Powered by Blogger.

"iPad? Hanya iPod Touch Versi Lebih Besar"

Sunday, 31 January 2010

VIVAnews - Baru-baru ini Apple meluncurkan tablet PC perdananya, iPad. Menanggapi kehadirannya, Presiden Nintendo, Satoru Iwata meragukan kesuksesan iPad di pasar.


Pasalnya, tutur Iwata pada Associated Press, perangkat tablet PC tersebut tak lebih dari sebuah iPod Touch dengan fisik yang lebih besar saja.

Menurutnya, Apple tak membuat kejutan apa-apa, tak ada inovasi baru yang benar-benar bisa menyita perhatian pasar.

Meskipun begitu, kemunculan iPad memang sudah ditunggu-tunggu sejak tahun lalu. Peranti ini memiliki berat yang tergolong ringan, yaitu hanya 1,5 pon (sekitar 680 gram) dan memiliki teknologi layar sentuh selebar 9,7 inci.

Apple iPad dijual sesuai kapasitas hard disk yang dimiliki, mulai dari 16 GB, 32 GB, hingga 64 GB serta memiliki sambungan Wi-Fi dan Bluetooth built-in. Selain itu, iPad dilengkapi baterai yang tahan hingga 10 jam dan mampu standby hingga satu bulan tanpa perlu di-charge.

Akan tetapi, produk yang katanya canggih ini ternyata belum mendukung teknologi Flash. Jadi, bagi Anda penggandrung game Farmville, Mafia Wars, Poker, atau game-game online yang berbasis flash, jangan berharap banyak dengan iPad.

Menanggapi tren game 3D, Iwata berpendapat bahwa video game 3D tidak akan terlalu populer ke depannnya. Jadi, tidak bisa diharapkan untuk menjadi senjata andalan.

"Saya ragu, apakah orang-orang mau mengenakan kacamata untuk bermain game di dalam rumah. Saya tak membayangkan seperti apa kelihatannya," ujar Iwata, seperti dikutip VIVAnews dari TG Daily, Sabtu 30 Januari 2010.

Namun, Iwata mengaku, Nintendo akan memeriksa kemungkinan terjadinya efek samping dari game-game 3D yang diperkirakan akan ramai di pasar mulai tahun ini.

Terkait pengembangan fitur sensor gerak yang akan diaplikasikan di konsol Nintendo DS, Iwata langsung membantahnya. "Saya mempertanyakan apakah fitur-fitur seperti itu menjadi pertimbangan yang cukup bagi konsumen untuk membeli perangkat baru. Saya kira tidak," tukas Iwata.




Read Post | komentar

Trik Hindari Ajakan Bercinta

Tidak setiap kali tubuh kita bugar dan fit. Karena itu, bila pasangan hendak mengajak berhubungan seks, buat kita, tentu hal yang tidak begitu menyenangkan. Kita bahkan mungkin tidak bisa menikmatinya. Demikian pula pasangan. Menolak terus terang, bisa jadi menyakitkan. Sebab itu, perlu cara untuk menghindari secara halus.

Berikut ada beberapa cara yang diberikan Glenn Wilson, psikolog yang juga pakar dalam hal tingkah laku seksual manusia, yang tinggal di London.

1. Berpura-pura tidur sewaktu pasangan naik ke tempat tidur.

2. Pura-pura sedang mengalami menstruasi yang lebih lama, lebih berat, dan lebih menyakitkan.

3. Tidak tidur bersamaan waktunya dengan pasangan sambil menyatakan, “Aku baru akan selesai sebentar lagi. Nanti kususul.”

4. Tiba-tiba ingat bahwa Anda harus menelepon atau mengunci pintu saat pasangan sedang hendak mencumbu Anda.

5. Mempermasalahkan gejala sakit ringan, seperti flu dan sakit kepala yang dibuat-buat yang cukup untuk dijadikan alasan.

6. Tidak memerhatikan penampilan sehingga pasangan menjauhi Anda.

7. Berpura-pura tidak memerhatikan tanda-tanda implisit dari pasangan dan konsentrasi pada buku atau televisi.


Read Post | komentar

Inilah Titik Sensitif Wanita

Pria macho adalah pria yang dapat menyenangkan dan memuaskan pasangannya dalam banyak hal, salah satunya dalam hal seksual. Begitulah pendapat salah satu konsultan seks, David Darma. Untuk itu, pengetahuan tentang titik-titik sensitif pada wanita menjadi hal penting.

Berikut ini titik-titik penting yang harus dipahami para pria macho.
Rambut
Elusan rambut dan pijatan kepala ternyata dapat merangsang terlepasnya endorfin yang mengakibatkan rasa nikmat pada seseorang.
Mata
Sama seperti skortum (kantong buah pelir), kulit kelopak mata menghasilkan sensasi yang hampir sama bila disentuh dengan lembut.
Hidung
Ada hubungan sensoris langsung antara hidung dan pusat kenikmatan di dalam otak.
Bibir
Menurut ajaran Tantra, ada saraf yang menghubungkan bibir atas langsung dengan klitoris.
Telinga
Riset menunjukkan, 5 persen dari laki-laki dapat mencapai klimaks melalui stimulus aural saja, entah itu percakapan erotis, napas berat, atau lidah yang memainkan telinga.
Leher
Bagian ini memiliki saraf yang sensitif. Kebanyakan wanita merasakan kesan yang sama, geli dan terangsang bila dicumbu di leher.
Buah dada dan puting
Entah dengan diisap, dijilat, diusap, atau diremas lembut, bagian tubuh ini membantu meningkatkan gairah seksual.
Jari-jari tangan
Telapak tangan sangat sensitif karena mampu merasakan sensasi sampai 1/8.000 kg/cm.
Perut
Area antara pusar dan tulang pubik penuh dengan titik-titik kenikmatan. Mengaktifkan titik-titik ini merangsang mengalirnya darah ke seluruh daerah pubik.
Vulva
Bagian depan bantalan empuk jaringan mons veneris yang terletak sekitar 5 cm di atas klitoris penuh ujung saraf. Menyentuh bagian ini dengan jari tangan dapat membangkitkan sensasi dan meningkatkan orgasme.


Read Post | komentar

Akibat Facebook, Mahasiswi Dipanggil Polisi

VIVAnews - Sri Wahyu Ningsih, mahasiswi Universitas Negeri Gorontalo, dipanggil polisi setelah menulis status di jaringan pertemanan Facebook. Polisi menuduh Sri Wahyu Ningsih telah mencemarkan nama baik polisi.

Seperti diberitakan tvOne, Minggu 31 Januari 2010, Sri Wahyu Ningsih dipanggil polisi akibat sebuah "status" yang ditulis pada 12 Januari 2010. Polisi menuduh, kata-kata yang ditulis mahasiswa itu menghina polisi.

Namun Sri Wahyu Ningsih menyanggah tulisan bernada makian itu adalah tulisannya. "Aidin Lahabu yang menulis," katanya. Lahabu adalah mantan pacarnya.

"Dia pakai alamatku," kata Sri Wahyu Ningsih saat menjalani pemeriksaan polisi. Aidin disebut Sri Wahyu Ningsih mengetahui kata sandi akun Facebooknya. "Cuma dia yang tahu," katanya.

Polisi kemudian berencana memanggil mantan pacar Sri Wahyu Ningsih itu.

VIVAnews sendiri berusaha mencari akun Sri Wahyu Ningsih di Facebook. Terdapat 122 akun atas nama "Sri Wahyu Ningsih" namun VIVAnews gagal menemukan satu yang berkuliah di Universitas Negeri Gorontalo.


Read Post | komentar

Gula Merek Komering Mulai Dipasarkan April 2010

TEMPO Interaktif, Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan akan segera memiliki produksi gula sendiri dengan merek “komering”. Menurut Bupati Ogan Komering Ulu Timur, Herman Deru gula ”komering” akan dipasarkan pada April 2010.

Pabrik gula "komering" berada di bawah bendera Salim Grup, dan berencana akan memproduksi sekitar 140 ribu ton gula berstandar icumsa 100 pertahun, dengan baku tebu 8.000 ton pertahun.

”Gula komering diharapkan akan menjadi leader dalam mengurangi impor gula di Indonesia,” kata Herman Deru, Minggu (17/1). Pabrik gula dibangun di areal seluas 40 hektar, dengan luas kebun tebu 21.502 hektar. Menurut Herman selain gula, pihaknya juga memproduksi bahan baku nabati turunannya yaitu bio etanol.

Produk tersebut rencananya akan diekspor ke Jepang untuk pembuatan sake serta bahan pakan ternak. Untuk keperluan pengadaan mesin, Grup Salim mempersiapkan dana sekitar Rp 1,3 triliun.

Read Post | komentar

Benih Pengganti untuk Petani

Friday, 29 January 2010

Petani padi sawah di sejumlah kecamatan dalam Kabupaten OKU Timur yang tanaman padinya rusak akibat terendam bajir beberapa waktu lalu, akhirnya mendapat bantuan benih pengganti.

Kita menyalurkan bantuan benih sebanyak 4,4 ton kepada petani yang tanaman padinya rusak parah atau puso akibat tergenang luapan air beberapa waktu lalu,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dinas TPH) OKU Timur, Ir H Tubagus Sunareno, MSi di Martapura, Jumat (29/1).

Menurutnya, dampak dari bencana banjir beberapa waktu lalu sangat dirasakan petani di delapan kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di OKU Timur. “Yang kita berikan bantuan benih itu hanya tanaman padi yang mengalami rusak parah saja, masing-masing di Kecamatan Madang Suku II seluas 158 hektaer, Belitang Jaya 16 Ha, dan Belitang II seluas 8 Ha,” ujarnya.

Tubagus menambahkan, jika melihat dari luas areal yang terendam banjir tidak separah tahun-tahun sebelumnya yang mencapai puluhan ribu hektare. Ini salah satunya dampak fositif dari normalisasi sungai yang telah dilakukan Pemkab OKU Timur beberapa waktu lalu, terutama aliran Sungai Macak dan Sungai Belitang.

Untuk stok benih, kami sudah mengalokasikan melalui pos bantuan dengan jumlah stok tidak terbatas, karena jika diperluakan siap untuk disalurkan melalui rekanan PT Sanghyang Sri dan PT Pertani,” urainya. sripo




Read Post | komentar

Herman Deru Lamar Hanura

Pendaftaran penjaringan kandidat bakal calon bupati dan wakil bupati (Balonbup/wabup) di DPC Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten OKU Timur, sudah dua nama yang telah mendaftar.

Ketua DPC Hanura OKU Timur, Cikmarwan, Jumat (29/1) menyebutkan, sejak dibukanya pendaftaran Senin lalu baru dua nama kandidat balonbup yang mengambil formulir, yakni Herman Deru dan Amri Iskandar. “Meskipun demikian partai kita belum menentukan akan mendukung siapa, karena pendaftaran masih terus dibuka,” ujarnya.

Menurut Cikmarwan, untuk menentukan balon yang akan diusung Hanura akan dilakukan melalui rapat internal, serta meminta pendapat dari Dewan Pengurus Pusat (DPP).

Sementara itu Ketua Penjaringan Kabupaten DPC Partai Demokrat (PD) OKU Timur, Mirza Ikbal menyebutkan, hingga batas akhir 20 Januari 2010 dibukanya masa pendaftaran penjaringan pasangan cabup/cawabup ada empat balonbup yang mendaftar dan dua cawabup.

Mereka adalah Herman Deru, Gumari, Amri Iskandar dan Srigunarto untuk cabup. Sedangkan balon wabup, HM Cholid Mawardi yang berpasangan dengan Herman Deru dan Herman,” jelasnya. “Tim sembilan telah merekomendasi ke DPP. Selanjutnya DPP yang akan menentukan pasangan mana yang akan diusung PD pada Pilkada OKU Timur 5 Juni 2010 mendatang,” pungkasnya. sripo




Read Post | komentar

KPK Diminta Periksa Bupati Oku Timur

JAKARTA-MI: Di tulis Minggu, 10 Januari 2010 21:29 WIB Oleh Hillarius U Gani
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta segera memeriksa Bupati OKU Timur Sumatera Selatan Herman Deru terkait dugaan penyuapan kepada unsur pimpinan DPRD OKU Timur.

Ketua Dewan Eksekutif Society Corruption Investigation Asmawi HS, dalam siaran persnya Minggu (10/1) menyatakan, dugaan penyuapan dilakukan Herman Deru kepada Ketua DPRD OKU Timur Beni Dapidson, Wakil Ketua DPRD Aktor, Wakil Ketua DPRD H Gumari, Wakil Ketua Faisal Riza pada 28 November 2009. Dugaan suap itu untuk memuluskan pengesahan APBD 2010, yang pembahasannya dimulai tanggal 7 Desember sampai dengan tanggal 23 Desember 2009.

"Kasus penyuapan itu telah dilaporkan oleh Wakil Ketua DPRD OKU Timur Gumari ke KPK pada 28 Desember, seraya menyerahkan uang gratifikasi ke Direktorat Gratifikasi KPK," ujarnya.

Menurut Asmawi, dana yang diberikan oleh Bupati OKU Timur Herman Deru memang kecil yaitu masing-masing Rp5 juta. Namun perlu diusut oleh KPK untuk mewujudkan pemerintahan yang bebas KKN.

"KPK harus serius menangani kasus ini untuk menjadi pelajaran bagi daerah lain yang disinyalir menggunakan cara-cara yang sama." ujar Asmawi.

Sementara itu Gumari mengungkapkan, dia berani menyerahkan dana yang diterimanya dari Bupati Herman Deru kepada KPK demi menjada kredebilitas anggota DPRD, menjaga kredebilitas pimpinan DPRD, menjaga kredebilitas Partai Demokrat sesuai arahan Keua Dewan Pembina Partai Demokrat SBY bahwa orang-orang Demokrat harus bersih.

Menurut Gumari, pada saat itu dia diajak oleh tiga unsur pimpinan DPRD OKU Timur menghadiri undangan Bupati OKU Timur Herman Deru diruang kerja kantor Bupati. Pada saat itulah terjadi pemberian uang kepada unsure pimpinan yang langsung diserahkan oleh Bupati Herman Deru kepada ke empat unsur pimpinan.


Read Post | komentar (2)

Dapat Kiriman dari Belitang

BADAN jadi lebih terasa sehat dan bugar. Itulah kesan yang dirasakan oleh Poppy Indah Hidayatie setelah mengkonsumsi beras yang ditanam dengan pupuk organik itu.
Sejak tiga bulan terakhir, ibu tiga anak ini memilih untuk mengonsumsi beras itu demi kesehatan keluarganya.


Yang penting keluarga sehat. Mencegah lebih murah dari pada mengobati,” jelas istri H Chandra Prima Putra itu.

Wanita yang pernah bekerja sebagai pramugari Garuda Indonesia dan Merpati Nusantara Airlines ini mengaku mengenal beras tersebut sejak berkunjung ke daerah Belitang OKUT. “Saya waktu ke OKU Timur, dikasih temen yang menanam beras itu. Ternyata berasnya bagus untuk kesehatan,” ungkap wanita yang sibuk mengurus bisnis perumahan di kawasan Bandara SMB II Palembang.

Ia menambahkan, beras dari pupuk organik ini banyak mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, ungkap wanita yang tak pernah mengunakan penyedap masakan itu.
Untuk mensuplai beras organik, Poppy mengaku sering memesan langsung dari Belitang. Namun jika sedang kehabisan, ia mendapatkan beras itu di Palembang Square (PS).

Selain beras Belitang, kita pakai beras merek Steamrice yang dijual di PS,” jelas wanita kelahiran 53 tahun silam.
Pengajar di Kursus Pramugari di Palembang ini, mengungkapkan walaupun beras tersebut mengunakan pupuk organik dalam mencucinya, harus tetap bersih.

Hal tersebut dikarenakan ia sangat memperhatikan kebersihan dan kesehatan untuk keluarga yang dicintainya.

Selain mengonsumsi beras Organik, buah dan sayur pun selalu disediakan, rumah yang bersih dan asri pun tak luput jadi perhatianya untuk menjaga kesehatan keluarganya.

Di rumah juga saya tanami berbagai tanaman obat dan pohon buah, supaya udaranya segar,” kata wanita yang tinggal di Kawasan KM 9 ini. sripo



Read Post | komentar

Calon Independen Terbuka Lebar

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) di lima kabupaten yakni, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir (OI), dan Musirawas, dijadwalkan digelar serentak pada 5 Juni 2010. Selain calon yang diusung parpol, calon perserorangan (independen) juga terbuka lebar untuk bertarung.

Di Kabupaten OKU Timur, calon independen diwajibkan memiliki dukungan 25 ribu mata pilih tersebar di 11 kecamatan dari 20 kecamatan di OKUT. Dukungan ini dibuktikan dengan tanda tangan dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Calon independen semakin terbuka karena sebagian dari parpol yang kadernya duduk di DPRD telah sepakat mengusung pasangan incumben Herman Deru dan Cholid Mawardi (HDC),” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Timur, Leo Budi Rachmadi, Kamis (28/1). Menurut Leo, jumlah DP4 OKU Timur sekarang mencapai 500 ribu mata pilih.

Demikian pula di Kabupaten Musirawas. Bagi masyarakat yang berminat maju pada Pilkada Musirawas melalui jalur independen minimal harus mengantongi 24.000 lembar kartu tanda penduduk (KTP) pendukung, kata Divisi Sosialisasi KPU Musirawas, Ngimadudin. Asumsinya, jumlah penduduk Musirawas sekitar 600.000 jiwa sesuai data penduduk yang diserahkan Pemkab Musirawas ke KPU.

Sesuai jadwal, penyerahan dukungan calon perseorangan ke KPU adalah 12-15 Februari 2010. Setelah data dukungan diserahkan, akan diverifikasi 15 Februari hingga 6 Maret 2010. Untuk pendaftaran pasangan calon baik dari parpol mau pun perseorangan 3 Maret-11 Maret,” katanya.

Sementara itu Pengurus Daerah (PD) Hanura Sumsel akan membawa nama-nama calon yang akan diusung pada Pilkada serentak di lima kabupaten di Sumsel. “Partai Hanura akan menggelar Munas pertama 5-7 Februari 2010 di Surabaya (Jawa Timur),” kata Ketua Umum Pengurus PD Hanura Sumsel, Eko Agus Sugianto SE, Kamis kemarin. sripo




Read Post | komentar

Sehari 56 Motor Bodong Dikandangkan


Sripo-Jajaran Polres OKU Timur langsung membentuk tim untuk menjaring adanya peredaraan motor bodong yang diduga hasil curian yang sengaja diperjual belikan di dalam wilayah Kabupaten OKU Timur.

Kapolres OKU Timur AKBP John Mangundap didampingi Kasat Reskrim AKP FX Irwan Arianto ketika dihubungi,Kamis (28/1) mengakui adanya dugaan masuknya motor hasil curian dari luar daerah ke wilayah hukum Polres OKU Timur. Terbukti dari hasil razia yang telah dilancarkan jajaran Polsek di OKU Timur sejauh ini setidaknya sudah 56 unit motor bodong atau tidak dilengkapi dengan dokumen berhasil diamankan.

“Hasil razia gabungan yang telah kita lakukan sudah 56 unit motor yang diduga tidak memiliki dokumen telah kita amankan,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kebanyakan motor tidak dilengkapi dengan surat menyurat resmi itu rata-rata didapat di pelosok desa yang digunakan warga untuk kendaraan ke sawah atau pergi ke lading.

“Yang terbanyak kita dapatkan di Kecamatan Cempaka, Madang Suku II dan Semendawai Suku III, sisanya di Kecamatan lain. Hasil razia rata-rata satu atau dua motor yang berhasil kita amankan dalam setiap razia,” terangnya.

Terkait dengan adanya pengakuan motor hasil curaian duluar OKU Timur sengaja dijual di OKU Timur menurutnya hal tersebut merupakan pengakuan yang berlebihan.

“Kita akan terus lakukan razia rutin,” paparanya.

Lebih lanjut John Mangundap meminta partisipasi aktif dari masyarakat OKU Timur untuk lebih berhati-hati dan selektif serta tidak mudah tergiur dengan membeli kendaraan roda dua atau empat dengan harga murah. Sebab bukan tidak mungkin kendaraan tersebut merupakan kendaraan hasil curian.

“Nanti motor BB yang telah kita kandangkan ini akan kita cocokan dengan data yang ada di polisi. Selanjutnya akan kita kembalikan pada si pemiliknya denganan catatan harus dapat menunjukan dokumen dan bukti kepemilikan resmi disamping harus menunjukan bukti kehilangan dari kepolisian.


Read Post | komentar

Parpol Ramai-ramai Dukung Incumbent

Thursday, 28 January 2010

(SI) – Sejumlah partai politik di Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki kecenderungan mendukung calon incumbentpada pemilihan kepala daerah (pilkada) di lima kabupaten/kota di Sumsel Juni mendatang.

Partai Demokrat misalnya, sudah terang-terangan mendukung calon incumbent di empat daerah pada pilkada nanti. Hal tersebut diakui Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel H A Djauhari.Menurut Djauhari pertimbangan yang diambil Partai Demokrat terukur berdasarkan hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI).

Dia mengungkapkan, hasil keputusan tim sembilan Partai Demokrat, empat calon kepala daerah incumbent yang akan diusung Demokrat, yakni Bupati OKU Timur Herman Deru, Bupati OKU Selatan Muhtadin Serai, Bupati OKU Yulius Nawawi, dan Bupati Ogan Ilir Mawardi Yahya. “Kita ingin terukur, mereka masih memiliki tingkat popularitas yang tinggi berdasarkan hasil survei.

Herman Deru misalnya, tingkat popularitasnya mencapai 85%, Muhtadin Serai 70%,Yulius Nawawi 70%,dan Mawardi Yahya 70%,” tegas Djauhari kemarin. Khusus di Kabupaten Mura, kata Djauhari,Partai Demokrat belum mengambil keputusan untuk mendukung calon tertentu. Hingga saat ini baru ada satu pendaftar yang mendaftar untuk menjadi calon Bupati dari Partai Demokrat.

Jika tak memiliki pesaing lanjut Djauhari, Partai Demokrat siap membuat calon boneka demi terlaksananya pilkada. Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumsel juga telah memutuskan untuk mencalonkan calon kepala daerah incumbent pada pilkada Juni nanti.Sekretaris DPW PKS Sumsel Erza Saladin mengatakan, dari 5 (lima) pilkada kabupaten/kota di Sumsel, PKS baru menentukan dukungannya di dua kabupaten.

Yakni Mawardi Yahya untuk cabup Ogan Ilir dan Yulius Nawawi untuk cabup di Ogan Komering Ilir.“Keduanya sudah resmi diusung PKS dalam Pilkada 2010. Mereka statusnya kini masih menjabat kepala daerah (incumbent),”kata Erza. Sementara itu, Partai Amanat Nasional (PAN) kini tengah melakukan survei terhadap para calon kepala daerah. Hasil survei itu dijadikan acuan bagi PAN untuk menentukan dukungan terhadap calon kepala daerah.

Survei tersebut dilakukan di empat kabupaten, yakni OKU,OKU Timur,OKU Selatan dan Musirwas. Sekretaris DPW PAN Sumsel Badrullah Daud Kohar mengatakan, survei mutlak dilakukan karena parpol tidak bisa serta-merta menentukan calon yang akan didukung. Dia mengungkapkan, khusus Kabupaten Ogan Ilir,PAN telah memutuskan mendukung Wakil Bupati Ogan Ilir Iskandar, sebagai calon Bupati Ogan Ilir.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Sumsel H Alex Noerdin mengungkapkan, hingga kemarin DPD Golkar telah menyatakan sikap mendukung empat calon kepala daerah yang siap bertarung pada Pilkada Juni 2010.“Dari lima daerah yang akan menggelar pilkada, DPD Golkar telah mendukung empat calon,yang satu lagi masih rahasia,” ujar Alex saat berkunjung ke Kantor Redaksi Seputar Indonesiadi Jakarta kemarin.

Sayangnya, Alex enggan menyebutkan siapa saja nama empat kepala daerah yang diusung Golkar tersebut. “Itu rahasia. Kan sudah saya sebutkan tadi,empat dari lima calon kepala daerah kita dukung. Yang satu lagi masih disurvei,” ujarnya. Menurut Alex, Golkar tidak sembarangan memberikan dukungan. Untuk itu sebelum memberikan dukungan mesti melalui survei terlebih dahulu.

Jika hasil survei ternyata calon yang bersangkutan memiliki kans besar menang, maka pilihan Golkar jatuh pada calon tersebut. “Pokoknya Golkar akan mendukung calon yang dipastikan menang,” ujarnya. Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten OI Ahmad Yani menambahkan, mengenai siapa yang akan diusung Partai Golkar pada pilkada Juni nanti,masih rahasia.

Namun, secara eksplisit dari berbagai sumber SI, hampir pasti untuk cabup DPD Partai Golkar akan mengusung kembali Bupati Ogan Ilir Incumbent Mawardi Yahya. Sementara untuk wakilnya, belum ditentukan,meskipun kriteria umum sudah ada. “Kriteria lainnya yang pasti Cawabup harus dapat bekerja sama dengan Cabup,”ujarnya.

Jaring Balon

Sementara itu, DPD Partai Golkar Kabupaten OKU mulai melakukan penjaringan bakal alon (balon) bupati dan wakil bupati yang akan diusung partai berlambang beringin ini pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKU. Sekretaris Panitia Pendaftaran balon bupati dan wakil bupati DPD II Partai Golkar Kabupaten OKU Aprili Mauludin mengatakan, sejak Rabu (27/1) kemarin hingga 29 Januari,pihaknya membuka kesempatan bagi balon bupati dan wakil bupati OKU yang berminat mendaftar sebagai calon dari Partai Golkar pada Pilkada OKU,5 Juni.

“Selanjutnya kita akan merekomendasikan maksimal lima pasangan bakal calon ke DPD I Golkar Sumsel, untuk diusulkan dan diputuskan oleh DPP,” ujar Aprili di Kantor DPD Partai Golkar OKU, Jalan Veteran,Baturaja,kemarin. Dari pantauan di Sekretariat DPD Partai Golkar OKU, hingga siang kemarin belum satu pun terlihat ada pasangan balon yang mengambil formulir pendaftaran.

Aprili menandaskan,besar kemungkinan dari sekian banyak balon yang menyatakan bakal maju pada Pilkada OKU, tengah mengumpulkan informasi, tentang persyaratan yang harus dipenuhi, jika ingin mendaftar sebagai calon dari Partai Golkar.


Read Post | komentar

Goa Selarong, Sepi dan Dikotori Para Vandalis

Wednesday, 27 January 2010


"Sampai ketemu perempatan Masjid Agung, belok ke arah Barat, lurus saja terus, di sana sudah ada banyak plang penunjuk jalan sampai ke Selarong," kata seorang bapak saat saya tersesat kala mencari Goa Selarong, petilasan Pangeran Diponegoro di Bantul, Yogyakarta, Minggu (3/1/2010).
Kami ingin merenungkan betapa agungnya Pangeran Diponegoro pada waktu itu yang membebaskan masyarakat dari penjajah.

Sepeda motor langsung saya pacu menekuri jalan sesuai informasi. Jalan aspal menuju goa cukup lebar dan kondisinya baik. Di kiri kanan. jalan terhampar sawah hijau diselingi pepohonan dan rumah-rumah penduduk yang tampak bersahaja.

Memasuki gapura utama goa dengan jalan yang melandai turun, seorang petugas di pos retribusi telah siap menyambut. Dengan harga tiket yang relatif murah, yaitu Rp 2.000 per orang, pengunjung diberi kebebasan untuk mengeksplorasi kawasan obyek wisata Goa Selarong yang cukup luas itu.

Seturut garis lurus dari pintu masuk utama, tepatnya di ujung pelataran yang bersisian dengan jalan menuju goa, tampak patung Pangeran Diponegoro berjubah dan bersorban putih, gagah menunggang kuda berwarna cokelat tembaga. Rerimbunan pepohonan semakin memperkuat imajinasi nuansa perjuangan Pangeran Diponegoro dengan laskarnya pada masa lalu. Di sebelah kanan patung, terpapar peta obyek wisata Goa Selarong.

Disebutkan, pengunjung dapat mengetahui bahwa selain goa, ada pula air terjun dan sendang yang dapat dikunjungi sebagai bagian dari kawasan wisata.

Di sebelah kiri kanan jalan penjaja minuman dan buah-buahan lokal, seperti sawo dan rambutan, dengan semangat menawarkan dagangannya dalam campuran bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Tapi, jangan bayangkan mereka seperti para pedagang di Borobudur yang terkesan memaksa. Pedagang yang ada di kawasan goa ini tak pernah memaksa, mungkin juga karena faktor usia. Saat saya meliput, tak ada seorang pun orang muda atau anakanak yang berjualan.

Setelah melewati lapak-lapak pedagang, puluhan anak tangga yang menjulang ke puncak bukit menyambut siapa saja yang berkunjung. Untunglah, ada ruang lebar setiap 10 anak tangga, tempat untuk bersantai sambil menikmati panorama alam.

Menurut keterangan penduduk setempat, pada saat hujan terdapat air terjun mengalir dari puncak bukit di seberang tangga. Kerena hari sedang cerah, maka saya hanya dapat membayangkan dan mengira-ngira keberadaan air terjun yang meluncur di punggung bukit tersebut.

Pohon kamboja dan beberapa jenis pohon lainnya tumbuh di kedua sisi tangga, sehingga terasa teduh perjalanan ini. Akhirnya tibalah juga di pelataran puncak, tempat di mana terdapat dua goa persembunyian yang dijuluki Goa Selarong. Di sisi kiri adalah Goa Kakung, yaitu goa yang dulu ditempati oleh Pangeran Diponegoro. Sedangkan di sisi kanan adalah Goa Putri, goa yang ditempati oleh RA Ratnaningsih, istri sang Pangeran yang setia menyertai.

Pengunjung yang terlihat di sekitar kawasan goa hanya sedikit saja. Mungkin lantaran hari sudah siang. Seorang pemilik warung mengatakan, Goa Selarong hanya ramai pada saat hari libur clan hari Minggu, itu pun di pagi hari. Jadi lumrah bila hanya tampak satu dua rombongan keluarga yang sedang bersantai di dekat goa dan beberapa pasang muda-mudi yang tengah asyik bercengkerama di sudut-sudut kawasan goa.

Di sebelah timur Goa Putri terdapat anak tangga yang dibangun di punggung bukit. Karena penasaran, saya pun menyusurinya. Anak tangga ini membelok ke kiri, mengarah ke puncak bukit. Menginjak beberapa anak tangga terakhir, mulai tampak atap pendopo yang dibangun di puncak bukit.

Setelah mengamati sebentar, saya melanjutkan perjalanan ke Sendang Manik Moyo. Untuk mencapai sendang ini, pengunjung harus melewati jembatan kecil di atas kali kering yang merupakan tempat mengalirnya limpahan air terjun di saat hujan.

Sampai di seberang jembatan, suasana cukup berbeda, tak tampak satu orang pun walau ada beberapa rumah yang terlihat di sepanjang jalan berlapis semen tersebut. Suasana cukup senyap, ditambah lagi beberapa rumpun pohon bambu yang berjajar mengangguk-angguk, serasa ingin mengisap setiap orang yang melaluinya masuk ke dimensi lain.

Setelah berjalan kurang lebih 100 meter, terdapat tanda panah menunjukkan jalan ke arah sendang. Saya sedikit ragu sebab jaIan itu adalah jalan tanah tanpa pembatas yang jelas. Selain itu, paparan cahaya matahari cukup minim karena rimbunnya pohon di jalan setapak tersebut.

Hening, sunyi, jauh dari hiruk pikuk kota. Hanya terdengar bisikan dedaunan dan gemercik air yang mengalir konstan melalui undakan parit bilah-bilah bambu di sisi kanan jalan setapak. Lintasan yang harus dilalui agak menanjak dan berlumut sehingga harus hati-hati.

Rasa ragu terjawab ketika terlihat dataran dengan kolam bata persegi di tengahnya. Dari dekat, terlihat jelas dasar kolam sedalam satu meter yang terisi air setinggi 20 sentimeter itu. Terpancang pula di dekatnya tonggak kayu bercat putih dengan papan bertuliskan "Sendang Manik Moyo".

Tapak Tilas

Obyek wisata lazimnya merupakan. tempat untuk mendapatkan kesenangan. Goa Selarong menawarkan nilai-nilai tersendiri bagi sebagian pengunjungnya. Selain membisikkan pesan-pesan perjuangan dan kemerdekaan, goa ini juga menjadi tujuan bagi para pengalap berkah. Mereka datang ke goa ini untuk "berwisata" batin.

Dalail Hariasta (51) yang berasal dari Kebumen, misalnya, mengajak istri dan keluarganya berkunjung ke Goa Selarong untuk menapak tilas perjuangan Pangeran Diponegoro yang semasa hidupnya adalah seorang pahlawan sekaligus ulama. Dalail mengatakan, kunjungannya ke Goa Selarong merupakan rangkaian laku tapak tilas sekembalinya dari ibadah Haji.

"Secara batin dan rohani, juga secara kejiwaan, kami ingin merenungkan betapa agungnya Pangeran Diponegoro pada waktu itu yang membebaskan masyarakat dari penjajah. Sekaligus kami juga ingin berdoa secara khusus untuk perjuangan Pangeran Diponegoro," jelas Dalail.

Vandalistis

Goa Selarong tidak mendapat kunjungan sebesar obyek wisata lain di Yogyakarta. Lebih disayangkan, tangan-tangan jahil mengotorinya. Berbagai karya vandalistis dalam rupa coretan-coretan grafis tampak dengan jelas di mana-mana, terutama di sekitar mulut goa clan pagar pembatas goa. Mungkin ini menunjukkan bangsa kita belum siap untuk menjadi bangsa yang besar.

Mudah-mudahan pada saat memeringati wafatnya Pangeran Diponegoro pada tanggal 8 Januari lalu, jika banyak orang berkunjung ke goa ini, mereka tifak meneruskan aksi pengotoran tempat-tempat bersejarah ini. Kita boleh becermin pada negara-negara maju, di mana tempat-tempat bersejarah mereka selalu bersih dan terawat. kOMPAS


Read Post | komentar (1)

Rela Antre Demi Sekilo Beras

MARTAPURA -Warga rela antre berjam-jam hanya untuk membeli sekilo beras yang diyakini punya banyak khasiat. Beras organik produksi petani Desa Sukosari BK 9, Kecamatan Belitang, OKU Timur ini bahkan tembus pasar modern di Jakarta.

Tidak banyak yang tahu kalau di Desa Sukosari ada salah satu keluarga khusus memproduksi beras organik yang konon memiliki khasiat dapat menyembuhkan sejumlah penyakit.
Beras organik yang berhasil diproduksi CV Alumni Gontor Pengembang Usaha Rakyat (Algopur) pimpinan Hopni Malela jadi incaran sejumlah pejabat dan warga kalangan ekonomi menengah yang sengaja berkunjung ke Belitang.

Pangsa pasar beras organik itu sudah merambah pasar modern dengan harga bervariasi. Untuk beras jenis Ciliwung dijual seharga Rp 12 ribu per Kg, Pandan Wangi Rp 15 ribu per Kg, sedangkan beras merah seharga Rp 25 per Kg.

Itu sebabnya peminat berasal dari kalangan terbatas karena harganya relatif dibanding harga beras biasa yang banyak dijual di pasaran. Seperti beras Ciliwung anorganik harganya Rp 6.000 di pasar.

Areal sawah yang menggunakan pupuk organik seluas 40 hektare, dengan masa panen tiga bulan. Penanaman tidak serentak sehingga umur padi beragam. Sekali panen kisaran 200 ton gabah saja yang terkumpul.

Warga sekitar desa melakukan berbagai cara agar dapat beras organik produksi Algopur ini. Untuk sekedar mendapatkan sekilo beras saja, mereka rela antre berjam-jam. Namun tak semua kebagian karena produksi terbatas.

Banyak warga yang sengaja mendaftar dan menitipkan uang terlebih dahulu agar dapat jatah beras itu setelah panen berikutnya. Mereka tertarik selain karena kualitas bagus, beras tersebut diyakini bermanfaat bagi penderita diabetes, diare, ginjal, dan jantung.
Peminat banyak sehingga berapa pun yang diproduksi dalam hitungan jam saja habis terjual,” kata Teguh Wiyono, pengelola.

Teguh menunjukkan data hasil penelitaian Institut Pertanian Bogor (IPB) dan hasil penelitian lembaga asal Jepang. Kandungan beras organik CV Algopur dengan merk Citaku ((Citarasa Tanavitku) 99,6 persen organik, sedangkan sisanya 0,4 persen mengandung manfaat dari doa.

Beras organik kita ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes yang dijual juga di Apotik.Bahkan beras ini telah mendapatkan sertifikat Traditional Medicane Award pada tahun 2002 silam,” paparnya.

Pemkab OKU Timur juga kerap mempromosikan beras ini di pameran. Untuk menjamu pejabat yang kunjungan kerja ke OKU Timur, neasi disajikan dari beras organik juga. Sejumlah pejabat yang tertarik, memesan beras itu untuk dibawa pulang.
Kerjasama

Usaha budidaya tanaman padi organik di Belitang ini telah digarap secara serius sejak tahun 2002 itu sudah melibatkan lebih dari 10 kelompok tani yang tersebar di wilayah Belitang. Petani diberikan benih dan pupuk secara cuma-cuma, dengan perjanjian hasil panen dijual ke Algofur.
Gabah dari petani binaan itu selanjutnya dijemur di atas lantai keramik. Ini agar beras yang

dihasilkan memiliki mutu tinggi. Selain dijual ke pasar modern juga dipasok ke sejumlah rumah sakit. Selebihnya, beras dengan patahan 40 persen untuk warga sekitar atau dengan istilah beras organik rakyat (BOR).

Syarat bagi petani yang hendak menanam beras organik harus menggunakan pupuk kita, perawatan tanaman sesuai dengan petunjuk yang kita ajarkan,sedangkan hasil panen harus dijual ke penggilingan milik kita,” kata Teguh.

Perlakukan penanaman padi organik yang dikelola CV Algopur ini diberi merk Pupuk Tanvit (vitamin untuk tanah dan tanaman). Menurut Teguh, perlakuan khusus dilakukan dengan menggunakan pupuk organik cair 100 persen murni alias tanpa ada sedikit pun senyawa kimia.

Pupuk organik itu diproduksi sendiri menggunakan bahan baku dari tumbuhan berupa sayuran dan buah-buahan dengan kualitas super. Bahan ini dirajang, selanjutnya dilakukan proses biosintesa (secara alami oleh bahan itu sendiri) dalam kurun waktu delapan bulan sampai menghasilkan pupuk organik cair.

Uniknya, pupuk hasil permentasi itu pun bisa langsung diminum manusia karena dapat menjadi obat dengan vitamin dan protein yang tinggi.
Tinggal dicampur air putih bisa jadi obat batuk. Pupuk ini tidak akan pernah mengenal kedaluarsa semakin lama kita simpan akan lenih ampuh khasiatnya,” kata Teguh.

Pupuk organik ini efektif menekan biaya produksi, khususnya pengadaan pupuk. Perbandingannya jika menggunakan pupuk anorganik biaya dikeluarkan mencapai Rp 6 juta per ha, sedangkan dengan pupuk cair organik hanya dibutuhkan dana Rp 1,5 juta per ha.

Menurut Teguh, selain untuk padi, pupuk ini juga digunakan untuk tanaman lainnya seperti sayur mayur, buah-buahan. Dedak dari penggilingan digunakan juga sebagai pakan organik untuk ikan.
Hasil pemeriksaan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BP POM) Palembang

PO.03.02.835.1321 terhadap beras yang diproduksi dengan merk dagang Keep Me Fit tersebut, menyebutkan lokasi perusahaan yang terletak di daerah pertanian dengan luas 1.500 M persegi itu memiliki luas areal panen mencapai 40 ha.

Higiene sanitasi perusahaan rata-rata menggunaka peralatan produksi yang baru dengan pengawasan mutu dimulai dari penanaman padi hingga proses produksi akhir. Ini meliputi pemberian pupuk ke petani, pengawasan pada saat penanaman, pembenihan, panamanan, penyemprotan, hingga saat panen.

Pengawasan In Proses Control (IPC) saat produksi berupa pengawasan organoleptis (bau, rasa, dan warna beras) dengan pengujian kadar air menggunakan Digital Moistore Maker (Crown Model TA-5).
Sementara pengawasan terhadap kandungan zat gizi dan residu pertisida dilakukan di laboratorium pihak ketiga LIPI Bogor secara priodik atau setiap panen,” kata Teguh..sripo




Read Post | komentar

Tingkatkan Gizi

PENGGUNAAN pupuk organik sedang naik daun. Semua yang memproduksi pupuk organik mengklaim bisa meningkatkan produksi, tapi belum ada jaminan mutunya.
Berdasarkan peraturan Menteri Pertanian, pupuk organik itu mesti diuji kualitas dan resapan tanaman oleh perguruan tinggi.

Pupuk organik banyak manfaatnya. Lebih bagus karena banyak mengandung macam makanan yang dibutuhkan tanaman. Seperti unsur Ca, Mg, S, Fe, Mn, dan Ze.
Beda dengan pupuk anorganik yang hanya mengandung satu unsur. seperti Urea hanya punya N, TSP punya P, dan KCL hanya mengandung unsur K. Hanya saja, ketiga unsur ini sedikit di pupuk organik.

Kalau sudah pakai pupuk organik, tidak wajib pakai anorganik. Tapi biasanya masih diberi setengah atau seperempat. Kalau murni organik tidak pakai pestisida. Penggunaan pupuk organik ini produksi lebih rendah, tapi kualitas lebih bagus.
Kadungan gizi di beras juga lebih baik. Misal menggunakan pupuk organik kompos jerami yang banyak mengandung kalium, maka berasnya mengandung kalium lebih juga. Pupuk organik

belum ditemukan efek samping berbahaya, bisa digunakan di daerah masa saja.
Hanya, sayang sekali kalau bahan pupuk itu menggunakan buah atau sayur yang dapat dikonsumsi. Kalau sisanya tidak apa. Misal tandan sawit, atau yang banyak dihasilkan petani yaitu jerami dibuat jadi kompos. sripo



Read Post | komentar

tak Mau Difoto

SOSOK Hopni Malela, kelahiran Medan tahun 1953 yang merupakan direktur CV Algopur tidak banyak tahu. Terlebih keseharian suami dari Marhaeni Sofian ini adalah seorang yang religius yang sangat peduli dengan lingkungan.
Mengawali karirnya dengan mengenal berbagai jenis obat-obatan ketika sempat duduk di bangku kuliah Fakultas Kedokteran, tapi karena merasa tidak cocok, ayah tiga anak ini memilih drop out (DO).

Hopni pindah haluan jadi guru dengan mengantongi gelar Sarjana Pendidikan Biologi di salah satu Univeritas tenama di Indonesia. Dia juga sempat bekerja di sejumlah pabrik di Jakarta dan di bursa efek.
Pernah juga membuka bimbingan les, dan pada tahun 1998 memutuskan fokus pada bisnis beras. Ia mudik ke kampung halaman istrinya di Desa Sukosari BK 9 Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur.

Di desa inilah Hopni mulai membuat pupuk cair organik dari tumbuhan dan sayuran yang dipadukan dengan ilmu agama yang sempat dipelajarinya di Pondok Pesantren Gontor. Keunikan orang satu ini dia sama sekali tidak ingin difoto oleh media dengan alasan yang tidak dijelaskan.
Hopni mengaku sempat beberapa kali ditawari orang Jerman dan Jepang agar menyumbangkan

keahliannya dalam meramu pupuk organik itu di luar negeri. tentunya dengan bayaran tinggi. Namun, karena sudah bulat dengan niat dan tekatnya semua yang dilakukannya demi kemaslahatan umat dan untuk kebaikan masyarakat pribumi dirinya menolak mentah-mentah tawaran tersebut.

Saya tidak ingin nantinya dikatakan sebagai seorang penghianat bangsa,” katanya.
Dia menyebutkan hasil uji dari berbagai lembaga yang berkopeten pupuk cair yang telah berhasil dibuatnya mengandung 99,6% orgnik.
Saya sempat juga ditannya apa yang 0,4 persennya lagi. Lantas saya jawab itu adalah kekuatan doa-doa kepada sang pencipta,” imbuhnya.

Dirinya kini merasa apa yang telah diperbuatnya belumlah seberapa karena itu untuk melanjutkan niatnya ini dia menularkan ilmunya itu kepada kedua menantunya, yakni Teguh Wiyono dan Edi Isnan yang jabatannya dalam stuktur perusahaan sebagai Wakil Direktur dan pengelola. Keduanya juga merupakan alumni Ponpes Gontor.

Sementara itu Teguh Wiyono selaku pengelola dari usaha ini menegaskan, pihaknya sangat prihatin dengan sejumlah produk makanan dan minumann yang ada di pasaran sekarang ini sebab sudah banyak yang terkontaminasi bahan kimia berbahaya.
“Karena saya mengajak ke depan agar warga mau kembali ke yang serba alami dengan membiasakan makan makanan yang organik,” katanya. sripo




Read Post | komentar

Pilkada OKUT Terancam Diundur

Jadwal pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten OKU Timur periode 2010-2015 terancam ditunda satu bulan jika pasangan calon hanya terdapat satu pasang, yakni calon incumben, H Herman Deru SH MM bersama HM Cholid Mawardi S.Sos. Padahal, pilkada ini direncakan serentak di lima kabupaten di Sumsel, 5 Juni 2010.

Penundaan selama satu bulan itu sesuai anjuran dalam rangka meningkatkan kualitas, agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan sebagaimana mestinya,” kata Ketua Devisi Hukum KPU Provinsi Sumsel yang juga Koordinator Wilayah (Korwil) OKU, OKU Timur dan OKU Selatan, Candra Puspa Mirza, Selasa (26/1) disela-sela menghadiri pelantikan 864 Petugas Pemungutan Suara (PPS) se Kabupaten OKU yang dipusatkan di Gedung Work Shop Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Buaymadang.

Menurut Candra, dari hasil evaluasi yang telah dilakukan pihaknya terhadap pelaksanaan pemilu legeslatif, pemilu presiden dan pemilukada gubernur beberapa waktu lalu, Kabupaten OKU Timur merupakan satu-satunya kabupaten yang paling sukses dibandingkan 14 kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

Kita mengharapkan pelaksanaan Pemilukada di OKU Timur ini nantinya dapat berjalan dengan penuh etika dan itegritas, semua komponen yang terlibat harus menguasi teknis penyelenggaraan Pemilukada,” kata Candra seraya menyebutkan, untuk dana Pemilukada di lima kabupaten OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Ogan Ilir (OI) dan Musirawas (Mura) tidak ada masalah, karena di APBD setiap daerah sudah dianggarkan.

Sementara itu 864 anggota PPS se Kabupaten OKU Timur dilantik oleh Ketua KPU Kabupaten OKUT, Leo Budi Rachmadi, SE. Anggota PPS ini diminta segera membentuk Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), di mana anggota PPS inilah yang nantinya akan menjadi ujung tombak dalam pemutakhiran data pemilih di masing-masing desa dengan sistem door to door.
Kampanye Hitam

Pasangan H Herman Deru- HM Cholid Mawardi (HDC) mulai diterpa isu yang tidak sedap yang diduga sengaja disebarkan lawan politiknya. Herman Deru ketika menghadiri pelantikan anggota PPS di Desa Kurungan Nyawa Kecamatan Buaymadang, Selasa (26/1) menyayangkan sikap rival politiknya yang tidak mau secara satria langsung maju dalam ajang Pilkada Kabupaten OKUT, 5 Juni 2010 depan. “Sikap penyebaran fitnah untuk merusak popularitas dan nama baik seseorang itu merupakan sikap yang tidak ksatria,” ungkapnya. sripo




Read Post | komentar

Guru Jangan Main Politik

SRIPO - Bupati OKU Timur, H Herman Deru, SH, MM yang dipastikan akan kembali maju pada Pilkada OKUT 2010 ini berpasangan dengan HM Cholid Mawardi (pasangan incumben) mengingatkan, seluruh warga OKU Timur agar dapat menjaga daerah ini tetap kondusif, sebab

menjelang Pilkada yang yang akan dilaksanakan 5 Juni 2010, bukan tidak mungkin dijadikan pihak luar untuk menebar isu atau fitnah.

Saya tetap mengharapkan agar kondisi OKUT yang kondusif ini dapat terpelihara, sehingga tahapan Pilkada yang telah disusun KPU dapat berjalan sesuai dengan rencana,” pesan Herman Deru dihadapan ribuan guru dan dan wali murid ketika lounching SMP Negeri 1 Belitang Madang Raya sebagai RSBI, Senin (25/1).

Dikesempatan ini Herman Deru mengingatkan semua guru di OKU Timur dapat mencerna semua informasi yang masuk, serta diminta tetap netral dan tidak terlibat politik praktis. “Keberadaan guru di OKU Timur jumlahnya sekitar 6.000-an orang ini bukan tidak mungkian dimanfaatkan oknum tertentu untuk membuat kegaduhan,” pesan Deru.


Read Post | komentar

Wakil Ketua DPRD OKUT Terancam PAW

Saturday, 23 January 2010

(SI) – Setelah dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPC Partai Demokrat OKU Timur, Gumari kini terancam di PAW (pergantian antara waktu) dari jabatannya sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten OKU Timur.

“Sekarang yang bersangkutan sedang menjalani proses hukum. Kita serahkan saja dengan aparat hukum (polisi dan jaksa) yang memproses kasus ini. Kalau terbukti bersalah berdasarkan putusan pengadilan, maka yang bersangkutan bisa jadi kita PAW. Tapi sejauh ini belum ada keputusan itu,”kata Ketua DPD Partai Demokrat Sumsel A Djauhari, Jumat (22/1).

Menurut Djauhari yang juga Wakil Ketua DPRD Sumsel, berdasarkan rapat pleno DPD Partai Demokrat Sumsel kemarin malam Gumari resmi diberhentikan dari jabatan Ketua DPC Partai Demokrat OKU Timur. Pencopotan tersebut didasarkan banyaknya pengaduan dari jajaran Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) se-OKU Timur terkait persoalan yang ada di dalam internal partai.

“Untuk sementara jabatan Ketua DPC Partai Demokrat OKU Timur diserahkan kepada Zainuddin sebagai caretaker atau pelaksana tugas (Plt) hingga terpilih ketua DPC yang definitif. Secepatnya kita akan lakukan Muscablun untuk menunjuk ketua DPC yang definitif,” jelas Djauhari. Menurut Djauhari, selain terjerat kasus hukum, Gumari melakukan sejumlah kesalahan yang cukup fatal.

Berdasarkan pengaduan 15 DPAC Partai Demokrat se-OKU Timur Gumari dinilai tidak transparan dalam mengelola anggaran partai dan terlalu otoriter dalam memimpin. “Sebenarnya kami sudah memperingatkan yang bersangkutan, tapi akhirnya mereka (PAC) melakukan mosi tidak percaya terhadap Gumari dan kami sudah ambil tindakan tegas,”katanya. Djauhari mengatakan, Gumari juga dinilai telah melangkahi kewenangan partai yakni mencalonkan diri sebagai calon bupati.

Meski langkah tersebut tidak mendapat persetujuan Partai Demokrat. “Dari hasil survei, figur Gumari dinilai kurang mendapat sambutan masyarakat dan jauh dari calon lain. Kami sudah sampaikan dan menasihatinya untuk tidak mencalonkan diri.Tetapi ia nekat mencalonkan diri,” ujar Djauhari. Terkait masalah dugaan tindak pidana, Djauhari menyatakan tidak mencampuri. Dugaan tersebut diserahkan kepada pihak aparat kepolisian bila memang ada unsur pidana.

Sementara Pengurus DPD Partai Demokrat Korwil OKU Timur Zainuddin mengatakan, setelah ditunjuk sebagai Plt Ketua DPC OKU Timur akan bekerja sesuai instruksi DPD Partai Demokrat Sumsel. “Saya masih menjabat Plt, dan belum ada Ketua DPC yang resmi. Soal pilkada sejauh ini belum ada keputusan DPP. Intinya semua keputusan partai akan dimusyawarahkan bersama-sama supaya tidak menimbulkan masalah,”katanya.


Read Post | komentar

Gumari Kembalikan Uang SPJ

Friday, 22 January 2010

Wakil Ketua DPRD OKUT, Gumari mendatangi sekretariat DPRD OKU Timur dengan tujuan hendak mengembalikan uang SPJ fiktif senilai Rp 4.590.000 kepada Sekretaris Dewan (Sekwan), Drs Mahfuz Abbas Husin, sekitar pukul 11.00, Kamis (21/1).

Dalam pertemuan itu Gum terkesan memaksakan kehendak agar Sekwan mau menerima uang SPJ studi banding ke Tegal awal bulan November 2009 yang dinilai fiktif tersebut. “Jelas saya akan menolak saat Pak Gum menyerahkan uang tersebut. Sebab, kasus ini sudah masuk tahap penyidikan.

Terlebih masalah keuangan sudah dipertanggung jawabkan dan telah diaudit Inspektorat,” ungkap Sekwan, Mahfus Abbas.

Ia mengungkapkan dalam tertemuan di ruangannya itu Gumari ngotot agar uang senilai Rp Rp 4.590.000 itu diterima sekwan dengan menyodorkan pecahan uang tunai lengkap dengan kwitansi kosong, materai dan surat pernyataan yang ditulis tangan oleh Gumari.

Karena saya menolak akhirnya yang bersangkutan keluar dengan meninggalkan uang itu di dalam map warna biru di atas meja,” katanya.

Sementara Gumari saat hendak diwawancarai wartawan berusaha menghindar dengan berlari kecil meninggalkan gedung DPRD OKU Timur. Ia mengendarai mobil dinasnya jenis X-trail warna hitam BG 8 Y. “Nanti saja, nanti saya kembali ke sini,” ujarnya singkat dari balik kaca mobil.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Abdul Gofur didampingi Kepala Unit (Kanit) I Satuan Tindak Pindana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Polda Sumsel Kompol Frido Situmorang via telepon mengungkapkan meskipun uang bersangkutan dikembalikan uang, namun proses hukum yang bersangkutan tetap akan berjalan karena sudah masuk pada tahap penyidikan polisi. sripo




Read Post | komentar

Deru Ketua Wanhat DPP GM Sriwijaya

Thursday, 21 January 2010


JAKARTA (SI) —Bupati OKU Timur (OKUT) H Herman Deru dikukuhkan menjadi Ketua Dewan Penasihat (Wanhat) Dewan Pimpinan Pusat Generasi Muda Sriwijaya (DPP GM Sriwijaya) periode 2009 – 2014.

Kepengurusan GM Sriwijaya dikukuhkan di Auditorium Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) di Jakarta tadi malam. Ketua Umum dijabat Ilyas Indra SH MH dan Wakil Ketua Umum Hj Percha Leanpuri serta Ketua Dewan Pembina Sadek S Hasby. Acara pengukuhan dihadiri Menpora diwakili Asisten Deputi Menpora Bambang Trijoko,Ketua Umum DPP KNPI Aziz Syamsuddin, pimpinan DPP OKP se-Indonesia dan para tokoh-tokoh masyarakat Sumsel di Jakarta dan berbagai daerah lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten Deputy Menegpora meminta GM Sriwijaya sebagai salah satu elemen pemuda Indonesia dapat bergandengan tangan dengan seluruh komponen pemuda Indonesia untuk mengisi pembangunan NKRI dalam upaya mewujudkan cita-cita nasional mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan sejahtera. “GM Sriwijaya harus tampil di garda terdepan dalam membangun dan menciptakan pemuda Indonesia yang berani dalam mempertahankan NKRI,”tegasnya.

Ketua Umum DPP KNPI Aziz Syamsuddin mengatakan, keberadaan GM Sriwijaya bukan hanya wadah berhimpun pemuda-pemuda asal Sumsel, Bengkulu, Jambi, Lampung dan Bangka Belitung sebagai pusat kerajaan Sriwijaya,tetapi lebih dari itu wadah berhimpun seluruh elemen pemuda se- Indonesia yang memiliki semangat nasionalisme yang tinggi dalam menegakkan NKRI.“GM Sriwijaya adalah wadah elemen pemuda yang ingin mengembalikan kejayaan nusantara selayaknya kejayaan Sriwijaya ratusan tahun lalu,” tandas Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini.

Sementara Ketua DPP GM Sriwijaya Indra Ilyas mengajak seluruh jajaran GM Sriwijaya yang tersebar di seluruh nusantara untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Ilyas mengajak seluruh komponen pemuda Indonesia untuk selalu belajar, berpikir, bekerja, dan berdoa sebagai calon-calon pemimpin ke depan. “Selaku pemuda, GM Sriwijaya harus tampil di garda terdepan untuk kembali membangkitkan semangat juang dan kejayaan Sriwijaya, kejayaan nusantara dan kejayaan Indonesia,“ tandas Pembantu Rektor Universitas Azzahra ini.

Sementara dalam sambutannya Ketua Dewan Penasihat DPP GM Sriwijaya Herman Deru menambahkan, bahwa elemen pemuda tersebut tidak hanya selalu belajar, beripikir , bekerja dan berdoa, tetapi juga harus ditambah berani. Menurut Bupati OKU Timur ini,keberanian mutlak dimiliki seorang pemuda agar bisa tampil sebagai pemenang dalam kompetisi yang makin sengit sekarang ini. “Tidak ada gunanya pintar dan memiliki banyak potensi bila tidak ada keberanian.

Karena salah satu kuni keberhasilan adalah berani mencoba, berani maju dan berani mengambil resiko.Saya pikir kalau pemuda tidak punya keberanian belum bisa dikatagorikan pemuda yang tangguh,” tandas bupati peraih Bintang Jasa Pratama ini.


Read Post | komentar

Petani OKUT Kejar Musim Tanam

Wednesday, 20 January 2010


SP - Ribuan hektare sawah irigasi teknis dan sawah tandah hujan di dalam wilayah Kabupaten OKU Timur pada musim tanan rendengan atau musim tanam yang berlangsung antara Oktober (2009) dan Maret (2010) ini hampir rampung seluruhnya tertanami benih.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Rabu (20/1) terlihat hamparan tanaman padi menghijau dengan usia tanam rata-rata dua minggu hingga satu bulan. Di sisi lain masih terlihat ada petani tengah sibuk membajak sawah dengan menggunakan hand traktor dan sebagian lagi membajak dengan memanfaatkan tenaga ternak seperti sapi dan kerbau.

“Jika dibanding musim tanam tahun sebelumnya, musim tanam kali ini agak terlambat karena imbas dari musim kemarau beberapa waktu lalu,” ungkap Yatno (46) petani di Kecamatan Buay Pemuka Peliung.

Hal yang senada juga diungkapkan, Yatimin petani sawah tadah hujan di kawasan trukis Martapura yang mengaku sengaja memundurkan waktu tanam pada musim rendengan kali ini dengan alasan tidak mengalami kerugian seperti tahun sebelumnya. Waktu itu benih yang ditanam sempat kekeringan karena hujan tidak kunjung turun.

“Karena hujan turunnya sudah merata dan seluruh petak sawah telah terisi air baru berani saya membajak dan menyemai benih,” tambahnya.

Sementara itu Samin pentani sawah irigasi teknis di Kecamatan Buay Madang Timur menyebutkan, luas areal sawah yang digarapknya mencapai tiga hektare dan seluruhnya baru saja selesai ditanami benih. Mundurnya waktu tanam kali ini menurutnya disebabkan dampak dari pengeringan rehabilitasi saluran induk irigasi Belitang sehingga untuk memenuhi kebutuhan air bagi tanaman padinya sebagian juga dengan memanfaatkan air hujan yang turun.

“Kami para petani sangat berharap agar hasil produksi pada musim tanam kali ini jauh lebih baik, apalagi harga gabah dan beras sekarang ini cukup tinggi. Dengan kondisi itu jelas kami para petani akan diuntungkan. Sayangnya waktu panen masih sekitar tiga bulan lagi,” harapnya.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten OKUT, Ir H Tubagus Sunarseno, MSi melalui Kabid Tanaman Pangan, Sriyono,SP ketika dikonfirmasi menyebutkan pada musim tanam rendengan (Oktober-Maret) kali ini pihaknya menargetkan 67.449 hektare sasaran tanam padi sawah. Dari jumlah tersebut hingga minggu ketika bulan Januari 2010 baru terealisasi 48.776 ha.

“Selisihnya sekitar 18.673 hektar diharapkan akan rampung tertanami seluruhnya pada akhir bulan Januari ini juga,” jelasnya.

Sedangkan untuk sasaran tanam padi ladang pada musim tanam rendengan kali ini ditargetkan akan tertanami 2.840 ha ternyata terealisasi tanam melebihi target yakni sudah mencapai 3.055 ha.

“Dari luas 48.776 ha padi sawah yang telah terealiasi tanam itu diperdiksi waktu panennya tidak serentak. Puncaknya panen diperkirakan pada akhir Maret 2010 mendatang,” demikian Sriyono.


Read Post | komentar

Kewenangan Dishub Dipersempit

SP - Wewenang anggota Dinas Pehubungan (Dishub) OKU Timur dalam waktu dekat akan segera dipangkas salah satunya tidak diperkenankan lagi turun ke jalanan untuk melakukan tugas pengaturan,pengawasan, pengamanan dan patroli (turjawali). Ketetapan ini menyusul akan diberlakukannya Undang-Undang (UU) No 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

“Jika selama ini anggota Dishub dapat merlakukan pengawalan atau mengatur lalu lintas, maka kedepan tugas tersebut sepenuhnya dilakukan aparat dari kepolisian,” ungkap Kadishub OKU Timur, Ir H Syafri Pringga Yudha, MM, Rabu (20/1) di Martapura.

Sesuai dengan diberlakukannya UU No 22 Tahun 2009 pasal 200 ayat (3) tersebut menurut Syafri, tugas dan kewenangan anggota Dishub hanya diperbolehkan melakukan pengujian kendaraan bermotor, penjagaan di terminal, perparkiran, jembatan timbang dan pengawasan rambu lalu lintas.

“Meskipun demikian Dishub masih bisa berada di jalan hanya untuk melakukan razia dan melakukan uji kendaraan bermotor, dengan catatan yang melakukan penindakan itu harus pegawai LLAJ dengan kualifikasi PPNS dan penyidik itupun harus didampingi aparat dari Kepolisian atau Jasa raharja,” imbuhnya.

Syafri menambahkan, dishub OKU Timur akan lebih fokus pada tugas pokok yakni menangani masalah angkutan umum sehingga tercipta rasa aman dan nyaman bagi penumpang. Di samping itu pihaknya juga akan lebih serius dalam menanggulangi pencemaran akibat kendaraan bermotor serta berupaya meningkatkan pendapatan retribusi daerah melalui jasa terminal, parkir dan keur kendaraan bermotor.


Read Post | komentar

Waka DPRD OKUT Diperiksa Terkait SPJ

MARTAPURA (SI) – Wakil Ketua DPRD Ogan Komering Ulu (OKU) Timur Gumari,kemarin diperiksa Unit II Satuan Tindak Pidana Korupsi (Sat Tipidkor) Diretorat Reserse Kriminal (Dit Reskrim) Polda Sumsel dibawah pimpinan Kompol Frido Situmorang, terhadap kasus dugaan SPJ fiktif.

Berdasarkan hasil penyidikan yang dilakukan anggota dan bukti administrasi, tersangka diduga mengambil uang namun tidak berangkat Kunjungan kerja (Kunker) ke Tegal Jawa Tengah (Jateng) dari 2-6 November 2009. Kompol Frido Situmorang mengatakan kedatangan penyidik ke DPRD OKU Timur untuk mencari bukti akurat terkait dengan dugaan SPJ fiktif yang sudah lama dilaporkan dan masuk ke Polda. ”Langkah awal ini kita masih memeriksa administrasi kedepan kita akan meminta keterangan ketua, wakil ketua DPRD dan sekwan terkait kunjungan ke Tegal itu,”katanya.


Berdasarkan hasil penyidikan tim penyidik didapat sejumlah kejanggalan dan bukti yang bersangkutan diduga benar telah mengambil uang yang dibuktikan dengan adanya tanda terima pengambilan uang. Dia juga mengatakan dari jumlah 45 orang anggota dan pimpinan dewan yang berangkat hanya 41 orang. ”Sedangkan empat lainnya tidak berangkat termasuk Gumari.Namun tiga orang yang tidak berangkat itu tidak mengambil uang sedangkan Gumari diduga tidak berangkat tetapi mengambil uang,”jelasnya lagi.

Sementera itu, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD OKU Timur Mahfuz Abbas Husin melalui Kepala Bagian (Kabag) Umum dan Protokol M Zaini membenarkan kedatangan tim penyidik Tipikor yang melakukan pemeriksaan terkait seputar perjalanan dinas fiktif. Administrasi seluruh anggota diperiksa oleh penyidik. Berdasarkan hasil pantauan di kantor DPRD Sumsel,polisi melakukan pemeriksaan secara tertutup di salah satu ruangan yang ada di ruangan Sekretariat dewan terhadap PLT Kabag Keuangan Erlan Yusmar dan Kabag Protokol M Zaini.

”Pemeriksaan dimulai dari pukul 13.00 WIB hingga sore hari.Sedangkan Gumari saat polisi melakukan pemeriksaan tidak berada di kantor,”jelasnya.


Read Post | komentar

Ketua LSM Indonesia Madani VS Ketua F-Demokrat Rosidan

Tuesday, 19 January 2010

Sumatera Ekpress-Ketua LSM Indonesia Madani (Indoman) Ir Amrizal Aroni, bersitegang dan nyaris adu jotos, dengan Ketua Fraksi Demokrat DPRD OKUT, Rosidan, di Kantor Sekretariat DPRD OKUT, kemarin. Merasa jiwanya terancam, Amrizal kemudian melaporkan Rosidan ke Polres OKUT. Diduga selisih paham itu buntut dari pengaduan Amrizal ke Polda Sumsel, yang melaporkan salah satu wakil ketua DPRD OKUT berinisial Gum, yang tak lain ketua DPC Demokrat OKUT, dalam kasus dugaan perjalanan fiktif.
Sementara menindaklanjuti laporan Amrizal yang merasa diancam, jajaran Polres OKUT langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres OKUT AKP FX Irwan Arianto SIk MH dan Kanit Resmob Ipda Fauzi Saleh SH. Sayangnya, Rosidan sudah tidak berada di kantornya. ”Saya mendapat laporan, ada LSM yang mendapat tekanan, atas laporannya terkait perjalanan fiktif Wakil Ketua DPRD OKUT Gum ke Polda Sumsel,” aku Irwan.
Irwan meminta kepada semua pihak yang melihat kronologis kejadian pengancaman seperti yang dilaporkan Amrizal, diharapkan dapat memberikan keterangan yang benar. “Saya tadi nanya sama salah satu anggota dewan, tapi terkesan tidak tahu. Kalau kejadian tersebut tidak ada sisi kriminalnya, kenapa Ketua LSM Indoman Amrizal lapor ke polres. Ya, kita akan tindak lanjuti kasus ini, kalau memang ada unsur pengancamannya,” tukas Irwan.
Salah satu anggota DPRD OKUT, Ropingi, membenarkan sempat terjadi ketegangan antara Rosidan dengan Amrizal. Namun, tidak sampai menjurus pada ketegangan fisik. “Kami saat melihat itu langsung melerainya. Intinya, kemungkinan itu hanya salah paham saja. Tapi yang jelas, kejadian itu berawal dari keinginan Amrizal hendak memberikan surat tembusan kepada
DPC Partai Demokrat, terkait laporannya yang menyangkut Gum,” ungkapnya.
Pada saat itu, Rosidan meminta agar Amrizal menyerahkan langsung laporan tersebut ke DPC Partai Demokrat OKUT, mulai terjadilah ketegangan tersebut. Terpisah, Rosidan yang merupakan ketua Fraksi Demokrat DPRD OKUT, ketika dikonfirmasi membantah dirinya melakukan tindakan pengancaman terhadap Ketua LSM Indoman, Amrizal Aroni. “Gak ada itu. Ya, gak etislah kalo saya yang mengantarkan surat itu ke DPC,” katanya.
Di bagian lain, Amrizal mengatakan dirinya telah melaporkan nada pengancaman yang disampaikan kepadanya. ”Dio (Rosidan) bilang kalo kau (Amrizal) jantan ayo keluar. Aku tahu rumah kau, aku dak takut datangi rumah kamu. Dio jugo sempet narik aku,” kata Amrizal. Sementara pengaduannya ke Polres OKUT, tercantum dalam laporan polisi bernomor LP-B/10/I/2010/SPK.

Terpisah, di Kota Palembang, sebanyak 15 ketua dan perwakilan dari Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat dari DPC Demokrat OKUT, kemarin datang ke kantor DPD Partai Demokrat Sumsel. Mereka menyampaikan mosi tidak percaya mereka terhadap kepemimpinan Gum, ketua DPC OKUT. Mereka diterima langsung Ketua DPD Demokrat Sumsel, A Djauhari.
”Kita menilai kinerja Gum kurang puas, padahal laporan tersebut sudah kita minta berkali-kali,” ujar Nurhadi, ketua DPAC Buay Madang Timur. Laporan yang dimaksudkannya adalah laporan pertanggungjawaban keuangan sejak 5 tahun Gum memimpin. Sementara Ketua DPAC Martapura, Anwar, mengatakan dana dari DPP tidak tahu larinya ke mana. “Tolong diaudit soal pengucuran dana tersebut,” pinta Anwar.
Anwar yang merupakan sesepuh Demokrat di Martapura, sempat mengancam bila Gum tidak diberhentikan secepatnya. Maka dia akan mengundurkan diri dari Partai Demokrat. “Demi Allah, saya memilih mundur bila Gum masih menjadi ketua DPC OKUT,” tegasnya. Selain mereka berdua yang hadir, juga ada dari DPAC Cempaka, Semendawai, Jayapura, Belitang II, Madang Suku I, Madang Suku II, Madang Suku III dan BP Peliung.
Dalam pertemuan itu, juga disinggung Gum yang tersangkut masalah SPJ fiktif sebesar Rp5.950.000. Menanggapi hal itu, A Djauhari selaku ketua DPD Partai Demokrat, mengatakan kasus yang melibatkan Gum harus ditangani dan diselesaikan dengan cepat. Sanksi yang akan diberikan bisa saja pemberhentian bila terbukti salah. ”Yang jelas harus ada investigasi terlebih dahulu, korda (koordinator daerah) yang akan melakukan investigasi, kemudian dilaporkan dan langsung dirapatkan. Keputusan melihat dari persoalan,” ujar Djauhari. Keputusan sendiri akan diberikan setelah dirinya kembali dari Riau dalam tugas dinasnya sebagai wakil ketua DPRD Sumsel.
Seperti diwartakan sebelumnya, Ketua LSM Insan Madani (Indoman), Ir Amrizal Aroni, melaporkan dugaan korupsi yang dilakukan salah seorang wakil ketua DPRD OKUT, berinisial Gum ke Polda Sumsel. Gum tidak ikut studi banding ke Kabupaten Tegal, Provinsi Jawa Tengah, pada 2 hingga 6 November 2009 lalu, bersama anggota DPRD OKUT lainnya. Namun, dia mengambil uang perjalanan dinas itu selama lima hari, sebesar Rp4.590.000. Dan itu pun diakui Sekretaris Dewan (Sekwan) OKUT Drs Mahfuz Abbas Husain.


Read Post | komentar

HDC Resmikan Pondok Simpatisan

MARTAPURA (SI) – Pasangan Herman Deru-Cholid Mawardi (HDC) kemarin siang meresmikan pondok simpatisan Sekretariat HDC serta mengukuhkan Koordinator HDC se-OKU Timur di Desa Sukarami Kecamatan Belitang I.

Peresmian dan pengukuhan Korcam HDC OKU Timur ini disaksikan oleh pengurus dan ribuan simpatisan HDC.Acara ini juga dihadiri oleh penasehat HDC Cholid Mawardi, dan sejumlah tokoh masyarakat OKU Timur. Menurut Deru yang kini masih menjabat Bupati OKU Timur,keberadaan HDC sangat penting. HDC memang sudah ada sejak 4 Agustus 2004, saat dirinya bersama Cholid Mawardi maju pada PilkadaOKU Timuryangpertama.

Pada periode kedua ini,HDC kembali difungsikan untuk menyukseskan dirinya dan pasangannya agar bisa memenangkan kembali pilkada yang akan digelar 5 Juni 2010. ”Kami sadar,selama ini belum ada imbalan setimpal yang kami berikan untuk HDC.Namun demikian kami bangga, karena baik pengurus, anggota maupun simpatisan, tetap masih cinta sama kami,”ung-kapnya. Pada kesempatan itu, Deru juga mengingatkan pengurus, anggota dan simpatisan HDC untuk tetap menjaga etika,dan tidak menjelek-jelekkan serta menzholimi orang lain, karena semua orang berhak menyuarakan pendapat dalam demokrasi.

”Saya minta kita semua harus tetap menjaga etika, karena kita harus sadar,saat ini posisi kita memohon dan meyakinkan masyarakat,” terangnya seraya berterima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga dia dan Cholid bisa maju kembali. Sementara itu, Ketua HDC OKU Timur Hasani Abas mengatakan, kemenangan pasangan Herman Deru-Cholid Mawardi pada Pilkada 2004 merupakan kemenangan HDC. Kini, HDC dengan kerja keras dan tekat yang bulat,kembali berhasil menyandingkan pasangan ini untuk maju pada pentas demokrasi periode kedua.

Jika dulu HDC tidak menggunakan OKU Timur,kini HDC ditambah dengan OKU Timur,yang memiliki arti ”Oke Kita Usung Terus”. ”Dengan kekompakan, keberhasilan akan kita capai. Karena itum mari kita menjaga kekompakan ini demi mewujudkan cita-cita kita,”ajak Hasani.


Read Post | komentar

Harga Beras Tidak Terkendali

MARTAPURA - Harga beras di pasaran sudah satu bulan terakhir terus melonjak tajam. Jika sebelumnnya hanya berkisar antara Rp 5.600 hingga 6.000/Kg untuk jenis asalan di tingkat petani, kini harganya sudah melonjak tajam hingga mencapai Rp 7.000/Kg di tingkat pengecer.

Pemantauan Sripo, Senin (18/1) terjadinya kenaikan harga beras ini diduga akibat kian menipisnya stok beras yang ada di tingkat petani dan di tingkat penggilingan. Kalaupun ada harga jualnya sudah mencapai Rp 6.500 hingga Rp 7.000/Kg. Melambungnya harga beras hasil petani di Kabupaten OKU Timur ini juga imbas dari terjadinya krisis akibat dari musim kemarau lalu. Dimana sejumlah sentra tanaman padi di daerah lumbung pangan itu tidak maksimal berproduksi.

Dampaknya banyak penggilingan yang terpaksa tutup tanpa ada aktifitas untuk mengiling gabah. Kalau ada penggilingan yang buka itupun hanya menggiling gabah milik warga sekitar yang berasnya bukan untuk dijual, melainkan untuk dikonsumsi petani sendiri.

Ya mas, sudah sebulan ini penggilingan lebih banyak tutupnya, sebab belum masuk musim panen. Kalau ada warga yang datang minta gabahnya digiling itupun jumlahnya sangat sedikit,” ungkap salah satu pemilih penggilingan padi di wilayah Kecamatan Buay Madang Kabupaten OKU Timur.

Hal yang senada juga diungkapkan Aming salah satu pengusaha beras di BK 9 Kecamatan Belitang yang memproduksi beras merk Burung Rangkong dan merk Ikan Sepat Siam. Menurutnya melonjaknya harga beras dewasa ini dikarenakan patani di OKU Timur belum memasuki masa panen sehingga berdampak pada tidak tersedianya stok yang akan dikemas dan dilempar kepasaran.

Kalau sedang masa panen gudang berkapasitas muat 3.000 ton yang ada di sebelah penuh oleh tumpukan karung beras. Namun sekitar sebulan ini sudah kosong,” terangnya. Sejumlah pedagang beras di wilayah Belitang dan Martapura mengakui terpaksa menjual beras dengan harga Rp

7.000/kg karena pasokan dari pabrik dan agen penyalur harganya sudah naik selain itu pasokan juga mulai berkurang jika dibanding dengan beberapa bulan sebelumnya. “Dari pabrik penggilingan harganya memang sudah mahal mencapai Rp 6.500/kg untuk jenis IR 64, sedangkan untuk beras ciherang lebih mahal lagi, jadi wajar kalau kita menjual pada konsumen lebih dari harga itu malah untuk beras Ciherang dijual mencapai Rp 7.000/kg,” ungkap Fatoni pedang beras di Pasar Martapura.

Hal yang sama juga diungkapkan Basman yang mengaku, awal tahun 2010 ini harga beras sudah beberapa kali melonjak naik jika sebelumnya masih ada beras dengan harga Rp 6.000 maka sekarang tidak akan ditemui lagi dipasaran khususnya di pasar tradisional. “Harga yang ada di pasaran sekarang ini bervariasi mulai dari harga Rp 6.500, Rp 6.800 dan Rp 7.000/kg,” katanya.

Melonjaknya harga beras di pasaran ini jugalah yang membuat panik warga terutama dari kalangan menengah kabawah. Ijah misalnya warga yang kesehariannya berprofesi sebagai tukang cuci baju tetangga ini mengaku terpaksa mengurangi takaran ketika memasak.

“Beras sekarang mahal terpaksa kalau selama ini makan nasi tiga kali dikurangi menjadi dua kali sehari. Siang hari bisanya kami sekeluarga menyantap makanan selingan seperti singkong atau jagung yang jauh lebih murah dibanding dengan harga beras,” ungkapnya.

Kepala Perum Bulog Subdivre III OKU, Chairil Anwar yang membawahi tiga kabupaten meliputi OKU, OKU Timur dan OKU Selatan mengungkapkan harga beras sekarang ini masih batas wajar.

Jika nanti kenaikannya mencapai 25 persen dari harga normal baru kita akan lakukan langkah operasi pasar (OP). Itupun harus menunggu permintaan dari Disperindag setempat dan izin dari Bulog Provinsi,” ujarnya.

Ia menyebutkan stok beras yang ada di Bulog OKU sekarang ini masih tersimpan 5.800 ton termasuk diantaranya 1.200 ton Raskin dengan asumsi akan mencukupi kebutuhan pangan hingga lima bulan kedepan.



Read Post | komentar

Mengikuti Mekanisme Pasar

KEPALA Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten OKU Timur, Ir H Tubagus Sunarseno, MSi melalui Kabid Tanaman Pangan, Sriyono,SP mengungkapkan terjadinya lonjakan harga beras di pasaran karena mengikuti mekanisme pasar.

“Harga gabah kering panen (GKP) sekarang ini sudah mencapai Rp 2.800/kg sedangkan beras berdasarkan laporan masih ada yang berkisar Rp 5.700 hingga Rp 5.800/kg ditingkat penggilingan,” katanya.

Sriyono menyebutkan sangat wajar jika harga beras melonjak naik, karena hal tersebut justru akan menguntungkan petani di OKU Timur. “Saya sangat setuju dengan harga beras mahal sebab sedikit banyak akan berimbas pada kesejahteraan petani,” terangnya.

Ketika disinggung mengenai luas areal yang sudah tertanami pada musim tanam Oktober (2009)-Maret (2010) Sriyono menegaskan hingga pertengahan bulan Januari 2010 ini telah terealisasi tanam mencapai 48.776 ha. Diprediksi akan mulai panen pada akhir Januari 2010 ini seluas 6.000 ha, bulan Februari 19.000 ha dan sisanya sekitar 23.000 hektar lagi akan dipanen pada bulan Maret mendatang.

Kalau sudah masuk musim panen, harga yang ada sekarang berangsung-angsur akan normal lagi,” imbuhnya. Menyoal adanya jenis hama yang menyerang tanaman padi Kabupaten Banyuasin, Sriyono mengatakan, sejauh ini belum ada temuan jenis hama seperti itu di Kabupaten OKU Timur. “Meskipun demikian kita akan langsung bergerak cepat jangan sampai sama seperti itu ada di OKU Timur,” pungkasnya.


Read Post | komentar

Instalasi PDAM Belitang Diremajakan

Saturday, 16 January 2010

MARTAPURA - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Way Komering Kabupaten OKU Timur dalam waktu dekat akan segera meremajakan instalasi jaringan air bersih untuk kawasan Kota Gumawang dan sekitarnya menyusul jaringan yang lama dinilai tidak maksimal lagi di dalam menyuplai air bersih bagi warga sekitar.

Menurut Direktur PDAM Way Komering Ir H Darmasiswady melalui Wakil Direktur (Wadir) Yuzarni AR, Jumat (15/1) di Martapura, untuk merealisasikan rencana peremajaan instalasi air bersih di kota Gumawang itu pihaknya tengah melakukan persiapan salah satunya membangun instalasi mesin dengan kapasitas 30 liter perdetik yang diharapkan dapat dinikmati warga yang bermukim di kawasan BK 9, BK 10 dan BK 11 dalam Kecamatan Belitang.

“Kita harapkan dengan adanya perbaikan instalasi ini jumlah pelanggan yang ada sebelumnya 2.500 kembali dapat ditingkatkan,” ujarnya.

Menurutnya, proyek peremajaan instalasi air bersih di Kota Gumawang ini membutuhkan dana sebesar Rp 9,5 miliar yang dananya bersumber dari APBN sebesar Rp 6 miliar ditambah dengan suntikan dana dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) sebesar Rp 3 ,5 miliar.

“Lokasi yang diambil untuk penempatan pembangunan instalasi air bersih di Belitang ini direncanakan akan menermpati lahan seluas 4. 800 meter persegi yakni komplek Pebibitan dan Benih Dinas Tanaman Pangan Dan Holtikultura (TPH) Sumsel yang ada di Gumawang dengan status pinjam pakai, “ terangnya.

Ketika disinggung bahan baku air yang digunakan sebagai air bersih yang akan diolah dan disalurakan kerumah konsumen, Yuzarni menegaskan, bahan baku airnya berasal dari saluran induk irigasi beliatang.

“Dengan adanya peremajaan instalasi ini kita harapkan tidak ada ;lagi keluhan kalau air yang kita salurkan ke rumah warga itu tidak layak konsumsi,” paparnya.

Ditambahkannya, untuk PDAM Way Komering Martapura sekarang ini sudah memiliki
Read Post | komentar (1)

DP 4 Pilkada OKUT 483.651 Jiwa

MARTAPURA - Dari 679.280 jiwa yang terrdata dalam agret kependudukan per kecamatan (DAK62) Kabupaten OKU Timur. 483.651 jiwa diantaranya yang tercatat dalam daftar potensial penduduk pemilih pemilu (DP-4) termasuk pemilih pemula usia 17 tahun.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatn Sipil Kab.OKUT, H Herfiansyah Djarab,SE.MM, Jumat (15/1) dalam rapat penyerahan DP-4 Pilkada yang dihadiri Asisten I Setda OKUT, Drs Darlizar Efendi, Unsur Muspida, Anggota KPU, dan 20 camat dalam Kabupaten OKUT.

Menurut Ketua KPU,Leo Budirachmadi, DP-4 yang telah diserahkan Dinas Kependudukan dan Capil ini selanjutnya akan dimutahirkan oleh Panitia Pumutahiran Data Pemilih dengan melibatkan PPK, PPS dan KPPS.




Read Post | komentar

Balas Komentar Facebook Lewat Email

Wednesday, 13 January 2010


Facebook baru saja menyediakan fitur baru bagi pengguna, yakni membalas komentar melalui e-mail.

tak perlu log-in ke Facebook untuk membalas komentar. Lakukan saja lewat e-mail.

Seperti dikutip dari situs Mashable, fitur ini disediakan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu orang saat berinteraksi dengan pengguna Facebook lainnya.

Setiap saat Anda mendapatkan notifikasi komentar baru di Facebook melalui e-mail, maka Anda bisa membalas komentar itu langsung melalui email notifikasi tersebut. Tak perlu log-in ke Facebook, cukup tekan tombol reply di layanan e-mail Anda.

Balasan yang ditulis lewat e-mail itu tetap akan muncul secara visual di Facebook. Facebook juga mampu menyaring segala informasi yang tak relevan di e-mail, misalnya informasi signature e-mail.

Sayangnya, Facebook tidak menyediakan fitur serupa untuk notifikasi kiriman pesan baru dari orang lain. Kiriman pesan orang ke inbox Facebook tetap harus dibalas melalui Facebook.

Bagaimanapun juga, dengan fitur balas komentar lewat e-mail ini, Facebook telah mengorbankan jumlah pageview-nya, demi memudahkan pengguna untuk berinteraksi.




Read Post | komentar

VitaminWater Connect, Air Sehat Rasa Facebook

Saturday, 9 January 2010

Kini semakin banyak saja perusahaan yang menyediakan produk-produknya melalui sistem crowdsource. Salah satu yang terakhir adalah VItamin Water, produk minuman sehat besutan Energy Brands yang berbasis di New York Amerika Serikat.

Beberapa saat lalu Vitamin Water memang melombakan pembuatan produk minuman terbarunya melalui jejaring sosial terbesar di dunia, Facebook. Mereka membebaskan para pengguna Facebook untuk mengusulkan racikan terbaik untuk dijadikan produk komersial mereka yang akan dijual ke seluruh dunia.

Akhirnya, seorang Facebooker asal Illinois Amerika Serikat bernama Sarah berhasil menggondol hadiah total senilai US$ 5000 (sekitar Rp 45 juta) karena berhasil menciptakan Vitamin Water bernama 'Connect'.

Nama 'Connect' sendiri merupakan salah satu jargon yang sangat akrab di kalangan Facebooker, karena Facebook memang menyediakan modul antarmuka bernama 'Facebook Connect', yang memungkinkan para pengembang menghubungkan aplikasi mereka ke Facebook.

Sementara Vitamin Water rasa 'Connect' itu diracik dengan delapan jenis kandungan bahan bergizi dipadu dengan caffeine, dan dibalut dengan cita rasa black cherry - lemon.

"Vitamin Water Connect akan mulai tersedia di toko-toko (di AS) mulai Maret tahun ini. Jadi, pantau terus kabar terbarunya, siap-siap mendapat kesempatan untuk mencicipnya, dan tetap terhidrasi!" kata Sarah melalui blog-nya.

Kontes Meracik minuman Vitamin Water di Facebook

Metode crowdsource yang ditempuh Vitamin Water melalui Facebook, adalah mekanisme produksi yang mengikut sertakan ide-ide dan peran serta masyarakat luas, melalui sebuah lomba atau kontes. Biasanya pemenang kontes adalah peserta yang mendapatkan suara terbanyak.

Selain memperbesar rasa memiliki dari para konsumen, cara crowdsource semacam ini, biasanya mampu membantu perusahaan dalam hal memotong biaya penelitian, serta sangat membantu dalam hal promosi produk.





Read Post | komentar

Status "Color" Mendadak Hebohkan Facebook

Friday, 8 January 2010

Jika anda rutin membuka akun Facebook, anda mungkin terkejut dengan status teman-teman anda yang perempuan pada Kamis, 7 Januari 2010. Banyak di antara mereka yang tiba-tiba memasang status color atau warna. Bahkan, status ini merebak begitu cepat oleh pengguna facebook di seluruh dunia.

Tujuannya, meningkatkan kepedulian atas kanker payudara.

Ada yang putih, hitam, coklat, biru, hot pink, chocolate brown dan lainnya. Status ini tampak membingungkan karena tiba-tiba banyak wanita memasang status warna dan menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna facebook kemarin hingga hari ini.

"Saya pasang status skin color," ujar seorang facebooker di Jl Sudirman, Jakarta. Seorang karyawati ini mengaku mendapatkan pesan berantai dari temannya, dan memasang status pada pukul 08.00 WIB. Dia kemudian mengirimkan ke teman perempuan yang lain, pada pukul 10.00 WIB, sudah sekitar 30 orang yang memasang status color. "Malah ada yang pasang status nothing," katanya tertawa.

Belakangan terungkap, rupanya para pemakai Facebook wanita mendapatkan pesan berantai sebagai salah satu bentuk kampanye kepedulian terhadap kanker payudara. Pesan itu disebarkan melalui pesan di inbox, guna mendorong para wanita untuk memasang status warna bra yang mereka gunakan.

"Mari kita mainkan sebuah game, agak bodoh tapi lucu," bunyi pesan itu. "Tuliskan, warna bra anda dalam status. Hanya warna, bukan yang lain. Kemudian kirimkan hanya kepada wanita, bukan lelaki. Bayangkan, hasilnya akan lucu bagaimana ini menyebar dan banyak pria pun akan takjub mengapa para wanita memasang status color."

Hasilnya memang cukup menakjubkan. Menurut seorang facebooker, sepanjang Kamis kemarin, perbincangan hangat terjadi di kalangan pengguna facebooker perempuan. "Saya heran penyebaran begitu cepat. Fenomena Facebook memang luar biasa."

Sejumlah milis dan situs berita seperti New York Daily News menyebutkan pesan itu disebut-sebut berawal dari daerah Ann Arbor, sebuah kawasan di Amerika pada Kamis, 7 Januari 2010.

Pesan itu disebarkan melalui facebook secara berantai ke seluruh dunia. Tak mengherankan jika banyak wanita di berbagai belahan dunia memasang status warna. Tujuannya, untuk meningkatkan kepedulian terhadap kanker payudara.




Read Post | komentar
 
© Copyright OKU Timur News 2011 - 2012 Some rights reserved | Powered by Blogger.com.
Template Design by OKU TIMUR NEWS | Published by Education Templates and 4all