyde Park di London, dan senilai £300 juta. Hotel ini dianggap sebagai hotel berbintang 10. Hotel tersebut dijadwalkan dibuka tahun 2007. Tetapi, pada Februari 2008, peluncuran Hydropolis ditunda, karena masalah biaya dan dampak proyek terhadap kehidupan laut, proyek ini telah mengalami penundaan besar, dan dijadwalkan dibuka tahun 2009. Hotel itu, bersama dengan proyek kembar lainnya, sedang dibangun oleh Crescent Hydropolis Holdings LLC, sebuah firma yang secara khusus dibentuk untuk pembangunannya. Perancangnya adalah Joachim Hauser.

  • The World Islands

The World merupakan sebuah kumpulan 300 pulau buatan manusia berbentuk peta dunia yang sedang dibangun di lepas pantai Dubai. Uni Emirat Arab. The World meruakan satu dari berbagai proyek pulau buatan di Dubai, bersama dengan Palm Islands, dan seperti pulau lainnya, The World dibangun menggunakan pasir yang dikeruk dari dasar laut. The World merupakan visi dari Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, pemimpin Dubai. Setiap pulau berukuran mulai 23,000 m² hingga 84,000 m² (250,000–900,000 kaki persegi atau 5.7–21 acre), dengan air berjarak 50–100 m antara setiap pulau. Pembangunan ini akan meliputi area seluas 9 km panjangnya dan 6 km lebarnya, dikelilingi oleh pemecah gelombang oval. Angkutan antarpulau satu-satunya adalah dengan kapal dan helikopter. Harga untuk setiap pulau mulai dari $15-45 juta (USD). Harga rata-rata untuk sebuah pulau akan sekitar $25 juta (USD). Pengerukan dimulai pada tahun 2004 dan pada Maret 2007, The World selesai sekitar 90%. Menurut National Geographic Channel (MegaStructures), The World seluruhnya bernilai $14 milyar Dolar AS. Kepulauan ini dimiliki dan sedang dibangun oleh Nakheel Properties (Nakheel Corp). Letaknya 4.1 km lepas pantai Jumeirah, dekat dengan Palm Jumeirah, antara Burj Al Arab dan Pelabuhan Rashid di Dubai, Uni Emirat Arab. The World terkadang salah diartikan sebagai The Palm World dan Globe Islands.

  • Dubailand

Dubailand, bagian dari Tatweer (yang dimiliki oleh Dubai Holding), merupakan sebuah komplek taman hiburan yang sedang dalam konstruksi di Dubai, Uni Emirat Arab. Konstruksi Dubailand telah dipisah menjadi empat fase. Pembangunan fase pertama diperkirakan selesai antara 2006 dan 2010. Beberapa atraksi di Dubailand dapat beroperasi seperti Dubai Autodrome, The Global Village dan Al Sahra Desert Resort. Terletak di bagian eko-pariwisata Dubailand, Al Sahra Desert Resort (pembukaan resmi: November 2006) merupakan rumah bagi pertunjukan outdoor permanen pertama Dubai - 'Jumana - Secret of the Desert- sebuah pertunjukan yang menceritakan sejarah dan kebudayaan Arab, temanya yang berasal dari Persia, Maghred, Levant, daerah Teluk, Oman dan Yemen dicampur menjadi cerita fantasi. Dilakukan pada sebuah amfiteater terbuka, acara ini memperlihatkan berbagai macam teknik teater seperti efek suara, laser dan air, piroteknik dan kembang api; 60 penari dan akrobat, unta dan kuda, mencakup Omar Sharif sebagai suara narator. Al Sahra juga menawarkan sebuah souk (pasar Arab) kerajinan tangan tradisional dan berbagai atraksi seperti jalur unta, menunggangi kuda dan keledai yang dapat dinikmati di padang pasir.

  • Burj Dubai

Burj Dubai adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter (2.717 kaki). Burj Dubai adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada tanggal 12 September 2007, Burj Dubai berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan pada tanggal 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat berhasil dilewati. Struktur tertinggi yang pernah dibuat oleh manusia, Menara Radio Warsawa 645,4 m (2.120 kaki) dibuat pada 1974 (namun runtuh pada saat renovasi pada 1991) berhasil dilewati pada 1 September 2008.

  • The Palm Islands

Palm Islands merupakan kepulauan buatan di Dubai, Uni Emirat Arab dimana infrastruktur perdagangan dan penghunian akan dibangun. Kepulauan ini menjadi proyek reklamasi tanah terbesar di dunia dan membentuk kepulauan buatan terbesar di dunia. Kesemuanya dibangun oleh Nakheel Properties, sebuah pembangun properti di Uni Emirat Arab, yang menyewa kontraktor pengerukan Belanda, Van Oord, salah satu ahli terkenal dalam reklamasi tanah. Pulau-pulau itu adalah Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali dan Palm Deira. Kepulauan ini diciptakan oleh Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum yang bertujuan untuk meningkatkan pariwisata di Dubai. Setiap pulau akan berbentuk pohon palem, diatapi sebuah sabit, dan akan memiliki jumlah besar penghunian, kebutuhan dan pusat hiburan. Palm Islands terletak di lepas pantai Uni Emirat Arab di Teluk Persia dan akan menambah 250 km pantai kota Dubai. Dua pulau pertama akan dibangun dengan sekitar 100 juta meter kubik batu dan pasir. Palm Deira sekitar 1 milyar meter kubik batu dan pasir. Semua bahan berasal dari UEA. Di ketiga pulau tersebut akan dibangun lebih dari 100 hotel mewah, villa dan apartemen eksklusif tepi pantai, marina, taman hiburan air, restoran, pusat perbelanjaan, fasilitas olah raga dan spa kesehatan. Pembangunan Palm Jumeirah dimulai bulan Juni 2001. Kemudian, Palm Jebel Ali diumumkan dan reklamasi dimulai. Palm Deira, yang direncanakan seluas 46.35 meter persegi dan perusahaan pembangun, Nakheel, mengklaim luasnya melebihi Paris, konstruksi dimulai tahun 2003. Pembangunan akan selesai untuk 10-15 tahun berikutnya.
Read Post | komentar

Kedatangan Bus BRT Trans Musi ngaret


Warga kota ini menyambut antusias peluncuran bus rapid transit (BRT) Trans Musi, kemarin (22/2). Secara berkelompok, penumpang yang kebanyakan para pelajar itu, mendatangi halte BRT yang ada di sepanjang rute uji coba, Terminal Sako-Palembang Indah Mal (PIM).
Barangkali, mereka penasaran bagaimana rasanya naik transportasi anyar milik Pemerintah Kota Palembang tersebut. Apalagi, khusus hari pertama operasional, kemarin, pemkot menggratiskan ongkos bus yang ditetapkan Rp3 ribu.
Pantauan Sumatera Ekspres, penumpang menunggu di sejumlah halte seperti di sepanjang Jl Demang Lebar Daun, Jl Basuki Rahmat dan halte-halte transit di depan Muhammadiyah dan depan PDAM dan Gloria. Umumnya, pelayanan yang diberikan kepada penumpang bus Trans Musi bisa dibilang baik.
Sejumlah penumpang mengaku puas. Meskipun, dasarnya masih ada sejumlah kekurangan. Di antaranya, halte transit yang belum memiliki tempat duduk dan lamanya jadwal kedatangan bus alias ngaret.
“Tadi siang sudah naik, petugasnya ramah-ramah, mana di dalam situ (bus Trans Musi, red) adem dan ada musiknya,” terang Devi, pelajar SMAN di kawasan Sekip Ujung, saat menunggu bus di halte transit depan PDAM.
Devi berharap pemerintah segera melengkapi sarana prasarana yang ada seperti tempat duduk di halte transit. “Kalu yang di Jl Basuki Rahmat sudah ada tempat duduk semua, tapi di sini tidak ada,” tukasnya. Karena alasan itulah, dia dan temannya menunggu di depan halte transit. “Lagian pintunya (halte, red) ke bus juga belum terbuka tuh,” tuturnya.
Manda, penumpang lainnya mengatakan hal serupa. Pelayanan yang diberikan sudah sangat baik. Namun, menurut dia, jadwal kedatangan bus suatu hal yang perlu diperbaiki ke depannya. Sebab, jelas Manda, meski sudah menunggu selama kurang lebih 20 menit, bus Trans Musi tidak kunjung tiba. “Jangan ngaret kayak gini, Kalau pagi-pagi nunggu kelamaan bisa-bisa telat sampai di sekolah, Kak,” imbuhnya.
Sayang, jelang sore banyak penumpang BRT yang kecele. Lantaran setelah pukul 15.00 WIB, BRT Trans Musi tak kunjung tiba di halte-halte yang ada di 2 koridor tersebut. Padahal, sepengetahuan warga, operasional BRT pukul 06.00-18.00 WIB.
Lama menunggu, calon penumpang yang terdiri dari para pelajar SMK bergiliran keluar halte dan memilih naik angkot dan bus kota. “Mungkin BRT-nya ndak lewat lagi,” kata seorang pelajar.
Drs A Djoko Santoso, Manager Unit Usaha Trans Musi PT SP2J mengatakan, operasional BRT Trans Musi kemarin, hanya berjalan satu putaran. "Tahap awal kita hanya operasi satu putaran di 2 trayek, kami coba dulu," ujar Djoko kepada wartawan di sela-sela acara softlaunching.
Hanya, lanjutnya, hari ini (23/2), Trans Musi akan operasional sesuai jadwal. "Calon penumpang tetap bisa naik gratis, khusus untuk bus yang memiliki label gratis depan kaca," ujar Djoko.
Dikatakan, ada 10 bus yang operasi untuk dua trayek, AAL-Ampera dan Terminal Sako-PIM. Yang gratis, hanya 5 bus per trayek. Mulai pukul 06.00-12.00 WIB. Setelah itu, penumpang membayar Rp3 ribu.
Diakui Djoko, masih ada 5 bus lagi yang belum dijalankan. "Bus-bus yang kami jalankan itu, kapasitasnya kecil, 40 penumpang. Ada juga 5 unit bus besar berkapasitas 80 penumpang," tukasnya.
Hanya, lanjutnya, bus besar operasionalnya setelah grand launching oleh Menteri Perhubungan. Alasannya, bus tersebut bantuan APBN. “Kami juga sudah menghitung-hitung, untuk bus kecil sekali jalan 6 putaran bisa menghabiskan 41-50 liter solar. Sayang, kami belum dapat memastikan hitungan persis untuk konsumsi gas.”
Dikatakannya, bus bantuan APBD semua menggunakan bahan bakar gas (BBG). Sebab, converted kid-nya telah dipasang. Yang belum itu, 15 bus dari pusat. Makanya, ketika soft launching kemarin ada 10 bus bantuan APBN yang menggunakan solar.
Ditanya soal respons masyarakat, Djoko mengakui antusias masyakat cukup tinggi karena 20 bus Trans Musi yang dijalankan saat soft launching selalu penuh bahkan hingga berdiri. Tapi, Djoko belum dapat menghitung berapa cost operasional yang dikeluarkan saat mengangkut penumpang tanpa ongkos tersebut.
Diketahui, sebelum dilepas, sekitar pukul 09.30 WIB di terminal AAL berlangsung launching BRT Trans Musi sekaligus penggunaan BBG sebagai bahan bakar umum. Yang me-launching Wali Kota Palembang, Ir Eddy Santana Putra.




Read Post | komentar

Gumari Dicopot dari Ketua DPC PD OKUT

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Sumsel akhirnya mencopot Gumari dari jabatannya sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat OKU Timur.

Pergantian ini terkait dugaan SPJ fiktif senilai Rp5 juta. Tidak hanya itu, Gumari juga terancam lengser dari jabatannya sebagai wakil rakyat dengan posisi Wakil Ketua DPRD OKU Timur. Pasalnya, Partai Demokrat telah memastikan akan mengambil sikap, termasuk recall (pergantian antarwaktu/PAW), jika nantinya terdapat keputusan tetap yang menyatakan Gumari bersalah. Pencopotan Gumari dari Ketua DPC Partai Demokrat OKU Timur sesuai Surat Keputusan (SK) DPP Partai Demokrat dengan No: 17/ SK/DPP.PD/ DPC/ 1/2010 tentang Pengangkatan Pelaksana Tugas Ketua DPC Partai Demokrat OKU Timur dan Penonaktifan Gumari sebagai Ketua DPC Partai Demokrat OKU Timur tertanggal 31 Januari 2010.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPC PD OKU Timur Zainudin menjelaskan, meskipun Gumari dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPC OKU Timur, dia masih tetap sebagai kader PD dan tetap menduduki jabatan Wakil Ketua DPRD OKU Timur.”(Namun) jika proses hukum SPPD (SPJ) fiktif nama Gumari terbukti bersalah dan telah memiliki kekuatan hukum tetap, tentunya partai akan mengambil sikap (lain),” ujarnya di Martapura kemarin. Zainuddin memastikan, Partai Demokrat akan melakukan pergantian antarwaktu (PAW) terhadap Gumari sebagai anggota DPRD OKU Timur jika proses selanjutnya hukum menetapkan Gumari bersalah.

”Partai masih menunggu dan melihat perkembangan kasusnya,”bebernya. Agar roda organisasi tetap berjalan, sambung Zainuddin, pihaknya tengah melakukan konsolidasi terhadap kepengurusan PD OKU Timur,mulai tingkat pimpinan anak cabang (PAC) hingga DPC. Sebab, sesuai petunjuk, surat keputusan ini menginstruksikan supaya pelaksana tugas yang ditunjuk untuk segera merevisi struktur kepengurusan PAC dan DPC PD OKU Timur. ”Tidak akan dilakukan musyawarah cabang luar biasa (muscablub), mengingat waktunya mepet sehingga kepengurusan ini hanya direvisi,”tandasnya.

Sementara itu, Gumari, saat dikonfirmasi melalui telepon genggamnya untuk memberikan hak jawabnya, tidak berhasil dihubungi. Seperti diberitakan SI sebelumnya, Wakil Ketua DPRD OKU Timur terlibat kasus dugaan SPJ Fiktif senilai Rp5 juta. Diduga kader Demokrat itu tetap menerima pembayaran SPJ untuk biaya kunjungan dinas ke salah satu daerah di Pulau Jawa, tetapi dia tidak mengikuti kunjungan kerja itu. Setelah kasusnya mencuat, Gumari pernah mencoba mengembalikan uang tersebut kepada Sekretaris Dewan OKU Timur supaya kasusnya dihentikan.

Namun, hal itu ditolak karena proses hukumnya telah berjalan di Polres OKU Timur. Sementara itu, menyinggung pemberian dukungan pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKU Timur yang segera digelar pertengahan 2010, Zainuddin mengaku, pihaknya telah menerima rekomendasi DPP Partai Demokrat tentang persetujuan penguatan calon bupati kepala daerah OKU Timur dengan No 442/ RKMD/DPP.PD/XII/2010 yang menegaskan bahwa Partai Demokrat resmi mengusung pasangan H Herman Deru SH MM dan HM Kholid Mawardi SSos (HDC) untuk maju sebagai pasangan bakal calon kepala daerah pada Pilkada OKU Timur.

Pilkada OKU Timur akan digelar serentak dengan empat kabupaten lain pada juni 2010 mendatang.SI


Read Post | komentar
 
© Copyright OKU Timur News 2011 - 2012 Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by OKU TIMUR NEWS | Published by Education Templates and 4all